x

(VIDEO) 4 Reli Fantastis di Dubai World Superseries Finals 2015

Selasa, 6 Desember 2016 09:08 WIB
Penulis: Arum Kusuma Dewi | Editor: Galih Prasetyo

Dari total 12 turnamen superseries dan superseries final, delapan pemain terbaik dari tiap sektor berhak bertanding di laga pamungkas, Dubai World Superseries Finals. Turnamen ini menyediakan total hadiah fantastis, yakni 1 juta dolar AS, atau sekitar 13,5 miliar rupiah.

Tahun ini, Dubai World Superseries Finals akan dilaksanakan 14-18 Desember 2016 mendatang. Indonesia memiliki kans baik di sektor ganda. Sementara sektor tunggal putra dan tunggal putri belum ada perwakilan dari Indonesia yang memiliki peringkat cukup.

Di ganda putra, bisa dipastikan Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo dan Angga Pratama/Ricky Karanda Suwardi akan mewakili Indonesia dalam turnamen tahun ini.

Di ganda putri, Nitya Krishinda Maheswari/Greysia Polii juga berhak bertanding di Dubai Finals. Praveen Jordan/Debby Susanto dan Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir akan bertanding di sektor ganda campuran.

Sebagai pemanasan sebelum menyaksikan turnamen kelas dunia dua pekan mendatang, INDOSPORT pilihkan empat rally terbaik dalam turnamen Dubai World Superseries Finals 2015. Berikut reli-reli mengagumkan yang patut Anda simak:


1. Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan vs Chai Biao/Hong Wei

Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan vs Chai Biao/Hong Wei

Laga final ganda putra menampilkan perwakilan Indonesia, Ahsan/Hendra melawan ganda putra asal China, Chai Biao/Hong Wei. Laga ini merupakan pertemuan ketiga dari kedua pasangan. Catatan pertandingan sebelumnya, kedua pasangan imbang 1-1 dalam rekor pertemuan mereka.

Di awal set kedua, terlihat pasangan Chai/Hong terus menekan pertahanan Ahsan/Hendra. Pasangan China memberikan smash bertubi-tubi ke arah Ahsan. Namun pertahanan solid diperlihatkan oleh Ahsan/Hendra.

Bahkan Ahsan mampu membalikkan pukulan smash dengan pukulan akrobatik sebanyak dua kali, yakni memukul kok dari belakang punggung. Namun akhirnya pengembalian tanggung Ahsan memberi kesempatan Hong Wei untuk memberikan smash keras. Ahsan pun tidak mampu mengembalikan pukulan tersebut dan poin bertambah untuk pasangan China.

Namun pada akhirnya set kedua mampu dimenangkan Ahsan/Hendra dan memaksa laga untuk berjalan rubber set. Pertandingan pun berbuah gelar kemenangan ganda putra Dubai Finals 2015 bagi Ahsan/Hendra dengan poin 13-21, 21-14, 21-14.

<iframe src="https://streamable.com/e/df7m" width="560" height="315" frameborder="0" allowfullscreen webkitallowfullscreen mozallowfullscreen scrolling="no"></iframe>


2. Nozomi Okuhara vs Wang Yihan

Tunggal putri Jepang yang bermain dengan gigih, Nozomi Okuhara.

Pertarungan final tunggal putri antara unggulan keempat asal Jepang, Nozomi Okuhara melawan unggulan ketiga asal China, Wang Yihan berlangsung ketat.

Pada set pertama, skor Okuhara terus berjarak hingga 7 poin memimpin. Namun setelah jeda pertama, Wang mampu mengejar hingga poin 19 sama. Di poin krusial ini, Wang terus mengarahkan drop shots  ke sisi kanan depan Okuhara.

Secara cerdik, Wang memposisikan bola di posisi yang membuat Okuhara kewalahan. Hingga akhirnya pengembalian Okuhara yang tanggung, dibalas dengan smash keras ke arah belakang Okuhara. Meski berusaha mengejar hingga terjatuh, Okuhara tak mampu mengembalikan kok tersebut.

Wang pun mengunci match point pertama. Namun berkat kegigihannya, Okuhara mampu memaksa Wang bermain deuce dan berbalik memenangkan set pertama. Laga yang berlangsung selama 1 jam 3 menit itu pun berakhir untuk kemenangan Okuhara. Pertandingan berakhir dua set langsung, 22-20 dan 21-18.

<iframe src="https://streamable.com/e/t58a" width="560" height="315" frameborder="0" allowfullscreen webkitallowfullscreen mozallowfullscreen scrolling="no"></iframe>


3. Chen Long vs Jan O Jorgensen

Dua tunggal putra papan atas, Chen Long dan Jan O Jorgensen

Laga tunggal putra China, Chen Long melawan pebulutangkis Denmark, Jan O Jorgensen ini merupakan laga untuk penentuan juara dan runner up grup A. Di set pertama, reli seru terjadi saat Jorgensen unggul 11-8 atas Chen Long.

Jorgensen terlihat kewalahan mengejar kok. Chen Long yang sudah merasa di atas angin, menempatkan smash keras di posisi yang kosong. Namun Chen Long salah memperkirakan jika Jorgensen yang gigih mengejar kok hingga terpeleset, masih bisa mengembalikan kok. Chen Long yang terlena pun tak mampu mengejar pengembalian dari Jorgensen.

Pada akhirnya, laga dimenangkan oleh Chen Long dengan skor 21-14 dan 21-17 dalam tempo 42 menit. Sayang keduanya kalah di babak semifinal. Chen Long dikalahkan oleh pebulutangkis Denmark lainnya, Viktor Axelsen, dan Jorgensen kalah dari wakil Jepang, Kento Momota. Laga final pun dimenangkan oleh Momota dengan menundukkan Axelsen, 21-15 dan 21-12.

<iframe src="https://streamable.com/e/qetr" width="560" height="315" frameborder="0" allowfullscreen webkitallowfullscreen mozallowfullscreen scrolling="no"></iframe>


4. Lee Yong-dae/Yoo Yeon-seong vs Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan

Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan melawan rival bebuyutan, Lee Yong-dae/Yoo Yeon-seong

Pertarungan kelas dunia ini memperebutkan satu tiket ke final Dubai Finals 2015, antara ganda putra Indonesia, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan dan unggulan satu asal Korea Selatan, Lee Yong-dae/Yoo Yeon-seong.

Pertandingan yang berjalan ketat di babak 1 dan 2 memaksa kedua pemain menjalani game ketiga. Meski saat itu tertinggal enam angka, pasangan Korea ini tidak mau membuang poin dengan sia-sia.

Sebuah reli apik dipertunjukkan kedua pasangan saat Ahsan /Hendra memimpin dengan poin 19-13. Ahsan dan Hendra terus menggempur pertahanan solid Lee dan Yoo dengan variasi pukulan. Namun refleks sempurna dari pasangan Korea membuat pertahanan mereka tak mampu ditembus.

Hingga akhirnya Lee mengarahkan bola ke posisi yang kosong. Ahsan yang bermain ulet, mengejar kok hingga tersungkur. Yoo yang tak mau melewatkan kesempatan, kembali memberikan smash kencang. Namun lagi-lagi Ahsan yang masih dalam posisi terjatuh mampu mengembalikan kok.

Kali ini giliran Yoo yang terpeleset karpet lapangan, meski masih sempat mengembalikan pukulan Ahsan. Pengembalian tanggung Yoo langsung dibalas smash kencang oleh Ahsan dan tak mampu dikembalikan pasangan Korea. Match point pun diamankan pasangan Indonesia.

Pertandingan sengit kedua musuh bebuyutan ini pun berlangsung selama 1 jam 9 menit dan berakhir dengan skor 21-17, 22-24, dan 21-15. Ahsan/Hendra pun melangkah ke final hingga menjadi juara ganda putra Dubai Finals 2015.

<iframe src="https://streamable.com/e/0rdg" width="560" height="315" frameborder="0" allowfullscreen webkitallowfullscreen mozallowfullscreen scrolling="no"></iframe>

BWFChen LongJan O JorgensenLee Yong-dae/Yoo Yeon-seongMohammad Ahsan/Hendra SetiawanWang YihanBWF Super Series FinalsNozomi OkuharaDubai Super Series Finals 2015DubaiChai Biao/Hong Wei

Berita Terkini