Nasib Ironis Fajar/Rian di Kejuaraan Dunia Bulutangkis Jadi Sorotan Tajam BWF

Kamis, 24 Agustus 2023 14:51 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Indra Citra Sena
© PBSI
Nasib ironis ganda putra Indonesia, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto di Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2023 mendapat sorotan tajam BWF. (Foto: PBSI) Copyright: © PBSI
Nasib ironis ganda putra Indonesia, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto di Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2023 mendapat sorotan tajam BWF. (Foto: PBSI)

INDOSPORT.COM - Nasib ironis ganda putra Indonesia, Fajar Alfian/Rian Ardianto di Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2023 mendapat sorotan tajam dari Federasi Badminton Dunia (BWF).

Fajar Alfian/Rian Ardianto tak bisa berbuat banyak di Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2023 setelah dikalahkan Lee Jhe Huei/Yang Po-Hsuan (Chinese Taipei), 18-21, 19-21, di babak 32 besar.

Hasil ini membuat Fajar/Rian dipastikan tersingkir di babak awal sekaligus gagal memenuhi harapan penggemar bulutangkis Indonesia untuk memenangkan medali di Kopenhagen, Denmark.

BWF melalui ulasannya setelah babak 32 besar Kejuaraan Dunia 2023 ikut terkejut dengan kekalahan mudah Fajar/Rian di turnamen major event ini.

Pasalnya, Fajar/Rian sangat difavoritkan untuk memenangkan medali emas mengingat status mereka sebagai unggulan pertama di sektor ganda putra.

“Unggulan teratas Fajar Alfian/Rian Ardianto tersingkir pada rintangan pertama mereka di Total Energies BWF World Championships 2023, sementara juara bertahan Aaron Chia dan Soh Wooi Yik mulai bangkit,” tulis BWF.

Dalam ulasannya, BWF seolah-olah ingin menegaskan bahwa Fajar/Rian telah menciptakan sebuah rekor buruk setelah dikalahkan Lee Jhe Huei/Yang Po-Hsuan.

Disebutkan, Fajar/Rian untuk pertama kalinya takluk dari pasangan Chinese Taipei yang selalu berhasil mereka kalahkan dalam empat pertemuan pertama.

“Alfian/Ardianto tidak pernah kalah dari Lee Jhe-Huei/Yang Po-Hsuan, dengan pasangan Chinese Taipei peringkat 21 dunia itu mengalahkan pemain peringkat teratas Indonesia 21-18 21-19 menjadi kemenangan pertama mereka dalam lima pertemuan,” tulis BWF.

Secara ironis, BWF menyandingkan nasib Fajar/Rian dengan sang juara dunia bertahan Aaron Chia/Soh Wooi Yik yang melaju mudah ke babak 16 besar Kejuaraan Dunia 2023.