In-depth

Skandal Pelecehan Seksual di Bulutangkis Amerika Serikat yang Kini Terlupakan

Kamis, 14 September 2023 13:49 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Isman Fadil
© Lars Ronbog / FrontZoneSport via Getty Images
Siapa yang menyangka bahwa bulutangkis Amerika Serikat namanya sempat tercoreng karena adanya skandal pelecehan seksual. Copyright: © Lars Ronbog / FrontZoneSport via Getty Images
Siapa yang menyangka bahwa bulutangkis Amerika Serikat namanya sempat tercoreng karena adanya skandal pelecehan seksual.

INDOSPORT.COM – Siapa yang menyangka bahwa bulutangkis Amerika Serikat namanya sempat tercoreng karena adanya skandal pelecehan seksual.

Bulutangkis dikenal sebagai salah satu cabang olahraga yang sopan karena adanya aturan ketat di atas lapangan ketimbang yang lain.

Namun nyatanya, sama seperti cabang olahraga lain, bulutangkis belum tentu menjadi tempat yang aman saat di luar lapangan.

Para pebulutangkis kerap kali tersandung sebuah kasus, entah menjadi tersangka maupun korban dari sebuah skandal.

Hal ini pernah terjadi di mana adanya skandal pelecehan seksual yang dialami oleh pebulutangkis di Amerika Serikat.

Laman LA Times melakukan sejumlah investigasi mendalam soal skandal pelecehan seksual yang ternyata terlupakan yang terjadi di Amerika Serikat.

Momen ini terjadi beberapa tahun yang lalu, setelah seorang pebulutangkis asal Negeri Paman Sam bernama Bo Zhao mengaku rekannya telah menjadi korban pelecehan seksual.

Rekannya, yang identitasnya dirahasiakan itu mengaku melalui sebuah pesan di media sosial bahwa dirinya telah dilecehkan oleh pelatihnya sendiri.

Atlet berusia 17 tahun itu mengaku bahwa pelatihnya, yang disebut memiliki nama tenar kala itu telah berulang kali memaksanya untuk berhubungan seksual.

Saat itu media Amerika tidak mengidentifikasi identitas korban pelecehan seksual tersebut. 

Selain itu, pelatih yang dimaksud tidak disebutkan namanya karena tidak ada tuntutan resmi yang diajukan terhadapnya. Upaya menghubunginya untuk meminta klarifikasi pun tidak berhasil.