Anthony Ginting Ungkap Kondisi Lapangan Menentukan Lolos ke Final Singapore Open 2023

Sabtu, 10 Juni 2023 22:48 WIB
Editor: Juni Adi
© PBSI
Tunggal putra Indonesia, Anthony Sinisuka Ginting di Singapore Open 2023. (Foto: PBSI) Copyright: © PBSI
Tunggal putra Indonesia, Anthony Sinisuka Ginting di Singapore Open 2023. (Foto: PBSI)

INDOSPORT.COM - Anthony Ginting membeberkan faktor yang paling menentukan kelolosan dirinya ke final turnamen bulutangkis Singapore Open 2023 yaitu kondisi lapangan.

Tunggal putra Indonesia Anthony Sinisuka Ginting maju ke final Singapore Open 2023. Anthony melewati unggulan ketujuh Kunlavut Vitidsarn (Thailand), yang retire di gim ketiga dalam kedudukan 19-21, 21-11, 6-1.

Dalam pertandingan semifinal Singapore Open 2023 di Singapore Indoor Stadium, Sabtu (10/6) malam WIB, Anthony Ginting menang di gim ketiga lantaran sang lawan memilih retired karena cedera.

Selain faktor cedera, Ginting akui pertandingan berjalan sulit baginya karena Kunlavut juga menunjukan determinasi yang tinggi. 

"Pertandingan tadi memang dipengaruhi perbedaan dengan situasi dan kondisi di lapangan. Di gim pertama lawan memang lebih leluasa," kata Ginting dalam keterangan PBSI.

"Saat bisa menyusul, saya malah kurang sabar. Sebaliknya di gim kedua, sebaliknya. Saya bisa leluasa. Cuma memang fisik Kunlavut lagi kurang baik dan ada cedera juga," tambahnya.

Dalam keadaan tertinggal 0-4, Kunlavut Vitidsarn minta rehat medis pada bagian bahu. Rehat medis kembali Kunlavut minta dalam kedudukan tertinggal 1-6.

Tak lama berselang, Kunlavut Vitidsarn memutuskan mundur tidak melanjutkan pertandingan. Anthony Ginting pun berhak atas tiket final.

"Rupanya ada kendala di bahu lawan dan memilih mundur. Dengan mundurnya lawan, pasti ada nilai plus bagi saya, tenaga saya tidak terlalu terforsir. Berbeda kalau sampai tiga gim pasti lebih menguras tenaga," tuturnya.

"Dengan turnamen yang bederet, mungkin kalau Kunlavut memaksakan diri malah bisa absen di turnamen berikutnya. Malah bisa absen lama. Semoga dia lekas sembuh," tukasnya.