In-depth

Resmi Lengser dari WR 1, 3 Momen Fajar/Rian Jadi Penyelamat Muka Indonesia

Sabtu, 7 Oktober 2023 13:25 WIB
Penulis: Serly Putri Jumbadi | Editor: Prio Hari Kristanto
© PBSI
Menilik kembali momen Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto jadi penyelamat muka tim bulutangkis Indonesia usai resmi lengser dari peringkat 1 di ranking BWF. (Foto: PBSI) Copyright: © PBSI
Menilik kembali momen Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto jadi penyelamat muka tim bulutangkis Indonesia usai resmi lengser dari peringkat 1 di ranking BWF. (Foto: PBSI)

INDOSPORT.COM – Menilik kembali momen Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto jadi penyelamat muka tim bulutangkis Indonesia usai resmi lengser dari peringkat 1 di ranking BWF setelah Asian Games 2022.

Fajar Alfian/Muhammad Rian dipastikan tergusur dari peringkat 1 di ranking BWF pada perilisan ranking per Selasa (10/10/23) mendatang.

Pasangan andalan Indonesia itu harus rela dikudeta ganda India, Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty, yang berhasil melaju ke final Asian Games 2022.

Sementara itu, Fajar/Rian tercatat menduduki peringkat 1 dunia selama lebih dari 40 pekan terhitung sejak 27 Desember 2022 hingga 10 Oktober 2023.

Hal ini tentu disebabkan oleh performa Fajar/Rian yang semakin merosot dalam beberapa turnamen, di mana mereka sering terhenti pada babak-babak awal. Fajar/Rian bisa saja lengser lebih cepat jika bukan karena faktor dewi fortuna. 

Terbaru, di Asian Games 2022, Fajar/Rian harus terhenti langkahnya di babak perempat final usai dikalahkan pasangan Taipei, Lee Yang/Wang Chi Lin.

Namun, meski menurun performanya, Fajar/Rian pernah menjadi penyelamat muka Indonesia di beberapa turnamen. Berikut INDOSPORT mencoba untuk mengulasnya.

Juara All England 2023

Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto pernah menyelamatkan muka tim bulutangkis Indonesia dengan meraih gelar juara di All England 2023.

Kala itu, pasangan yang masih bertengger di peringkat 1 di ranking BWF itu berhasil mengalahkan Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan di babak final.

Penampilan Fajar/Rian juga cukup menjanjikan di All England 2023, di mana mereka dan Ahsan/Hendra menjadi satu-satunya wakil Indonesia di partai final.

Selain itu, pasangan yang juga berstatus sebagai unggulan pertama itu tampil gemilang mengalahkan beberapa ganda putra papan atas dunia lainnya.

Ya, Fajar/Rian berhasil mengalahkan Juara Dunia 2023 yakni Kang Min-hyuk/Seo Seung-jae di babak 32 besar hingga pasangan China, He Jiting/Zhou Haodong di babak semifinal.