In-depth

3 Pelatih Bulutangkis Abroad yang Isyaratkan Kembali ke Indonesia

Kamis, 16 November 2023 17:43 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Isman Fadil
© Nick Laham/Getty Images
Menilik 3 pelatih bulutangkis di luar negeri yang pernah mengisyaratkan kembali mengabdi untuk Indonesia, seperti Tony Gunawan, Hendrawan dan Flandy Limpele. Copyright: © Nick Laham/Getty Images
Menilik 3 pelatih bulutangkis di luar negeri yang pernah mengisyaratkan kembali mengabdi untuk Indonesia, seperti Tony Gunawan, Hendrawan dan Flandy Limpele.

INDOSPORT.COM – Menilik 3 pelatih bulutangkis di luar negeri yang pernah mengisyaratkan kembali mengabdi untuk Indonesia. Diantaranya, Tony Gunawan, Hendrawan dan Flandy Limpele.

Sudah jadi rahasia umum, pelatih-pelatih bulutangkis Indonesia dibajak oleh negara lain karena dianggap salah satu gerbang mereka menuju kesuksesan.

Tak sedikit pebulutangkis luar negeri yang meraih kesuksesan ketika dilatih pelatih Indonesia. Misalnya, Lee Chong Wei yang dilatih Hendrawan, Lee Zii Jia oleh Indra Widjaja, hingga Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty yang pernah dilatih Flandy Limpele.

Di antara pelatih Indonesia yang berkarier di luar negeri, rupanya ada juga yang memendam hasrat ingin kembali ke tanah air. Siapa sajakah mereka?

1. Tony Gunawan

Tony Gunawan merupakan legenda ganda putra Indonesia yang pernah berpasangan dengan Candra Wijaya hingga Halim Haryanto.

Ketika berpasangan dengan Candra Wijaya, Tony berhasil menyabet medali emas di Olimpiade Sydney 2000 hingga medali emas Kejuaraan Dunia 2001.

Namun, usai meraih emas di Kejuaraan Dunia 2001, Tony Gunawan secara mengejutkan memutuskan untuk pindah kewarganegaraan dan menetap di Amerika Serikat.

Diceritakan Hariyanto Arbi, Tony Gunawan, rupanya siap kembali ke Tanah Air menjadi pelatih bulutangkis jika diminta.

Hariyanto Arbi menuliskan pernyataan soal Tony Gunawan tersebut melalui unggahan di instagramnya pada Kamis (14/9/23) di sela-sela partisipasi mereka di Kejuaraan Dunia Senior 2023.

“Ngobrol banyak sama Tony Gunawan. Dia siap kalau diminta jadi pelatih Indonesia. Tony Gunawan pemain istimewa, dia bisa membawa pemain USA Howard Bach juara dunia tahun 2005.”

“Saya tahu pasti nggak gampang jadi juara dunia yang pasangannya bukan pemain kelas pertama,” tulis Hariyanto Arbi di instagram.

Tony Gunawan sendiri diketahui sempat melatih salah satu klub bulutangkis di Jepang, yakni Tonami. Klub ini menaungi ganda putra mantan no.1 dunia, Takuro Hoki/Yugo Kobayashi.