x

Kaleidoskop Tenis Januari-Juni 2014

Kamis, 25 Desember 2014 21:16 WIB
Penulis: Yohanes Ishak | Editor: Abinery Hamzano

Sebelum tahun berganti menjadi 2014, tidak sedikit yang telah membuat resolusi atau target-target tertentu agar dapat mengubah sesuatu menjadi lebih baik dari sebelumnya.

Tak terkecuali dalam dunia olahraga, tentunya para atlet ingin membuat rekor atau mencatat sejumlah hal yang positif dalam perjalanan kariernya. Sejumlah harapan bermunculan untuk mengawali tahun yang baru.

Termasuk dalam cabang olahraga Tenis, para bintang seperti, Rafael Nadal, Andy Murray, Maria Sharapova, Ana Ivanovic, dan masih banyak lagi tentunya akan saling bersaing untuk melambungkan namanya menjadi lebih baik.

Siapa sajakah mereka yang telah mencatat rekor atau menciptakan catatan yang manis sejak awal tahun 2014 hingga pada pertengahan tahun?

Mari kita simak dalam Kaleidoskop INDOSPORT 2014, periode bulan Januari hingga Juni 2014


1. Januari: Stanislas Wawrinka dan Li Na Jawara Australia Terbuka

Awal tahun selalu menghadirkan harapan baru dan semangat baru. Tak terkecuali, Rafael Nadal. Ya, petenis asal Spanyol itu berhasil mengangkat trofi juara Qatar Terbuka pada hari kelima ditahun baru, sekaligus menambah koleksi gelarnya yang ke-61.

Rafael Nadal menaklukkan lawannya Gael Monfils, Pada babak sebelumnya, Nadal menundukkan Peter Gojowczyk sedangkan Monfils mengalahkan Florian Mayer. Pada pertandingan tersebut, Monfils sebenarnya mampu mendominasi pada set kedua, namun dirinya harus mengakui kehebatan yang dimiliki Nadal pada pertandingan tersebut.

Pada ajang Grand Slam Australia 2014, Stanislas Wawrinka, untuk pertama kalinya menjuarai grand slam. Petenis asal Swiss itu mengalahkan Nadal di final dengan skor 6–3, 6–2, 3–6, 6–3.

Sedangkan di kelas tunggal putri petenis asal China, Li Na, menjuarai Grand Slam Australia Terbuka untuk pertama kalinya pada 2014. Dia mengalahkan Dominika Cibulkova di final dengan skor 7–6 (7-3), 6–0.

link: http://lainnya.indosport.com/20140105/nadal-juarai-qatar-terbuka


2. Maret: Murray Putus Kontrak Lendl

Andy Murray (kanan) dan Ivan Lendl

Pada bulan Maret ini, Berita mengejutkan datang dari pernyataan petenis asal Inggris, Andy Murray, yang menyatakan dirinya memutuskan kontrak dengan pelatihnya Ivan Lendl.

"Saya akan mengambil waktu dengan tim untuk mempertimbangkan langkah-langkah selanjutnya dan bagaimana kami melaju dari sini," tandas Murray saat itu yang baru saja kembali dari operasi punggung dan bersiap untuk mempertahankan gelar Miaminya.

Kesuksesan paling signifikan pertama dari kerja sama keduanya adalah pada Olimpiade London sebelum Murray, di mana pemenang delapan gelar utama Lendl berada di sisinya, memenangi AS Terbuka 2012 - gelar Grand Slam perdananya.

http://lainnya.indosport.com/20140319/murray-putus-kontrak-lendl


3. April : Maria Sharapova raih gelar ketiga di Stuttgart

Maria Sharapova raih gelar ketiga di Stuttgart

Setelah berhasil memenangi gelar pada tahun 2012 dan 2013, Sharapova harus bekerja lebih keras untuk meraih kemenangannya yang ke-13 secara beruntun di lapangan Stuttgart.

Untuk membukukan kemenangan yang ke-30 pada final sepanjang karirnya, Petenis Rusia itu akhirnya berhasil mengalahkan pesaingnya Ivanovic 3-6, 6-4, 6-1 dalam waktu lebih dari dua jam.

Bagi Sharapova merebut tiga gelar dalam turnamen perseorangan merupakan yang pertama, sebelumnya dirinya cedera bahu tahun lalu dan saat kembali dirinya kembali membawa kesuksesan.

Ini juga merupakan turnamen lapangan tanah liat pertama bagi Sharapova dalam persiapannya menghadapi Prancis Terbuka, di mana saat dia dikalahkan oleh Serena Williams pada final tahun lalu.

Pada turnamen Stuttgart kali ini, setelah dipaksa bermain tiga set oleh petenis Republik Ceko Lucie Safarova pada putaran pertama, Sharapova melaju ke final setelah kemenangan dua set langsung atas sesama petenis Rusia Anastasia Pavlyuchenkova.

Link: http://lainnya.indosport.com/20140427/sharapova-cetak-hat-trick-di-stuttgart


4. Mei: Mantan Petenis Inggris Wafat

Elena Baltacha

Petenis wanita yang lahir di Ukraina dan dibesarkan di Skotlandia ini, mengungkapkan kepada publik bahwa dia menderita kanker pada Maret lalu. Elena Baltacha, pernah menjadi petenis nomor satu Inggris selama hampir tiga tahun, sampai akhirnya menyatakan pensiun pada 2013.

Meski menderita sakit parah dan dirundung masalah cedera, Baltacha berhasil lolos ke putaran ketiga kejuaraan Australia Terbuka pada 2005 dan 2010, serta meraih urutan nomor 49 dunia.

Selama karirnya, dia meraih 11 gelar juara tunggal, dan mencapai putaran ketiga Wimbledon 2002 dan menjadi bagian dari tim Piala Fed Inggris Raya selama 11 tahun.

 http://lainnya.indosport.com/20140506/eks-petenis-top-inggris-wafat


5. Juni: Nadal Raih Gelar Kesembilan Grand Slam Prancis Terbuka.

Rafael Nadal

Pada pertengahan tahun 2014 di bulan Juni ini, petenis asal Spanyol, Rafael Nadal, menjuarai Grand Slam Prancis Terbuka 2014. Gelar tersebut adalah gelar kesembilan Nadal di grand slam yang dimainkan di lapangan tanah liat tersebut.

Setelah Prancis Terbuka, kinerja Nadal sempat menurun, namun kemudian dia mematahkan rentetan tiga kekalahan beruntun dengan memetik kemenangan atas Martin Klizan pada laga babak pertama, Wimbledon 2014.

Dengan kemenangan ini, Nadal juga mencatat rekor kemenangan ke- 700 sepanjang kariernya yang membutuhkan 836 partai. Atas pencapaian ini, mungkin juga merupakan sebuah kado untuk Nadal yang berulang tahun di bulan yang sama pada tanggal 3 Juni lalu.

Diakuinya, pencapaian ini merupakan perjalanan karir yang panjang dan sukses, meski mengakui tak mudah melaluinya dan masih ada perjalanan yang lebih sulit, Nadal tetap merasa bahagia.

Sedangkan di sektor putri Maria Sharapova menjuarai Grand Slam Prancis Terbuka untuk kedua kalinya.

http://lainnya.indosport.com/20140625/nadal-raih-kemenangan-ke-700

Prancis TerbukaSerena WilliamsMaria SharapovaRafael NadalAustralia TerbukaWimbledonAmerika TerbukaTenis Swiss OpenTenis Paris MastersNovak DjokovicRoger FedererKaleidoskop

Berita Terkini