x

Profil Tim Piala Sudirman 2017: Malaysia

Rabu, 17 Mei 2017 17:35 WIB
Editor: Ivan Reinhard Manurung
Profil tim Malaysia di Piala Sudirman 2017.

Malaysia mengusung target untuk mencetak sebuah sejarah baru dalam turnamen beregu campuran Piala Sudirman 2017 di Gold Coast, Australia. Target tersebut adalah untuk dapat melangkah hingga ke babak final.

Meski memiliki susunan pemain yang diisi oleh sejumlah pemain senior, Malaysia jelas patut diperhitungkan sebagai kandidat juara. Apalagi, Negeri Jiran sudah dikenal sebagai 'perusak' kiblat bulutangkis dunia yang sebelumnya hanya dikuasai oleh China dan Indonesia.

Dalam ajang Piala Sudirman 2017 sendiri, Malaysia tergabung dalam Grup 1 C bersama dengan Jepang dan Jerman. Pertama-tama, mereka akan menghadapi Jerman pada Selasa (23/05/17), kemudian dilanjutkan dengan laga melawan Jepang pada Rabu (24/05/17).

Sebanyak 17 pemain pun diboyong untuk memperkuat skuat Malaysia ke Gold Coast, Australia yang terdiri dari sembilan pebulutangkis putra dan delapan pebulutangkis putri.

Dengan catatan terbaik sebagai semifinalis pada Piala Sudirman 2015 lalu, mampukan skuat Malaysia saat ini mencatatkan sejarah dengan pertama kalinya ke babak final? Berikut INDOSPORT menyajikan profil dan peluang yang dimiliki tim Malaysia di Piala Sudirman 2017.


1. Rekam Jejak

Malaysia hanya mampu menembus babak semifinal Piala Sudirman usai kalah 3-0 dari China.

Sejak turnamen Piala Sudirman pertama kali digelar pada 1989 silam di Jakarta, Malaysia sudah ikut ambil bagian menjadi peserta. Sayang, di edisi pertama Piala Sudirman tersebut, para wakil Negeri Jiran tidak mampu berbuat banyak dan hanya bisa puas menempati peringkat sembilan, berada di bawah Belanda dan Jepang.

Performa buruk Malaysia di Piala Sudirman pun terus berlanjut di edisi-edisi selanjutnya. Bahkan pada Piala Sudirman 1995 yang berlangung di Lausanne, Swiss, Malaysia memutuskan untuk absen dari kejuaraan dua tahunan tersebut.

Gebrakan nyata Malaysia di kancah Piala Sudirman sendiri baru muncul pada 2009. Pada turnamen yang berlangsung di Guangzhou, China tersebut Malaysia yang tergabung dengan Grup A bersama Korea Selatan, Denmark, dan Hongkong untuk pertama kalinya dapat menempatkan kakinya di babak semifinal.

Sialnya, di babak semifinal, Malaysia langsung dihadapkan dengan negara yang paling banyak mengoleksi gelar juara Piala Sudirman, yaitu China. Tanpa basa-basi, negara asal binatang panda itu memaksa para pebulutangkis Malaysia angkat koper dengan skor 3-0.

Setelah berhasil menembus babak semifinal untuk pertama kalinya, skuat Malaysia justru kembali tampil melempem di Piala Sudirman dengan selalu tersingkir di fase penyisihan grup.

Bahkan, ketika berlaku sebagai tuan rumah pada Piala Sudirman 2013 lalu, mereka dipaksa tertunduk malu setelah menempati posisi dasar klasemen Grup 1 C tanpa poin setelah kalah dari Taiwan dan Jerman.


2. Susunan Pemain

Tim bulutangkis Malaysia yang akan berlaga di ajang Piala Sudirman 2017.

Sebanyak 17 pemain telah didaftarkan oleh pihak Badminton Association of Malaysia (BAM). Dari daftar tersebut, tidak ada nama Goh Liu Ying yang terakhir dilaporkan masih dalam proses pemulihan cedera.

