x

Rekam Jejak Pebulutangkis Indonesia di Arena Olimpiade

Selasa, 13 Oktober 2015 17:18 WIB
Editor: Charles Emanuel Dominggus

Indonesia pertama kali mendapat emas dari cabang bulutangkis di Olimpiade Barcelona 1992 melalui Susi Susanti dan Alan Budikusuma.

Di ajang empat tahunan berikutnya Indonesia masih kebagian medali. Namun tak mudah bagi Indonesia untuk mendapatkan emas.

INDOSPORT mengangkat deretan pebulutangkis yang pernah meraih medali Olimpiade.


1. Olimpiade 1992

Indonesia membawa pulang emas yang disumbangkan Susi Susanti dan Alan Budikusuma. Tak hanya itu Ardi Wiranata, Eddy Hartono/Rudi Gunawan turut menyumbang perak. Sementara satu medali perunggu disumbangkan Hermawan Susanto.


2. Olimpiade 1996

Olimpiade 1996 Indonesia gagal mendapat emas. Pencapaian terbaik diraih tunggal putri Mia Audina yang berhasil meraih medali perak dan Susi Susanti yang menyumbang perunggu.


3. Olimpiade 2000

Olimpiade yang diselenggarakan di Sidney Australia ini, Indonesia kembali mendapat emas. Kali ini disumbangkan oleh tunggal putra Taufik Hidayat. Tak hanya itu Eng Hian/Flandy Limpele  dan Sony Dwi Kuncoro menyumbang perunggu.


4. Olimpiade 2008

Olimpiade yang dihelat di Beijing, Tiongkok ini Indonesia membawa pula satu emas, satu perak dans atu perunggu dari cabang bulutangkis. Emas disumbangkan ganda putra Markis Kido/Hendra Setyawan. Nova Widiyanto/Liliyana Natsir menyumbang perak. Sementara perunggu dari tunggal putri Maria Kristin.

Hendra SetiawanMarkis KidoOlimpiadeSusi SusantiAlan BudikusumaMia Audina

Berita Terkini