In-depth

Apa Kabar Vicky Angga Saputra? Eks Tunggal Putra PBSI yang Jadi 'Musuh' Ginting di China Masters

Jumat, 24 November 2023 11:15 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Prio Hari Kristanto
© PBSI
Vicky Angga Saputra, tungga putra satu angkatan Anthony Sinisuka Ginting dan Jonatan Christie di pelatnas PBSI, apa kabar dirinya sekarang? (Foto: PBSI) Copyright: © PBSI
Vicky Angga Saputra, tungga putra satu angkatan Anthony Sinisuka Ginting dan Jonatan Christie di pelatnas PBSI, apa kabar dirinya sekarang? (Foto: PBSI)

INDOSPORT.COM – Vicky Angga Saputra, tungga putra satu angkatan Anthony Sinisuka Ginting dan Jonatan Christie di pelatnas PBSI, apa kabar dirinya sekarang?

Vicky Angga Saputra, mantan rekan Jonatan Christie di PB Tangkas, pernah menghiasi jajaran tunggal putra pelatnas PBSI.

Vicky dipanggil ke pelatnas PBSI pada akhir tahun 2019, bersama dua tunggal putra lainnya yakni Gatjra Piliang Fiqihilahi Cupu (Exist) dan Karono Suwarno (Jaya Raya).

Namun pemain kelahiran Depok, 22 April 1996 tersebut hanya satu tahun bertahan di pelatnas Cipayung. Dirinya didegradasi dari PBSI pada 2021 bersama enam tunggal putra lainnya.

Kala itu, Rionny Mainakky yang mewakili PBSI menyatakan bahwa para pemain tersebut didegradasi karena alasan minimnya prestasi dan perilakunya di pelatnas.

Terutama Vicky Angga Saputra, dirinya didegradasi karena kalah unggul dari pesaing-pesaingnya mulai dari Jonatan Christie, Anthony Ginting, Ikhsan Leonardo Imanuel Rumbay hingga Shesar Hiren Rhustavito.

Usai hengkang dari PBSI, Vicky Angga Saputra memilih tidak kembali ke klub lamanya PB Tangkas, melainkan bergabung Abadi Surya Perkasa.

Namun kesempatan mantan tunggal putra berperingkat 14 ranking BWF tersebut untuk tampil di turnamen bulutangkis internasional berkurang drastis.

Pada 2019, dirinya hanya mengikuti tiga turnamen internasional yang digelar di Indonesia, yakni Daihatsu Indonesia Masters, Yuzu Indonesia Masters, hingga Indonesia International Challenge.

Indonesia International Challenge jadi turnamen terakhir yang diikuti Vicky Angga Saputra. Saat itu, dia terhenti di babak 64 besar dikalahkan pemain Malaysia, Ng Tze Yong.

Gagal di level Internasional, Vicky Angga Saputra memilih malang melintang di turnamen nasional. Dia dua kali masuk final Sirnas Jakarta Open dan Daihatsu Astec Open.

Setelah itu, Vicky Angga Saputra bak menghilang ditelan bumi. Dirinya lebih banyak menghabiskan waktu di luar lapangan seperti mengikuti gathering UKM Bulutangkis Universitas Trisakti di Cisarua, Bogor, berpergian ke Malang hingga ke Timika Papua.