In-depth

Kekalahan Paling Mengejutkan di Hari Pertama Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2023

Selasa, 22 Agustus 2023 09:45 WIB
Penulis: Miranti | Editor: Prio Hari Kristanto
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Sejumlah kekalahan berikut disebut yang paling menyesakkan di hari pertama Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2023, termasuk Jonatan Christie dari Lee Zii Jia. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Sejumlah kekalahan berikut disebut yang paling menyesakkan di hari pertama Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2023, termasuk Jonatan Christie dari Lee Zii Jia.

INDOSPORT.COM – Sejumlah kekalahan berikut disebut yang paling menyesakkan di hari pertama Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2023, termasuk Jonatan Christie dari Lee Zii Jia.

BWF World Championships atau Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2023 pada Senin (21/8/23) telah menyelesaikan seluruh rangkaian babak 64 besar hari pertama di Royal Arena, Copenhagen, Denmark.

Dari laga yang sudah berjalan, kejutan demi kejutan sudah mewarnai persaingan dari turnamen yang menyediakan hadiah poin sebesar 13 ribu tersebut.

Di antara keterkejutan besar tersebut adalah big match yang terjadi terlalu dini, sehingga melahirkan kemenangan dan kekalahan paling menggemparkan.

Belum lagi jika atlet tersebut sudah didera cedera mengerikan, yang memutus asa juara di BWF World Championships ini.

Merangkum keseluruhan laga di hari pertama, INDOSPORT.COM mengulas tiga kekalahan paling mengejutkan dari babak 64 besar Kejuaraan Dunia Bulutangkis, Senin (21/08/23).

1. Jonatan Christie Babak Belur dari Lee Zii Jia

Jonatan Christie, tunggal putra andalan Indonesia yang berstatus unggulan kelima, kalah menyakitkan dari sang musuh abadi, Lee Zii Jia, di babak 64 besar Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2023.

Mengawali laga dengan cukup apik, Jonatan Christie malah berubah ‘rajin’ melakukan kesalahan sendiri yang pada akhirnya banyak menguntungkan Lee Zii Jia.

Sampai akhir laga, Jonatan Christie kalah dua gim langsung dengan skor mencolok, 13-21 dan 15-21, yang sekaligus memupus asanya meraih medali perdana di Kejuaraan Dunia Bulutangkis.

Tak hanya itu, kekalahan di Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2023, juga memperpanjang rekor buruknya yang selalu babak belur dari Lee Zii Jia di tiga pertemuan terakhir.

Tiga pertemuan terakhir Jonatan Christie dan Lee Zii Jia itu yakni All England 2020, Badminton Asia Championships 2022, dan Denmark Open 2022.

Artinya sudah tiga tahun terakhir Jonatan Christie masih belum mampu membalas dendam kekalahannya dari Lee Zii Jia.

Padahal jika mau ditelisik, sepanjang musim 2023 ini Lee Zii Jia juga memiliki penampilan cukup buruk karena belum sekali pun kembali ke final.

Berbeda dengan Jonatan Christie yang sejatinya dia sempat menggenggam gelar juara pada musim ini, yakni Indonesia Masters 2023.

Sayangnya, Jonatan Christie gagal memanfaatkan peluang, dan kembali kalah dari Lee Zii Jia di babak pertama Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2023.