Fajar/Rian Kena Kutukan Mengerikan di Kejuaraan Dunia 2023

Kamis, 24 Agustus 2023 20:32 WIB
Penulis: Serly Putri Jumbadi | Editor: Isman Fadil
© PBSI.
Ganda putra Indonesia, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, gagal total di Kejuaraan Dunia 2023 usai terkena kutukan mengerikan. Copyright: © PBSI.
Ganda putra Indonesia, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, gagal total di Kejuaraan Dunia 2023 usai terkena kutukan mengerikan.

INDOSPORT.COM – Ganda putra Indonesia, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, gagal total di Kejuaraan Dunia 2023 usai terkena kutukan mengerikan.

Diketahui, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto secara mengejutkan terhenti lebih awal di Kejuaraan Dunia Bulutangkis, tepatnya di babak 32 besar.

Pasangan peringkat satu di ranking BWF itu harus mengakui keunggulan ganda non-unggulan asal Chinese Taipei, Lee Jhe Hue/Yang Po Hsuan dua gim langsung dengan skor 18-21, 19-21.

Kekalahan Fajar/Rian dari pasangan Chinese Taipei itu bisa dibilang mengejutkan. Mengingat, ganda putra andalan Indonesia tersebut unggul dari segi head to head.

Ya, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto sendiri berhasil unggul atas Lee Jhe Hue/Yang Po Hsuan dalam empat pertemuan di turnamen bulutangkis.

Namun, kekalahan Fajar/Rian di Kejuaraan Dunia 2023 bisa saja terjadi karena kutukan ganda putra peringkat satu di ranking BWF dalam 10 tahun terakhir.

Yakni, belum ada ganda putra ranking satu dunia yang meraih podium juara dalam kurun 10 tahun terakhir di Kejuaraan Dunia.

Ganda putra peringkat satu terakhir yang menyabet medali emas Kejuaraan Dunia adalah pasangan asal China, Cai Yun/Fu Haifeng yakni pada edisi 2011.

Tak hanya itu, Cai Yun/Fu Haifeng juga berhasil meraih tiga gelar juara beruntun pada edisi 2009 hingga 2012 serta meraih emas di Olimpiade London 2012.

Setelah Cai/Yun, belum ada lagi ganda putra berperingkat satu yang meraih medali emas Kejuaraan Dunia. Di mana pada edisi 2023, Fajar/Rian terhenti langsung di babak 32 besar.