Kisah Tragis Canada Open, Skandal Perkelahian Issara-Jongjit Rusak Citra Bulutangkis Thailand

Minggu, 2 Juli 2023 19:14 WIB
Penulis: Serly Putri Jumbadi | Editor: Isman Fadil
© William Luk/taiyangbao.ca/Vancouver Sun
Mengenang kisah tragis perkelahian Bodin Issara dan Maneepong Jongjit di Canada Open 2013 yang merusak citra bulutangkis Thailand. Copyright: © William Luk/taiyangbao.ca/Vancouver Sun
Mengenang kisah tragis perkelahian Bodin Issara dan Maneepong Jongjit di Canada Open 2013 yang merusak citra bulutangkis Thailand.

INDOSPORT.COM – Mengenang kisah tragis perkelahian Bodin Issara dan Maneepong Jongjit di Canada Open 2013 yang merusak citra bulutangkis Thailand.

Seperti diketahui, gelaran turnamen bulutangkis level super 500 yakni Canada Open 2023 bakal dihelat pada Selasa (04/07/23) hingga Minggu (09/07/23).

Canada Open yang memperebutkan total hadiah sebesar 420 ribu dolar atau setara dengan Rp6,3 miliar sendiri menjadi ajang kualifikasi Olimpiade Paris 2024.

Namun, di sepanjang sejarah turnamen ini terdapat kisah tragis yang tentu tak bisa dilupakan penggemar bulutangkis atau badminton lovers pada masanya.

Yakni terjadi pada edisi 2013. Kala itu, terjadi perkelahian hebat dua pebulutangkis ganda putra Thailand di partai final yakni Bodin Issara dan Maneepong Jongjit.

Kala itu tersaji duel all Thailand final di Canada Open 2013 yang mempertemukan Maneepong Jongjit/Nipitphon Puangpuapech vs Bodin Issara/Vilailak Pakkawat.

Pertandingan yang berlangsung sengit tersebut berhasil dimenangkan Maneepong Jongjit/Nipitphon Puangpuapech usai Bodin Issara/Vilailak Pakkawat mendapat kartu hitam dari wasit.

Hal ini disebabkan oleh Bodin Issara yang mengaku geram usai Maneepong Jongjit memukul telinganya menggunakan raket hingga berdarah.

Dengan tindakan ini, BWF turun tangan dan memberikan hukuman skorsing untuk Bodin Issara dijatuhi hukuman dua tahun sementara Maneepong Jongjit dihukum tiga bulan.

Alhasil, tindakan tak pantas Issara dan Maneepong di final Canada Open 2013 tersebut langsung mencatatkan citra buruk bagi bulutangkis Thailand.