Kalah dari An Se Young, Putri KW Curhat: Saya Banyak Tertekan

Kamis, 20 Juli 2023 21:48 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Isman Fadil
© Ammara Marthiara/INDOSPORT
Putri Kusuma Wardani sukses menundukkan tunggal putri asal Jepang yakni Aye Ohori di ajang Indonesia Masters 2023 hari ini, Rabu (25/01/23). Copyright: © Ammara Marthiara/INDOSPORT
Putri Kusuma Wardani sukses menundukkan tunggal putri asal Jepang yakni Aye Ohori di ajang Indonesia Masters 2023 hari ini, Rabu (25/01/23).

INDOSPORT.COM - Tunggal putri Indonesia, Putri Kusuma Wardani gagal melangkah lebih jauh di Korea Open 2023. Dia dikalahkan atlet tuan rumah, An Se Young pada babak 16 besar, Kamis (20/07/23) di Jinnam Stadium, Yeosu. 

Putri KW kalah dua gim langsung dengan skor mencolok, 7-21 dan 12-21. Pertandingan juga berlangsung cepat yakni 33 menit.

Secara kualitas, wakil Indonesia itu dengan wakil Korea Selatan tersebut memang cukup mencolok. An Se Young di ranking 2 BWF sedangkan Putri KW diurutan 35 BWF. 

Putri KW pun mengakui jika lawan lebih superior. Dia tertekan sepanjang pertandingan, sehingga tak bisa keluarkan kemampuan terbaik. 

"An Se Young pengalamannya sudah sangat banyak, jadi di pertandingan tadi saya banyak tertekan. Padahal seharusnya saya tampil tanpa beban saja karena dia di atas saya tapi saya malah tidak lepas," tuturnya.

Pada gim tadi siang, Putri KW memang sempat berusaha melawan, tapi atlet tuan rumah sangat mendominasi. Atlet 21 tahun itu tidak bisa fokus. 

"Saya tidak memikirkan apa-apa sebenarnya, tapi tiba-tiba setelah poin 11-7 itu langsung nge-blank. Dan tidak bisa kembali lagi fokusnya," aku Putri KW. 

"Saya belajar bagaimana dia tadi beberapa kali bisa membalikkan bola yang menurut saya sudah tanggung. Bahkan bukan hanya membalikkan tapi sekaligus menyulitkan. Saya harus berlatih lebih keras untuk mengejar level dia," imbuhnya. 

Kekalahan di babak 16 besar Korea Open 2023  hari ini sekaligus memperpanjang rekor buruk Putri KW tiap kali bertemu An Se-young sejak di level junior. 

Sebelum bertemu di Korea Open 2023, Putri KW sudah empat kali menelan kekalahan dari An Se-young dalam seluruh perjumpaan mereka di turnamen bulutangkis internasional.