Prediksi Ranking BWF Usai French Open 2023: Jonatan Pepet Ginting, Fajar/Rian?

Senin, 30 Oktober 2023 08:30 WIB
Penulis: Martini | Editor: Nugrahenny Putri Untari
© PBSI
Tunggal putra Indonesia, Jonatan Christie, diprediksi mengalami kenaikan ranking BWF setelah French Open 2023. Foto: PBSI. Copyright: © PBSI
Tunggal putra Indonesia, Jonatan Christie, diprediksi mengalami kenaikan ranking BWF setelah French Open 2023. Foto: PBSI.

INDOSPORT.COM - Prediksi ranking BWF usai turnamen French Open 2023, Jonatan Christie pepet Anthony Ginting di posisi top 4, sementara Fajar/Rian nyaris turun ke posisi 5.

Turnamen bulutangkis French Open 2023 Super 750 baru saja tuntas pada Minggu (29/10/23). Indonesia pastikan satu gelar lewat Jonatan Christie di tunggal putra.

Jonatan Christie sukses membekuk tunggal putra unggulan China, Li Shifeng, di babak final French Open 2023, dalam pertarungan rubber yang berakhir 16-21, 21-15, 21-14.

Diketahui, ini adalah gelar pertama bagi Jojo di level Super 750. Poin yang didapatkan juga cukup banyak, sehingga membuatnya meroket di ranking BWF tunggal putra.

Jonatan Christie diprediksi akan melesat ke posisi 4 ranking BWF, menyalip takhta yang sebelumnya milik Kodai Naraoka (Jepang) dan Kunlavut Vitidsarn (Thailand).

Sementara Anthony Sinisuka Ginting, meski gugur terlalu cepat di French Open 2023, tapi perolehan poinnya masih aman dan duduk di peringkat 2 tunggal putra terbaik dunia.

Pergerakan juga terjadi di sektor ganda putra. Pasangan Fajar Alfian/M. Rian Ardianto mulai bangkit, walau akhirnya kalah di French Open 2023 karena kontroversi keputusan umpire.

Pekan lalu, Fajar/Rian turun ke peringkat 4 di ranking BWF. Kali ini pun, mereka nyaris saja turun ke posisi 5, karena disalip oleh ganda Denmark Kim Astrup/Anders Skaarup Rasmussen.

Beruntung, Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty pulang duluan di French Open dan perolehan poinnya lebih sedikit, maka wakil India yang harus turun ke peringkat 5.

Sementara itu, Bagas Maulana/M. Shohibul Fikri yang melaju ke final French Open 2023, kali ini meramaikan posisi top 10 sektor ganda putra.