Resep Ampuh Alwi Farhan Raih Juara Dunia, Ada Campur Tangan Marin dan An Se-young

Selasa, 10 Oktober 2023 16:55 WIB
Penulis: Martini | Editor: Indra Citra Sena
© PBSI
Tunggal putra Indonesia, Alwi Farhan raih medali emas di ajang BWF World Junior Championships atau Kejuaraan Dunia Junior 2023. (Foto: PBSI) Copyright: © PBSI
Tunggal putra Indonesia, Alwi Farhan raih medali emas di ajang BWF World Junior Championships atau Kejuaraan Dunia Junior 2023. (Foto: PBSI)

INDOSPORT.COM - Resep ampuh Alwi Farhan raih podium tertinggi di perhelatan Kejuaraan Dunia Junior 2023 di AS, ternyata ada campur tangan Carolina Marin hingga An Se-young.

Pada final Kejuaraan Dunia Junior 2023, Senin (9/10/23) pagi WIB, Alwi Farhan sukses mengalahkan Hu Zhe An asal China lewat babak rubber, skor 21-19, 19-21, 21-14.

Alwi sebenarnya lebih banyak tertinggal di game pertama. Namun kerja kerasnya bisa mengejar Hu Zhe An di angka 16-16. Alwi berhasil menikung dan menang 21-19.

Memasuki game kedua, giliran Alwi Farhan memimpin 19-17. Namun ia kehilangan empat poin beruntun dan Hu Zhe An balik menikung. Wakil andalan China itu menang tipis 19-21.

Walaupun kalah dramatis di game kedua, hal itu tidak menyurutkan kondisi mental Alwi. Ia bisa memulai game ketiga dengan baik dan meraih poin demi poin.

Alwi bisa memimpin 11-7 di interval game ketiga. Pebulu tangkis asal Solo itu tidak terkejar dan akhirnya menang 21-14. Alwi resmi menjadi juara dunia junior yang baru.

Tak hanya sekadar naik podium juara, Alwi Farhan bahkan mengukir tinta emas untuk Indonesia, sebagai tunggal putra Indonesia pertama yang menjadi juara dunia junior.

Sejak pertama kali turnamen ini dihelat di tahun 1992, belum pernah ada wakil tunggal putra Indonesia yang naik podium tertinggi.

Indonesia memang beberapa kali menyabet gelar juara dunia junior, tetapi dari sektor tunggal putri, ganda putra, dan ganda campuran.

Siapa sangka, pencapaian Alwi Farhan di Kejuaraan Dunia Junior 2023 adalah berkat catatan kecil yang ia tuliskan di tahun 2022, untuk mempelajari lawan berdasarkan data.