Indonesia Borong 9 Emas di Kejuaraan Asia Senior, Termasuk Marleve Mainaky

Senin, 18 Desember 2023 06:30 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© Marleve Mainaky
Indonesia memastikan memborong 9 medali emas dari turnamen Badminton Asia Senior Open 2023, di antaranya diraih Marleve Mainaky dan Tri Kusharjanto. Copyright: © Marleve Mainaky
Indonesia memastikan memborong 9 medali emas dari turnamen Badminton Asia Senior Open 2023, di antaranya diraih Marleve Mainaky dan Tri Kusharjanto.

INDOSPORT.COM – Indonesia memastikan memborong 9 medali emas dari turnamen Badminton Asia Senior Open 2023, di antaranya diraih Marleve Mainaky dan Tri Kusharjanto.

Diketahui, Kejuaraan Asia Senior atau Badminton Asia Senior Open 2023 baru saja merampungkan babak final, Minggu (17/12/23) di Danang, Vietnam.

Melansir laman Badminton Asia, ajang ini akan memainkan beberapa kategori umur dari 40+, 45+, 50+, 55+, 60+, 65+, Combined Age 80+ (MD, WD, XD), dan Combined Age 110+ (MD, WD, XD).

Menurut cuitan dewan BWF Bambang Rudyanto, Indonesia memastikan meraih 9 medali emas dari 12 wakil yang tampil di partai puncak ajang tersebut.

Gelar pertama dipersembahkan oleh paman Kevin Sanjaya, Alvent Yulianto Chandra yang berduet dengan Fran Kurniawan di nomor ganda putra Combined Age 80+.

Alvent Yulianto Chandra/Fran Kurniawan meraih medali emas usai mengalahkan pasangan tuan rumah, Fung Sin Kei Kenneth/NG Chor Kwan, 21-13, 21-10.

Alvent Yulianto sejatinya memiliki kans untuk meraih gelar kedua di nomor MD40 bersama Muhammad. Namun Alvent/Muhammad harus pupus usai dikalahkan pasangan Thailand Boonsak Ponsana/Jakrapan Thanathiratham.

Adapun, adik kandung Rionny Mainaky yakni Marleve Mainaky tercatat berhasil memenangkan tiga medali emas dari tiga nomor berbeda.

Gelar pertama diraih Marleve Mainaky di nomor Ganda Putra 45 berpasangan dengan Tri Kusharjanto yang berstatus unggulan pertama.

Marleve Mainaky juga turun di nomor tunggal putra kategori 50 dengan status unggulan 1. Dia berhasil menjadi juara usai mengalahkan pemain India, Anil Kumar Srivastava, 21-12, 21-12.