In-depth

Ada Eks Atlet Indonesia, 4 Pebulutangkis Pernah Buka Donasi demi Bertanding

Jumat, 25 Agustus 2023 17:24 WIB
Penulis: Miranti | Editor: Indra Citra Sena
© Instagram@maashytka
Sejumlah atlet bulutangkis pernah membuka donasi untuk terus bertanding dengan beragam sebab, termasuk pemain Singapura asal Indonesia, Danny Bawa Chrisnanta. Copyright: © Instagram@maashytka
Sejumlah atlet bulutangkis pernah membuka donasi untuk terus bertanding dengan beragam sebab, termasuk pemain Singapura asal Indonesia, Danny Bawa Chrisnanta.

INDOSPORT.COM – Sejumlah atlet bulutangkis pernah membuka donasi untuk terus bertanding dengan beragam sebab, termasuk pemain Singapura asal Indonesia, Danny Bawa Chrisnanta.

Bulutangkis memang sudah mendunia, dan kekuatannya sudah semakin merata dari hari ke hari. Maka tak mengherankan jika juara Olimpiade bulutangkis tak melulu dari China, Korea Selatan, atau Indonesia.

Tahun 2016, Carolina Marin mampu mendobrak sejarah sebagai pebulutangkis pertama dari Spanyol yang berhasil meraih medali emas Olimpiade.

Meski kekuatannya merata, namun tidak berarti semua pebulutangkis memiliki ketercukupan dana untuk setiap pertandingan yang diikuti.

Keterbatasan dana yang menimpa sejumlah atlet tersebut tentu juga banyak sebabnya, entah karena bergantung sponsor atau hal lainnya.

Selain Danny Bawa Chrisnanta, ada nama-nama seperti Beiwen Zhang (Kanada), Viktoriia Kozyreva/Mariia Sukhova (Rusia) dan Kevin Lee (Kanada) yang pernah terpaksa buka donasi untuk ikut bertanding.

1. Danny Bawa Chrisnanta

Danny Bawa Chrisnanta adalah pria kelahiran Salatiga, Indonesia, 30 Desember 1988. Pernah menjadi pebulutangkis Indonesia, dia kemudian hijrah dan berganti warga negara Singapura pada 2007.

Selama kariernya sebagai pebulutangkis Singapura, Danny Bawa Chrisnanta pernah menduduki ranking sembilan dunia ganda campuran bersama Vanessa Neo pada 2013.

Danny Bawa Chrisnanta kemudian sempat berganti-ganti partner. Beberapa waktu lalu pada Selasa (1/3/22), dia membuka donasi di instagramnya bersama sang partner, Jun Liang Andy Kweek.

Sesuai keterangan, meskipun Singapura memberikan dana 50%, namun mereka harus open donasi untuk mendukung rencananya ikut Polish Open 2022 (24-27 Maret) dan Orelans Masters 2022 (29 Maret-3 April).

Tak lama setelah open donasi, Danny Bawa Chrisnanta dan Andy Kweek mengumumkan bahwa banyak penyumbang yang memberikan perhatian pada mereka.

2. Viktoriia Kozyreva/Maria Sukhova

Sebagai pebulutangkis Rusia, nama Viktoriia Kozyreva/Mariia Sukhova telah banyak dikenal publik, entah karena paras cantiknya, maupun karena prestasi.

Sayangnya saat ini mereka masih dilarang bertanding bulutangkis internasional oleh BWF sebagai dampak dari invasi Rusia ke Ukraina sejak tahun lalu.

Sebelum dilarang bertanding, Viktoriia Kozyreva/Mariia Sukhova sesungguhnya pernah kesulitan untuk ikut turnamen sampai open donasi di instagramnya pada Senin (31/1/22).

“Halo teman-teman. Sangat tidak biasa meminta bantuan kepada Anda, tetapi karena situasi saat ini, saya terpaksa melakukan ini,” tulis instagram keduanya.