In-depth

Ketika Taufik Hidayat Ngamuk di Asian Games 2002, Dicurangi Wasit hingga Banting Raket!

Selasa, 3 Oktober 2023 10:00 WIB
Penulis: Serly Putri Jumbadi | Editor: Izzuddin Faruqi Adi Pratama
© Andrew Wong/Getty Images
Kilas balik momen legenda bulutangkis Indonesia, Taufik Hidayat, yang pernah ngamuk di Asian Games 2002 hingga banting raket karena dicurangi wasit. Copyright: © Andrew Wong/Getty Images
Kilas balik momen legenda bulutangkis Indonesia, Taufik Hidayat, yang pernah ngamuk di Asian Games 2002 hingga banting raket karena dicurangi wasit.

INDOSPORT.COM – Kilas balik momen legenda bulutangkis Indonesia, Taufik Hidayat, yang pernah ngamuk di Asian Games 2002 hingga banting raket karena dicurangi wasit.

Pesta olahraga terbesar se-Asia yakni Asian Games menjadi salah satu ajang prestigius 4 tahun sekali yang paling banyak dinantikan masyarakat Indonesia.

Apalagi bulutangkis menjadi salah satu cabang olahraga yang paling banyak menyumbangkan medali untuk kontingen Indonesia dalam beberapa edisi.

Sementara itu, mari mengulas salah satu momen tak terlupakan milik legenda tunggal putra Indonesia yakni Taufik Hidayat yang ternyata pernah dicurangi wasit di Asian Games 2002.

Asian Games 2002 yang digelar di Busan, Korea Selatan itu tentu menjadi salah satu momen tak terlupakan bagi Taufik Hidayat.

Ya, mantan tunggal putra peringkat 1 di ranking BWF itu berhasil menyabet medali emas di nomor perorangan usai mengalahkan wakil tuan rumah, Lee Hyun-il.

Selain itu, di nomor beregu, Taufik juga menjadi andalan tim putra Indonesia yang berhasil melaju ke babak final dan berhadapan dengan Korea Selatan.

Peraih medali emas Olimpiade Athena itu tampil di partai pembuka menghadapi perwakilan Korea Selatan yakni Shon Seung-mo.

Sayangnya, pertandingan kala itu diwarnai dengan keputusan wasit dan hakim garis yang dianggap merugikan Taufik Hidayat dan tim putra Indonesia.

Sebagaimana dilansir dari unggahan Instagram @ftosports.co, Taufik yang dicurangi wasit tersebut nampak kesal hingga banting raket di hadapan penonton Asian Games 2002.

Tak hanya itu, mantan anak asuh Hendrawan itu juga enggan melanjutkan pertandingan melawan Shon Seung-mo di partai final beregu putra.

Akibat dari peristiwa itu, Taufik Hidayat harus menelan kekalahan dari Shon Seung-mo dalam pertandingan yang berlangsung rubber game dengan skor 13-15, 15-13, 16-17.