In-depth

Apa Kabar Tony Gunawan? Legenda Ganda Putra Kontroversial yang Campakkan Indonesia

Kamis, 15 Juni 2023 20:50 WIB
Penulis: Serly Putri Jumbadi | Editor: Prio Hari Kristanto
© Nick Laham/Getty Images
Kabar terbaru legenda bulutangkis ganda putra, Tony Gunawan, yang pernah menuai kontroversi usai campakkan Indonesia dan beralih ke warga negara AS. Copyright: © Nick Laham/Getty Images
Kabar terbaru legenda bulutangkis ganda putra, Tony Gunawan, yang pernah menuai kontroversi usai campakkan Indonesia dan beralih ke warga negara AS.

INDOSPORT.COM – Kabar terbaru legenda bulutangkis ganda putra, Tony Gunawan, yang pernah menuai kontroversi usai campakkan Indonesia dan beralih ke warga negara Amerika Serikat.

Legenda ganda putra Indonesia yakni Tony Gunawan sempat menuai perbincangan panas usai memutuskan untuk pindah kewarganegaraan ke Amerika Serikat.

Tentu keputusan ini bisa dibilang mengejutkan. Pasalnya, Tony merupakan mantan pemain ganda putra Indonesia dengan beragam prestasi.

Legenda bulutangkis yang lahir di Surabaya pada 9 April 1975 itu sukses mengoleksi medali emas Olimpiade Sydney 2000, Juara Asia 2000 hingga Juara Dunia 2001.

Namun, usai meraih emas di Kejuaraan Dunia 2001, Tony Gunawan secara mengejutkan memutuskan untuk pindah kewarganegaraan dan menetap di Amerika Serikat.

Sempat membela Amerika Serikat dalam beberapa kejuaraan, pebulu tangkis berusia 48 tahun itu memutuskan untuk pensiun pada 2012.

Usai pensiun, Tony mulai melatih di Amerika Serikat di sebuah klub bulutangkis, Orange County Badminton Club pada 2021 lalu.

Kini, mantan partner Candra Wijaya itu menetap di Jepang dan menjadi pelatih di klub Tonami sektor ganda putra yang dihuni pemain top seperti Takuro Hoki/Yugo Kobayashi.

Tony Gunawan sendiri resmi mengampu klub bulutangkis Jepang itu sejak 2019. Berkat tangan dinginnya, Takuro Hoki/Yugo Kobayashi kini menjelma menjadi raksasa ganda putra.

Selain itu, Tony juga berhasil mengantarkan Tonami juara di turnamen bulutangkis Jepang S/J League di nomor beregu putra pada Februari 2023 lalu.