Mau Sampai Kapan Fajar/Rian Pertahankan Nomor 1 Ranking BWF Pakai Hoki?

Kamis, 14 September 2023 19:35 WIB
Penulis: Miranti | Editor: Indra Citra Sena
© PBSI
Jeblok lagi di Hong Kong Open 2023, mau sampai kapan Fajar Alfian/Rian Ardianto mempertahankan nomor satu ranking BWF memakai jalur ‘hoki’? Copyright: © PBSI
Jeblok lagi di Hong Kong Open 2023, mau sampai kapan Fajar Alfian/Rian Ardianto mempertahankan nomor satu ranking BWF memakai jalur ‘hoki’?

INDOSPORT.COM - Prestasi jeblok lagi di Hong Kong Open 2023, mau sampai kapan Fajar Alfian/Rian Ardianto mempertahankan nomor satu ranking BWF memakai jalur hoki?

Kamis (14/9/23) agaknya menjadi hari yang berat bagi bintang bulutangkis Indonesia, Fajar Alfian/Rian Ardianto, yang dikandaskan wakil Chinese Taipei, Lee Fang-Chih/Lee Fang-Jen.

Fajar/Rian kandas 16-21 dan 19-21dari Lee Fang-Chih/Lee Fang-Jen di Hong Kong Coliseum yang merupakan venue turnamen bulutangkis Super 500 yakni Hong Kong Open 2023.

Sepanjang pertandingan, Fajar/Rian dengan labelnya sebagai ganda putra nomor satu di ranking BWF, lebih banyak tertinggal dari sang rival.

Bahkan meskipun susah payah mengejar hingga menikung tajam, pada akhirnya Fajar Alfian/Rian Ardianto gagal memenangi laga di Hong Kong Open 2023.

Tak hanya sekadar gagal lolos ke perempat final saja, kekalahan dari Lee Fang-Chih/Lee Fang-Jen, juga menambah deret panjang rapor merah Fajar/Rian.

Tahun ini, Fajar/Rian sempat menorehkan catatan apik kala menjuarai dua ajang S1000 (Malaysia Open dan All England) beruntun, namun performa mereka merosot tajam setelahnya.

Kondisi yang pada akhirnya juga mengancam posisi Fajar Alfian/Rian Ardianto dari ranking satu BWF yang telah dihuninya sejak 27 Desember 2022.

Fajar Alfian/Rian Ardianto sejatinya memang sudah berulang kali nyaris lengser dari posisi nyaman mereka di puncak ranking BWF.

Namun karena rival terdekatnya, yakni Liang Weikeng/Wang Chang dan Satwiksairaj Rankiredy/Chirag Sgetty selalu gagal memenuhi syarat melengserkannya dari puncak ranking BWF, sampai saat ini Fajar/Rian masih berada di puncak.

Kini dengan kekalahannya dari Lee Fang-Chih/Lee Fang-Jen di babak 16 besar Hong Kong Open 2023, apakah ‘dewi fortuna’ menyelematkannya lagi dari ancaman lengser? Simak perhitungannya.