PBSI Harus Simak! Pelatih Fisik asal Spanyol Bongkar Resep Anti Loyo Zheng Siwei/Huang Yaqiong

Minggu, 24 September 2023 16:03 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Isman Fadil
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Kehebatan dan kekuatan ganda campuran China, Zheng Siwei/Huang Yaqiong ternyata juga berkat polesan pelatih fisik asal Spanyol, Cristian Luque Manjon. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Kehebatan dan kekuatan ganda campuran China, Zheng Siwei/Huang Yaqiong ternyata juga berkat polesan pelatih fisik asal Spanyol, Cristian Luque Manjon.

INDOSPORT.COM - Kehebatan dan kekuatan ganda campuran China, Zheng Siwei/Huang Yaqiong ternyata juga berkat polesan pelatih fisik asal Spanyol, Cristian Luque Manjon.

Dalam lima tahun terakhir, Federasi Bulutangkis China, mengalami perkembangan menarik. Mereka tidak hanya mengandalkan kekuatan pelatih lokal tetapi juga internasional.

Misalnya saja merekrut Kang Kyung-jin, mantan pelatih kepala bulutangkis Korea yang saat ini bertugas menangani ganda putri China.

Sementara di ganda campuran, China mendatangkan Cristian Luque Manjon yang memiliki pengalaman bekerja dengan beberapa atlet tenis.

Cristian Luque Manjon awalnya direkrut untuk menangani dua pasangan ganda campuran, Zheng Siwei/Huang Yaqiong dan Wang Yilyu/Huang Dong Ping serta tunggal putri Chen Yu Fei.

Namun kemudian setelah Olimpiade 2021 lalu, Manjon diminta fokus menangani pasangan nomor 1 dunia, Zheng Siwei/Huang Yaqiong.

Mengatakan kepada BWF, Manjon harus melakukan berbagai penyesuaian saat pertama kali bertugas di China. Dia diberi tugas melatih kekuatan, menjaga kebugaran dan workout para pemain.

Jika pemain mengalami cedera, Manjon harus membantunya pulih sedia kala bersama tim medis, serta membantu pemain lakukan pemanasan sebelum bertanding.

Tugas paling menantang, diakui Manjon, menjaga kestabilan fisik dan konsistensi performa Zheng Siwei/Huang Yaqiong yang telah berkuasa di top 1 ranking BWF dalam 6 tahun terakhir.

Bahkan saat Manjon tiba pertama kali, performa Zheng Siwei/Huang Yaqiong sudah sangat baik dan sedang di awal puncak karier terbaik mereka.