Aryono Miranat Ungkap Bagas/Fikri Dihantui Masalah Klasik Usai Gagal di Tur Eropa

Minggu, 5 November 2023 09:51 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Isman Fadil
© PBSI
Aryono Miranat selaku pelatih ganda putra Pelatnas PBSI memberikan evaluasi soal kegagalan Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri di dua turnamen tur Eropa. (Foto: PBSI) Copyright: © PBSI
Aryono Miranat selaku pelatih ganda putra Pelatnas PBSI memberikan evaluasi soal kegagalan Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri di dua turnamen tur Eropa. (Foto: PBSI)

INDOSPORT.COMAryono Miranat selaku pelatih ganda putra Pelatnas PBSI memberikan evaluasi soal kegagalan Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri di dua turnamen tur Eropa.

Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri menjadi satu-satunya wakil yang setidaknya berhasil menyelamatkan wajah ganda putra Indonesia terutama di tur Eropa.

Bagaimana tidak, disaat sejumlah wakil Indonesia gugur di babak awal, Bagas/Fikri mampu menembus babak final di dua turnamen berbeda.

Namun sayangnya Bagas/Fikri gagal menjadi juara usai kalah dari Aaron Chia/Soh Wooi Yik dengan skor 13-21 dan 17-21 di babak final Denmark Open 2023.

Kemudian kembali harus menjadi runner-up usai takluk dari ganda putra asal Denmark, Kim Astrup/Anders Skaarup Rasmussen, lewat rubber game 14-21, 21-10, 18-21 di final French Open 2023.

Dua kegagalan ini pun membuat Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri menjadi sorotan, termasuk mendapatkan evaluasi dari Aryono Miranat selaku sang pelatih.

Aryono Miranat pun menjelaskan ada masalah klasik yang masih menghantui anak didiknya tersebut, yakni disebabkan karena kendala mental.

Pelatih yang akrab disapa Coach Naga Air itu juga mengungkapkan bahwa Bagas/Fikri terlalu percaya diri sehingga permainan mereka terkadang tidak konsisten dan terlalu cepat dalam mengeksekusi serangan.

"Kemarin itu sebenarnya mereka main bagus, hanya mungkin kurang terlalu percaya diri. Setelah itu mungkin cepat puas juga, terus tekanannya tinggi," ungkap Aryono, dilansir dari Djarum Badminton.

Setelah dua kekalahan tersebut, Aryono Miranat juga langsung memberikan masukan dan wejangan untuk Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri.