x

Profil Tim Piala Sudirman 2017: Jepang

Jumat, 12 Mei 2017 17:50 WIB
Editor: Arum Kusuma Dewi
Jepang (Piala Sudirman).

Jepang akan kembali berupaya untuk mengulang kesuksesan dua tahun lalu di kejuaraan beregu paling prestisius di dunia, yakni Piala Sudirman. Meski tak datang dengan tim yang sama dari kejuaraan lalu, tim Jepang masih menjadi salah satu tim yang patut diperhitungkan.

Jepang sejak dulu sudah menjadi negara dengan kekuatan bulutangkis yang cukup mumpuni, terutama dari sektor putrinya. Pemain Negeri Matahari Terbit ini terkenal dengan staminanya yang kuat dan tahan lama untuk bermain reli panjang hingga rubber set.

Tergabung di Grup 1C, Jepang akan menghadapi Jerman dan Malaysia di babak grup. Mereka akan bermain menghadapi Jerman dahulu pada Minggu (21/05/17), dan baru melawan Malaysia pada hari Rabu (24/05/17).

Jepang akan memboyong 16 pemain ke Gold Coast, Australia nanti dengan rincian delapan pemain putra dan delapan pemain putri.

Dengan raihan medali perak pada gelaran Piala Sudirman terakhirnya, apakah Jepang mampu mempertahankannya atau malah meraih trofi pertamanya? Berikut INDOSPORT menyajikan profil dan peluang yang dimiliki tim Jepang di Piala Sudirman 2017.


1. Rekam Jejak

Tim Jepang di Piala Sudirman 2015.

Tim Jepang sudah mulai berlaga di kejuaraan beregu campuran ini sejak pertama kali diadakan di Jakarta, Indonesia pada 1989 silam. Namun saat itu Jepang hanya meraih posisi ketujuh dan belum mampu tampil di babak grup. Dua tahun kemudian, mereka malah mengalami penurunan performa dan hanya berada di peringkat ke-10.

Setelah itu, Jepang tak mampu mencapai babak perempatfinal selama beberapa tahun. Barulah pencapaian tim Negeri Sakura mulai membaik pada 2011 dengan lolos ke perempatfinal. Namun mereka harus mengakui keunggulan Indonesia di babak tersebut dan berakhir di posisi ke-5.

Turnamen selanjutnya, Jepang mampu menjadi juara Grup 1D dengan mengandaskan Denmark dan Singapura. Namun lagi-lagi perjuangan mereka mentok di perempatfinal karena takluk dari Thailand dengan skor 1-3.

Jepang akhirnya mampu berbicara banyak pada 2015. Di babak grup, Jepang cukup beruntung dengan satu tim bersama Rusia dan Taiwan. Setelah sukses menjadi juara grup, langkah mereka mulus hingga ke babak final.

Namun berhadapan dengan kekuatan bulutangkis nomor satu dunia, Jepang bertekuk lutut. China mampu menyapu bersih tiga partai di babak final. Di partai ganda putra, Hiroyuki Endo/Kenichi Hayakawa sempat merepotkan Fu Haifeng/ Zhang Nan sebelum akhirnya kalah dalam tiga set.

Begitu pula dengan Li Xuerui dan Lin Dan yang mudah saja menundukkan Akane Yamaguchi dan Takuma Ueda dalam dua set saja. Jepang pun harus puas membawa pulang medali perak.


2. Susunan Pemain

Takeshi Kamura/Keigo Sonoda.

Enam belas nama yang diturunkan terdiri dari masing-masing dua pemain di setiap sektornya. Hanya pasangan dari Takuro Hoki yang tidak diturunkan, yakni Yugo Kobayashi.

Daftar pemain putra Jepang di Piala Sudirman 2017:

Kenta Nishimoto
Yu Igarashi
Keigo Sonoda
Takeshi Kamura
Hiroyuki Endo
Yuta Watanabe
Takuro Hoki
Kenta Kazuno

Daftar pemain putri Jepang di Piala Sudirman 2017:
Akane Yamaguchi
Nozomi Okuhara
Ayaka Takahashi
Ayane Kurihara
Misaki Matsutomo
Koharu Yonemoto
Arisa Higashino
Shiho Tanaka


3. Sektor Unggulan

Misaki Matsutomo/Ayaka Takahashi.

Tahun ini, Jepang ditetapkan sebagai unggulan ke-4 oleh BWF berdasarkan agregat poin dari lima pemain terbaiknya di setiap sektor. Jepang terkenal dengan koleksi pemain putrinya yang memiliki keuletan dan stamina kuat.

Dari segi peringkat dunia, mereka menempatkan tiga pemainnya di dalam sepuluh besar dunia dan dua pemain tunggal putri di sepuluh besar. Misaki Matsutomo/Ayaka Takahashi bahkan duduk di peringkat nomor satu dunia. Sementara pemain pelapisnya, Shiho Tanaka/Koharu Yonemoto berada di peringkat delapan.

Misaki/Ayaka tentu menjadi andalan utama untuk mencuri poin. Mereka kembali telah membuktikan kualitasnya dengan memenangkan Kejuaraan Asia 2017 lalu, mengalahkan pasangan Korea Selatan di babak pamungkas.

Pun begitu dengan Akane Yamaguchi yang kini berstatus peringkat nomor tiga dunia. Apalagi ia tengah dalam keadaan on fire usai menjadi runner up di Kejuaraan Bulutangkis Asia 2017 lalu. Sementara dari sektor ganda putra, Takeshi Kamura/Keigo Sonoda juga patut diwaspadai karena mempunyai kans cukup bagus.


4. Prediksi

Tunggal putri andalan Jepang, Akane Yamaguchi.

Jepang diprediksi bisa mengulang kesuksesan di gelaran Piala Sudirman 2015 lalu. Di babak grup, bisa dipastikan mereka akan menundukkan tim Jerman dengan mudah. Sementara Malaysia bisa menjadi batu sandungan bagi Jepang, terutama di sektor pemain putra.

Jepang tak menyertakan dua tunggal putra terbaiknya, yakni Kento Momota dan Kenichi Tago yang terlibat masalah dan mendapat hukuman larangan bertanding, sedangkan Sho Sasaki telah pensiun. Sebagai gantinya, tunggal putra akan diisi Kenta Nishimoto dan Yu Igarashi.

Mereka harus siap berhadapan dengan tunggal putra nomor satu dunia asal Malaysia, Lee Chong Wei. Ini bisa menjadi titik terlemah Jepang, mengingat tak ada tunggal putra Jepang yang masuk di peringkat 30 dunia.

Begitu pula di sektor ganda putra. Mereka harus berjuang ekstra untuk merebut poin dari mantan ganda nomor satu, Goh V Shem/Tan Wee Kiong.

Sebaliknya, Jepang bisa mencuri poin relatif mudah dari partai ganda putri melalui Misaki Matsutomo/Ayaka Takahashi dan tunggal putri Akane Yamaguchi.

JepangPiala SudirmanAkane YamaguchiMisaki Matsutomo / Ayaka Takahashi

Berita Terkini