Prediksi Ranking BWF usai World Tour Finals: Jonatan Top 5, Fajar/Rian Turun Lagi

Senin, 18 Desember 2023 08:51 WIB
Penulis: Martini | Editor: Isman Fadil
© Humas PP PBSI
Jonatan Christie naik ke posisi 5 di ranking BWF. (Foto: Humas PP PBSI) Copyright: © Humas PP PBSI
Jonatan Christie naik ke posisi 5 di ranking BWF. (Foto: Humas PP PBSI)

INDOSPORT.COM - Prediksi ranking BWF paska perhelatan BWF World Tour Finals 2023, Jonatan Christie naik, akan tetapi Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto harus turun.

Ajang BWF World Tour Finals 2023 baru saja tuntas pada Minggu (17/12/23). Viktor Axelsen asal Denmark jadi juara tunggal putra, dan Tai Tzu Ying asal Chinese Taipei juara tunggal putri.

Kemudian, Kang Min-hyuk/Seo Seung-jae asal Korea Selatan juara di sektor ganda putra, dan Chen Qingchen/Jia Yifan asal China juara di sektor tunggal putri.

Dari sektor ganda campuran, Zheng Siwei/Huang Yaqiong sukses mengalahkan sesama wakil unggulan China, Feng Yanzhe/Huang Dongping.

Meski tidak ada wakil Indonesia di babak final BWF World Tour Finals 2023, tetapi ada beberapa pemain yang bisa mencatatkan kemenangan dan berpengaruh pada poin di ranking BWF.

Jonatan Christie yang berhasil tembus ke semifinal, mengumpulkan cukup poin sehingga berhak naik ke peringkat 5 ranking BWF, sementara Anthony Ginting di posisi 4.

Sementara di sektor tunggal putri tidak ada perubahan yang berarti. Gregoria Mariska tetap bertahan di peringkat 7 ranking BWF.

Sedangkan di sektor ganda putra, dengan kemenangan Kang Min-hyuk/Seo Seung-jae, secara otomatis pasangan Fajar Alfian/Rian Ardianto turun ke peringkat 6 ranking BWF.

Namun setidaknya ada angin segar dari tim pelapis, Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri merangkak naik ke posisi 9, membayangi Liu Yuchen/Ou Xuan Yi dan Takuro Hoki/Yugo Kobayashi.

Dari sektor ganda putri, Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti juga naik ke peringkat 6 ranking BWF, menyalip pasangan Zhang Shu Xian/Zheng Yu.