Ada Setyana Mapasa, US Open Diikuti Pebulutangkis Indonesia yang Bela Negara Lain

Senin, 10 Juli 2023 21:08 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor:
© Matt Roberts/Getty Images
Meski tanpa wakilnya, Indonesia memiliki deretan pebulutangkis yang tampil di US Open 2023 meski membela negara lain termasuk Setyana Mapasa. Copyright: © Matt Roberts/Getty Images
Meski tanpa wakilnya, Indonesia memiliki deretan pebulutangkis yang tampil di US Open 2023 meski membela negara lain termasuk Setyana Mapasa.

INDOSPORT.COM - Meski tanpa wakilnya, Indonesia memiliki deretan pebulutangkis yang tampil di US Open 2023 meski membela negara lain termasuk Setyana Mapasa.

Turnamen bulutangkis US Open 2023 digelar setelah Canada Open 2023, tepatnya mulai Selasa (11/7/23) hingga Minggu (16/7/23) di Council Bluffs, Amerika Serikat.

Menurut daftar peserta yang telah dirilis BWF, tidak ada satu pun wakil Indonesia yang akan bertanding di US Open 2023, baik itu pemain pelatnas maupun independen.

Hal ini dikarenakan PBSI lebih memilih fokus ke turnamen besar selanjutnya, seperti Korea Open 2023 dan Japan Open 2023.

Meski demikian, menurut data M&Q BFW Corporate, terdapat tiga pemain bulutangkis kelahiran Indonesia yang akan tampil di US Open 2023 di bawah bendera negara lain.

Pemain pertama yakni Setyana Mapasa yang memang sudah lama hijrah sebagai warga negara Australia pada 2014 karena cedera yang nyaris mengakhiri kariernya.

Setyana Mapasa namanya melekat sebagai tandem dari pebulutangkis cantik, Gronya Somerville, di sektor ganda putri. Duet keduanya menapaki ranking BWF tertinggi di posisi ke-18 ranking BWF.

Berpisah dengan Gronya Somerville, Setyana Mapasa pun menjajal menyerang ke ganda campuran dan mampu menjuarai Victoria Oceania Championships 2023 dan Mongolia International Challenge 2023.

Pekan lalu, dia tampil di Canada Open 2023 pekan lalu namun gagal melaju jauh, kali ini dia akan tampil di ajang US Open 2023 bersama Jack Yu.

Menariknya, duet Jack Yu/Setyana Mapasa akan langsung mempertemukan rekan senegaranya yakni duet Kenneth Zhe Hooi Choo/Gronya Somerville.