In-depth

Pebulutangkis yang Bisa Buat Kejutan di Kejuaraan Dunia 2023, Ada Indonesia?

Jumat, 18 Agustus 2023 18:49 WIB
Penulis: Miranti | Editor: Isman Fadil
© Robertus Pudyanto/Getty Images
Sejumlah pemain tunggal atau ganda yang sedang naik daun dan punya kans ciptakan kejutan di Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2023, termasuk Kunlavut Vitidsarn. Copyright: © Robertus Pudyanto/Getty Images
Sejumlah pemain tunggal atau ganda yang sedang naik daun dan punya kans ciptakan kejutan di Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2023, termasuk Kunlavut Vitidsarn.

INDOSPORT.COM – Sejumlah pemain tunggal atau ganda yang sedang naik daun dan punya kans ciptakan kejutan di Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2023, termasuk Kunlavut Vitidsarn.

Kejuaraan Dunia Bulutangkis edisi ke-28 akan berlangsung di Royal Arena, Copenhagen, Denmark, pada 21 sampai 27 Agustus 2023.

Akan diikuti atlet terbaik dari total 54 negara, Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2023 berpotensi menyajikan perseteruan sengit antar peserta.

Meski begitu, sejumlah pemain layak dijagokan dengan status mereka sebagai juara bertahan seperti Viktor Axelsen, Akane Yamaguchi, Aaron Chia/Soh Wooi Yik, Chen Qing Chen/Jia Yifan, dan Zheng Siwei/Huang Yaqiong.

Belum lagi nama-nama lain yang di tahun ini memiliki penampilan cukup meroket seperti halnya An Se-young dari Korea Selatan.

Hanya saja, agaknya masih banyak atlet tunggal maupun ganda berstatus kuda hitam yang berpotensi menciptakan kejutan tak terduga di Kejuaraan Bulutangkis 2023.

Dilansir dari laman Olympic, rupanya tidak ada nama pemain Indonesia dalam lima daftar atlet yang diramal punya potensi untuk mengejutkan di Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2023.

Mereka yang potensi mengejutkan yakni Kunlavut Vitidsarn, Han Yue, Liang Wei Keng/Wang Chang, Benyapa Aimsaard/Nuntakarn Aimsaard, dan Kim Won-ho/Jeong Na-eun.

Mereka dipilih mewakili sektor masing-masing karena dinilai punya penampilan cukup impresif selama beberapa waktu ke belakang dan ranking BWF mereka melesat pesat dibanding yang lain.

1. Kunlavut Vitidsarn (Tunggal Putra, Thailand)

Kunlavut Vitidsarn yang lahir di Chonburi pada 11 Mei 2001 lalu layak dijadikan kuda di Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2023.

Dirunut dari pencapaiannya selama 18 tahun terakhir, Kulavut Vitidsarn memang cukup menawan. Di musim 2021, dia menciptakan terobosoan dengan menjadi runner-up BWF World Tour Finals.

Pada tahun 2022, terobosan lain diciptakannya dengan menjuarai German Open (S300) dan menyabet medali perak Kejuaraan Dunia Bulutangkis.

Memasuki 2023, Kunlavut Vitidsarn semakin gemilang usai pertama kalinya mengalahkan Viktor Axelsen di final India Open (S750), menjuarai Thailand Open (S500), dan runner-up US Open (S300).

Bukan tidak mungkin atlet bulutangkis yang kerap disapa View itu akan meramaikan perburuan medali emas Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2023.

Apalagi jika mau dibandingkan, sektor tunggal putra di tahun 2023 ini cukup kompetitif di mana Viktor Axelsen tak sedominan musim lalu, dan kekuatan menjadi merata.