Update Ranking BWF Usai Japan Open: An Se-young Kudeta No 1, Fajar/Rian Lega

Selasa, 1 Agustus 2023 13:03 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Indra Citra Sena
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
An Se-young berhasil mengkudeta posisi pertama di ranking BWF, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto terancam lengser dari tahtanya sebagai raja ganda putra. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
An Se-young berhasil mengkudeta posisi pertama di ranking BWF, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto terancam lengser dari tahtanya sebagai raja ganda putra.

INDOSPORT.COMAn Se-young berhasil mengudeta posisi 1 di ranking BWF, sedangkan Fajar Alfian/Rian Ardianto terancam lengser dari takhtanya sebagai raja ganda putra.

Terdapat sejumlah perubahan dalam posisi ranking BWF untuk pekan ke-31 pada Selasa (1/8/23), atau pasca berakhirnya Japan Open 2023.

Sejumlah wakil Indonesia juga mengalami perubahan posisi, contohnya adalah Jonatan Christie yang melejit naik empat strip usai menjadi runner-up, setelah kalah dari Viktor Axelsen dengan skor 7-21 dan 18-21 di final Japan Open.

Walau menjadi runner-up, namun poin tersebut mampu membuat Jonatan Christie menyusul Anthony Ginting dengan saat ini duduk di posisi kelima dalam prediksi ranking BWF.

Kemudian akhirnya ada perubahan di papan atas tunggal putri, lantaran An Se-young berhasil mengkudeta Akane Yamaguchi di posisi peringkat pertama dalam ranking BWF, usai menjadi juara di Japan Open 2023.

Sementara itu, Fajar Alfian/Rian Ardianto masih terancam meski untuk saat ini bisa mempertahankan takhtanya sebagai raja di nomor ganda putra dengan torehan 92.729 poin, setelah hanya mampu menjejak semifinal Japan Open 2023.

Fajar/Rian dibayangi oleh pasangan India yakni Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty, yang mengemas 88.461 atau hanya selisih 4.268 poin saja.

Artinya, paling tidak Fajar/Rian harus meraih hasil apik agar bisa mempertahankan statusnya sebagai ganda putra nomor satu dunia di ranking BWF.

Di sisi lain, meski gagal hingga babak akhir namun poin yang didapatkan cukup untuk Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin kembali tembus top 10, alias naik satu peringkat.

Terdapat sejumlah perubahan lainnya di lima sektor berbeda, untuk lebih lengkapnya berikut prediksi ranking BWF untuk pekan ke-31 pada Selasa (1/8/23):