x

4 Pebulutangkis yang Jago Sulap

Jumat, 4 Desember 2015 16:03 WIB
Penulis: Herry Ibrahim | Editor: Zainal Hasan

Sejak dulu hingga sekarang, para pemain bulutangkis terus melahirkan variasi pukulan dan permainan yang aktraktif sehingga menjadikan bulutangkis makin menarik dan menghibur. Karena hal ini pula, olahraga tepokbulu kian dicintai.

Sebagai salah satu negara bulutangkis, Indonesia selalu memiliki para pemain dengan skil nomer wahid. Salah satunya adalah skil pukulan yang memukau. Tidak heran, disuatu kesempatan penggemar bulutangkis dari China menyebut jika pemain-pemain Indonesia punya keahlian khusus dalam pukulan-pukulannya yang membuat mereka tampak seperti pesulap.

Namun tidak hanya dari Indonesia, pebulutangkis dari negara lain seperti Lin Dan kerap menyihir dengan aksi-aksinya memainkan raket dan shuttlecock. Berikut INDOSPORT sajikan aksi para 'pesulap' di bulutangkis:


1. Sigit Budiarto

Sigit Budiarto

Legenda ganda putra Indonesia, Sigit Budiarto disebut bukan sekedar pemain bulutangkis saja. Juara dunia ganda putra 1997 ini juga disebut sebagai penghibur di lapangan bulutangkis. Pada masa jayanya, mantan pasangan Chandra Wijaya tersebut dikenal memiliki skil pukulan layaknya bermain akrobatik. Cap itu terus melekat dalam dirinya hingga sekarang.

Sigit kerap melakukan pukulan-pukulan akrobatiknya di tiap banyak pertandingan, termasuk pertandingan penting sekalipun. Pukulan 'sulap' yang ia lakukan misalnya saat ia mengembalikan bola ke lawan. Kadang ia memukul dari belakang punggung atau dari sela kedua kakinya, yang membuat para penonton berdecak kagum saat melihat kejadian tersebut.


2. Rexy Mainaky

Legenda bulutangkis yang kini menjabat Ketua Bidang Pembinaan dan Prestasi PBSI, Rexy Mainaky juga dikenal sebagai pebulutangkis yang memiliki skil layaknya pesulap di lapangan. Bisa dibilang, Rexy salah satu atlet yang menciptakan variasi pukulan-pukulan yang atraktif dan memukau. 

Di masa jayanya bersama Ricky Subagja, keduanya kerap melakukan aksi akrobatik yang luar biasa. Hampir sama dengan Sigit Budiarto, Rexy sering melaukan pukulan aneh ketika melakukan deffense.

Menariknya, Rexy selalu diundang untuk memeriahkan berbagai laga eksibisi. Disitulah, Rexy kerap menyihir para penonton dengan penampilannya. Dengan gaya sporttainment atau freestyle, Rexy menghibur dengan tekhnik pukulan yang memukau.


3. Lin Dan

Berikutnya ada jagoan dari Tiongkok, Lin Dan. Tak ada yang meragukan kehebatan dari pemain berjuluk Super Dan ini. Dengan skil pukulan yang komplit, Lin Dan memiliki kemampuan menyerang dan bertahan sama baiknya. Jika dua pemain Indonesia sebelumnya memiliki gaya pukulan akrobatik yang menyihir. Peraih emas Olimpiade 2008 dan 2012 ini mungkin agak berbeda namun tetap memukau. 

Lin Dan dikenal mempunyai pukulan yang tidak mudah ditebak oleh lawan. Memiliki tipe permainan yang tenang, Lin Dan tahu betul kapan harus mengecoh sang lawan. Tak hanya itu, Super Dan terkadang dengan mudahnya mengubah arah bola saat melakukan deffense saat diserang.


4. Hendra Setiawan

Ganda putra andalan Indoesia Hendra Setiawan juga tak kalah perihal ini. Seiring pesatnya olahraga bulutangkis, Hendra sering memperlihatkan pukulan-pukulan yang tak hanya mematikan lawan, namun juga membuat lawan menjadi mati langkah.

Sebagai 'playmaker', Hendra disebut sebagai tipe pemain yang pintar menempatkan bola. Yang terkenal dari Hendra adalah pukulan drop shot nya di depan net. Ketika ia dan rekannya sulit mematikan lawan dengan pukulan smash, Hendra mensolusikan dengan tipuan pukulan drop shot nya. 

Momen drop shot Hendra paling diingat pecinta bulutangkis adalah saat match point laga final ganda putra Asian Games 2010 lalu. Hendra yang saat itu masih berpasangan dengan Markis Kido berhasil mengalahkan ganda Malaysia Koo Kien Keat/Taan Boon Heong.

Rexy MainakyPBSILin DanSigit BudiartoRicky Subagja/Rexy MainakyCandra Wijaya/Sigit Budiarto

Berita Terkini