Indonesia Mentok Runner-up Grup B Piala Sudirman, Fajar Alfian Pede Tatap 8 Besar

Kamis, 18 Mei 2023 15:59 WIB
Penulis: Martini | Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© PBSI
Pasangan ganda putra Indonesia, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto di Piala Sudirman 2023. (Foto: PBSI) Copyright: © PBSI
Pasangan ganda putra Indonesia, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto di Piala Sudirman 2023. (Foto: PBSI)

INDOSPORT.COM - Indonesia harus puas menjadi runner up Grup B di Piala Sudirman 2023. Sang kapten, Fajar Alfian mengaku siap meladeni siapa saja di babak 8 besar.

Indonesia gagal menjadi juara grup karena kalah oleh Thailand dengan skor 2-3, pada babak penyisihan yang digelar di Suzhou Olympic Sports Centre, Kamis (18/5/23).

Dejan Ferdinansyah/Gloria Widjaja kalah dari Dechapol Puavaranukroh/Sapsiree Taerattanachai dua game langsung.

Jonatan Christie kalah dari Kunlavut Vitidsarn tiga game, demikian pula dengan Putri Kusuma Wardani yang dibekuk oleh Pornpawee Chochuwong di babak rubber.

Fajar Alfian/Rian Ardianto akhirnya memberi sedikit harapan dengan menang dua set dari ganda putra Thailand, Supak Jomkoh/Kittinupong Kedren.

Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti akhirnya menyelamatkan wajah Indonesia usai menang tiga game atas Jongkolphan Kititharakul/Rawinda Prajongjai dari ganda putri.

Dengan demikian, Indonesia hanya menjadi runner up Grup B, dan akan menghadapi salah satu dari juara grup. Ini akan menjadi tantangan yang berat bagi tim Merah Putih.

Meski kalah dari Thailand, Rian Ardianto menilai tim Indonesia tetap solid. Masih banyak yang memberi dukungan dan meneriakkan yel-yel dari tribun penonton saat mereka tanding.

"Meski Indonesia sudah ketinggalan 0-3, kami terus berjuang. Kami tidak mau menyerah. Kami berusaha mengeluarkan seluruh kemampuan yang dimiliki. Kami tentu tidak mau menelan kekalahan juga."

"Kami berusaha untuk menang untuk memperkecil kekalahan, dan berusaha mengeluarkan seluruh kemampuan terbaik," ucap Rian Ardianto selepas pertandingan.