Daftar pemain putra Jepang di Piala Sudirman 2017:

Chan Peng Soon
Goh V Shem
Iskandar Zulkarnain Zainuddin
Lee Chong Wei
Lee Zii Jia
Ong Yew Sin
Tan Kian Meng
Tan Wee Kiong
Teo Ee Yi

Daftar pemain putri Jepang di Piala Sudirman 2017:

Cheah Yee See
Chow Mei Kuan
Goh Jin Wei
Lai Pei Jing
Lee Meng Yean
Sonia Cheah Su Ya
Vivian Hoo Kah Mun
Woon Khe Wei


3. Sektor Unggulan

Absennya Goh Liu Ying membuat nomor ganda campuran Malaysia perlu waspada di Piala Sudirman 2017.

Dikutip dari laman resmi Badminton World Federation, di ajang Piala Sudirman 2017 ini, secara mengejutkan Malaysia menjadi unggulan kelima dalam turnamen. Mereka berada satu tingkat di atas Indonesia yang ditempatkan sebagai unggulan keenam.

Kenyataan itu tidak lepas dari sejumlah pebulutangkis mereka yang berhasil menempati peringkat 10 besar dunia di tiga nomor berbeda, yakni tunggal putra, ganda putra, dan ganda campuran.

Di nomor tunggal putra terdapat sosok Lee Chong Wei yang saat ini perkasa di peringkat nomor satu dunia. Kenyataan ini membuat pebulutangkis bergelar Datuk ini menjadi harapan untuk mencuri poin.

Pasangan ganda putra, V Shem Goh/Wee Kiong Tan, yang beberapa waktu lalu sempat menggeser peringkat nomor satu miliki Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon, juga akan diandalkan Malaysia untuk mencuri poin saat menghadapi Jepang dan Jerman di fase penyisihan.

Satu hal yang perlu diwaspadai Malaysia justru datang dari nomor ganda campuran. Pasalnya, salah satu pebuluntangkis wanita Malaysia, Goh Liu Ying harus absen lantaran cedera bahu.

Hal tersebut membuatnya terpaksa meninggalkan pasangannya, Chang Peng Soon, yang membawanya meraih medali perak Olimpiade 2016 di Rio de Janeiro lalu. BAM sendiri telah menunjuk Cheah Yee See sebagai pengganti Goh Liu.

Melihat penunjukkan sebagai pasangan yang baru untuk sementara waktu tersebut, nomor ganda campuran jelas bukanlah nomor yang bisa diandalkan Malaysia untuk mengoleksi poin.


4. Prediksi

Lee Chong Wei menjadi tumpuan utama Malaysia untuk bisa lolos dari fase penyisihan grup Piala Sudirman 2017.

"Terlepas dari Chong Wei yang sudah makan asam garam di Olimpiade, anggota tim kami memang tidak banyak yang memiliki rangkin terbaik di antara negara-negara lain. Tapi kami percaya, kami memiliki tim yang memiliki semangat luar biasa dan bisa saja melangkah untuk pertama kalinya ke babak final."

Penggalan kalimat di atas merupakan isi pidato yang dikemukakan oleh Menteri Pemuda dan Olahraga Malaysia, Khairy Jamaluddin saat melepas skuad Piala Sudirman Malaysia sebelum terbang ke Australia seperti dikutip dari The Star.

Dilihat dari pernyataan Khairy tersebut, tersirat bahwa Lee Chong Wei yang didaulat sebagai kapten tim akan menjadi tumpuan untuk bisa mencuri poin.

Berdasarkan analisis INDOSPORT, sektor tunggal putra memang berpeluang besar membuat Malaysia dapat melangkah jauh di pentas Piala Sudirman 2017. Target lolos babak penyisihan grup pun sangat realistis untuk bisa dicapai skuat Malaysia.

Pasalnya, Jepang dan Jerman yang menjadi pesaing Malaysia di Grup 1 C tidak memiliki wakil tunggal maupun ganda putra yang rangkingnya berada di peringkat 10 besar dunia.

Hanya saja, dari nomor putri, baik tunggal maupun ganda, Jepang bisa menjadi batu karang yang mengandaskan perjalanan Malaysia di Piala Sudirman. Hal itu dikarenakan di dua nomor tersebut, Jepang sedikitnya punya lima wakil yang berada di peringkat 10 besar.

Lee Chong WeiMalaysiaPiala Sudirman

Berita Terkini