PBSI-nya Inggris Tolak Atlet Bulutangkis Transgender Bertanding

Sabtu, 12 Agustus 2023 11:57 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Prio Hari Kristanto
© Lars Ronbog / FrontZoneSport via Getty Images
Badminton England atau PBSI-nya Inggris menolak atlet bulutangkis transgender wanita ikut bertanding dalam sebuah kompetisi. Copyright: © Lars Ronbog / FrontZoneSport via Getty Images
Badminton England atau PBSI-nya Inggris menolak atlet bulutangkis transgender wanita ikut bertanding dalam sebuah kompetisi.

INDOSPORT.COMBadminton England atau PBSI-nya Inggris menolak atlet bulutangkis transgender wanita ikut bertanding dalam sebuah kompetisi.

Melansir dari The Pink News, kabar ini telah disahkan melalui dokumen aturan yang telah diunggah ke laman resmi Badminton England pada 11 Agustus 2023 kemarin.

Dokumen tersebut berisikan atlet wanita yang merupakan transgender atau non-binary tidak bisa berpartisipasi sebagai atlet perempuan dalam turnamen bulutangkis.

Badminton England juga menuliskan bahwa untuk sementara seleksi turnamen internasional akan dibatasi sesuai dengan jenis kelamin pemain saat lahir.

Meski demikian, mereka juga berkomitmen untuk menyediakan kompetisi khusus para transgender dapat bersaing secara kompetitif.

Selain itu, pihak otoritas setempat akan terus meninjau kebijakan tersebut setiap tahunnya sebelum dimulainya musim kompetisi.

Hal ini dilakukan karena berdasarkan Undang-undang Kesetaraan 2010, upaya tersebut dilakukan untuk membuat persaingan berjalan adil.

Apalagi bulutangkis merupakan olahraga yang dipengaruhi oleh gender, sehingga bisa mempengaruhi jalannya pertandingan.

“Badminton England akan mendukung organisasi yang terlibat dalam penyelenggaraan acara dan kompetisi, untuk memastikan (adanya) keadilan, dan akan menyelidiki sepenuhnya setiap keluhan 'terkait pengecualian yang tidak adil' dari bulutangkis,” tulis PBSI-nya Inggris tersebut.