x

Ini Deretan Pemenang Badminton Player of The Year 2015

Selasa, 15 Desember 2015 18:55 WIB
Editor: Charles Emanuel Dominggus

BWF Player of the Year merupakan ajang penghargaan yang diberikan kepada para pemain terbaik di sejumlah kategori. Acara ini digelar bertepatan dengan gala dinner BWF Super Series Finals 2015 yang baru saja berakhir di Dubai pada 8 Desember lalu.

Hadir pada kesempatan itu para atlet, sponsor, pejabat, tamu dan para legenda bulutangkis. Para pemenang menerima penghargaan itu langsung dari Presiden BWF Poul Erik Hoyerdi

Seperti dilansir laman resmi BWF, INDOSPORT mengangkat deretan pemenang gelar prestisius tersebut untuk masing-masing kategori.


1. Pemain Terbaik Putri (Female Player of The Year)

Carolina Marin berhak mendapatkan anugerah tersebut. Pebulutangkis putri nomor satu dunia ini berhasil menyisihkan saingan terberatnya Zhao Yunlei (Tiongkok), Saina Nehwal (India) dan Bao Yixin (Tiongkok).

"Saya pikir Zhao akan menang karena dia memiliki tahun yang besar juga," ungkap wanitca cantik asal Spanyol yang memenangkan lima gelar Superseries dan gelar Kejuaraan Dunia BWF tahun ini.


2. Pemain Terbaik Putra (Male Player of The Year)

Tunggal putra Tiongkok Chen Long kembali menjadi yang terbaik setelah mendapatkan anugerah tersebut tahun lalu. Tunggal nomor satu dunia ini berhasil menyisihkan rekan senegaranya Zhang Nan dan pasangan ganda putra Korea Selatan Lee Yong Dae / Yoo Yeon Seong.


3. Pemain Paling Menjanjikan (Most Promising Player of The Year)

Pemain muda Tiongkok Zheng Si Wei didapuk sebagai Pemain Paling Menjanjikan tahun ini. Pemenang kategori ini mendapat Eddy Choong Award.

Zheng Si Wei yang merupakan pemain ganda putra yang kerap berpasangan dengan Huang Kaixiang berhasil menyisihkan rekan senegara Dia Bingjiao, Chen Qingchen dan Huang Kaixiang, serta pemain Jepang, Saena Kawakami.


4. Pemain Para-Badminton Terbaik (Para-Badminton Player of the Year)

Tahun ini untuk pertama kali BWF memberikan penghargaan kepada atlet para-badminton terbaik.

Lee Sam Seop asal Korea dan pemain Norwegia, Helle Sofie Sagoy akhirnya menjadi yang terbaik di kategori para-badminton pria dan wanita

Lee Sam Seop menyisihkan sejumlah unggulan seperti atlet Malaysia Cheah Seperti Hou (SU 5) dan wakil Polandia Bartlomiej Mroz (SU 5).

Sedangkan Helle Sofie Sagoy menyisihkan atlet wanita Inggris Rachel Choong (SS 6) dan wakil Denmark Julie Thrane (SU 5).

"Sudah sepuluh tahun sejak saya mendedikasikan diri untuk para-badminton, dan saya ingin berterima kasih kepada BWF untuk mengundang saya untuk acara ini," kata Lee Sam Seop.


5. Atlet Pria dan Wanita dengan Kostum Terbaik

Sebagai tambahan pada kesempatan itu juga diumumkan kategori atlet dengan penampilan terbaik (best dressed male and female) yang masing-masing jatuh kepada tunggal putra Cina Taipei Chou Tien Chen dan tunggal putri Thailand Ratchanok Intanon.

Ratchanok IntanonCarolina MarinChen LongZheng Si WeiBadminton Player of The Year 2015

Berita Terkini