Media China Heran Indonesia Janjikan Hadiah Rumah untuk Peraih Medali Asian Games

Jumat, 22 September 2023 11:10 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Prio Hari Kristanto
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Media di China menyoroti keputusan pemerintah akan memberikan hadiah rumah untuk semua atlet peraih medali pada gelaran Asian Games 2022. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Media di China menyoroti keputusan pemerintah akan memberikan hadiah rumah untuk semua atlet peraih medali pada gelaran Asian Games 2022.

INDOSPORT.COM - Media di China menyoroti keputusan pemerintah akan memberikan hadiah rumah untuk semua atlet peraih medali pada gelaran Asian Games 2022.

Pesta olahraga terbesar se-Asia, yakni Asian Games 2022 sebentar lagi akan dimulai pada Sabtu (23/09/23) hingga 7 Oktober 2023 mendatang di Hangzhou, China.

Banyak negara kontestan menawarkan hadiah menggiurkan untuk memotivasi para atletnya menampilkan yang terbaik dan meraih medali, tak terkecuali Indonesia.

Media khusus bulutangkis di China, Aiyuke, lantas terpancing menyoroti hadiah yang dijanjikan pemerintah Indonesia untuk para atletnya jika berhasil meraih medali.

Indonesia pada edisi kali ini memang menjanjikan penghargaan berupa rumah seperti yang diungkapkan oleh Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Dito Ariotedjo.

Menurut Aiyuke, penghargaan Indonesia kali ini memang terbilang cukup unik. Sebab, hadiah rumah tidak hanya diberikan kepada peraih medali emas, tetapi juga atlet peraih medali perak dan perunggu.

Kali ini Indonesia memutuskan menerapkan “kebijakan perumahan”, tidak hanya medali emas, tetapi juga pemain peraih medali akan mendapatkan rumah sebagai hadiah,” tulis Aiyuke dalam ulasannya pada Jumat (22/09/23).

Penghargaan berupa aset properti kepada atlet peraih medali Asian Games ini berbeda jauh dengan kebijakan pemerintah pada edisi Jakarta-Palembang pada 2018 silam.

Saat itu, Indonesia yang menjadi tuan rumah mengganjar peraih medali emas dengan uang tunai sebesar 1,5 miliar rupiah, yang memecahkan rekor bonus Asian Games dalam sejarah negara tersebut.

Namun nilai tersebut masih kalah dibandingkan Filipina yang menjanjikan Rp1,5 miliar untuk peraih medali emas pada Asian Games 2018, sedangkan Hongkong memberikan hadiah total sebesar Rp3,5 miliar untuk para atlet yang berlaga.

Sementara Malaysia hanya memberi hadiah sebesar RM 80.000 atau Rp280 juta saja untuk atlet peraih emas. Hadiah tersebut tidak berubah sejak tahun 1998.