x

Perjuangan Dimulai! Ini Jadwal Babak Pertama Wakil Indonesia di All England 2018

Rabu, 14 Maret 2018 07:59 WIB
Editor: Ivan Reinhard Manurung
Logo All England.

Bertempat di Arena Birmingham, Inggris, pada Rabu (14/03/18) ini, akan berlangsung babak pertama turnamen bulutangkis tertua di dunia, All England 2018.

Dalam turnamen ini sendiri, Indonesia selaku kiblat bulutangkis dunia mengirim sebanyak 14 wakil dari lima nomor cabang berbeda.

Nomor ganda putra sendiri menjadi yang paling banyak mengirim wakil, yakni sampai tiga pasangan. Semetara nomor tunggal putri yang paling sedikit dengan hanya satu orang saja.

Baca Juga

Sekadar informasi turnamen ini sendiri memperebutkan total hadiah sebesar satu juta USD (sekitar Rp13,745 miliar).

Dalam babak pertama ini sendiri, sudah tercipta laga antara wakil Indonesia dari dua nomor berbeda, yakni di tunggal putra dan ganda putra.


1. Tunggal Putra

Jonatan Christie.

Di nomor ini, PBSI mengirimkan tiga wakil yang akan berlaga. Sayangnya, hanya akan dua orang saja yang berpeluang lolos ke babak kedua.

Pasalnya, di babak pertama ini sudah tercipta laga sesama wakil Tanah Air, yakni Tommy Sugiarto yang akan menghadapi juniornya, Anthony Sinisuka Ginting.

Sementara wakil tunggal putra Indonesia lainnya yang akan menjalani babak pertama, Jonatan Christie akan menghadapi wakil Hong Kong, Wong Wing Ki Vincent.


2. Tunggal Putri

Fitriani.

Potensi Indonesia untuk bisa merebut gelar juara All England 2018 dari nomor tunggal putri bisa dibilang sangat kecil. Pasalnya, di nomor ini hanya ada satu wakil saja yang akan berlaga.

Fitriani yang saat ini menduduki peringkat 37 BWF akan menantang tunggal putri asal Malaysia, Soniia Cheah.

Ini merupakan pertemuan ketiga kedua pebulutangkis tersebut. Di 2017 lalu mereka bertemu di ajang Korean Masters dan Malaysia Masters. Masing-masing sendiri sama-sama sudah mengemas satu kemenangan.


3. Ganda Putra

Pasangan ganda putra Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon.

Di nomor ini, ada empat wakil Indonesia yang akan berlaga. Namun, bisa dipastikan paling banyak hanya akan ada tiga wakil Tanah Air yang bisa lanjut ke babak kedua.

Pasangan ganda putra terbaik Indonesia dan dunia, Kevin Sanjaya/Marcus Fernaldi langsung ditantang sesama wakil Indonesia, yakni Angga Pratama/Rian Agung Saputro.

Untuk wakil lainnya, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto bisa sedikit lega karena menghadapi pasangan Malaysia yang peringkatnya di bawah mereka, yakni Ong Yew Sin/Teo Ee Yi.

Di pertandingan lainnya, pasangan ganda putra senior Indonesia, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan akan menjadi lawan wakil Belanda, Jacco Arends/Ruben Jille.


4. Ganda Putri

Greysia dan Apriyani.

Dari sektor ganda putri, wakil Bulgaria, Gabriela Stoeva/Stefani Stoeva akan menjadi hadangan pertama yang dirasakn wakil Indonesia, Greysia Polii/Apriyani Rahayu.

Selanjutnya ada nama pasangan Della Destiara Haris/Rizki Amelia Pradipta yang menjajal wakil Korea Selatan, Chang Ye Na/Hye Rin Kim.

Yang terakhir, Anngia Shitta Awanda/Ni Ketut Mahadewi akan berjuang keras melawan wakil tuan rumah, Chloe Birch/Jessica Pugh.


5. Ganda Campuran

Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir.

Untuk nomor ganda campuran, akan ada tiga wakil Indonesia yang berlaga termasuk pasangan senior, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir yang akan menghadapi Evgenij Dremin/Evgenia Dimova asal Rusia.

Setelah Tontowi/Liliyana, ada nama Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja yang akan menjajal kekuatan melawan wakil Malaysia, Tan Kian Meng/Lai Pei Jing.

Meski telah resmi 'diceraikan' pasangan Praveen Jordan/Debby Susanto kembali berlaga dan langsung menjadi unggulan keempat. Pemegang gelar juara All England 2016 itu akan menantang wakil Taiwan, Lee Yang/Hsu Ya Ching di babak pertama.

IndonesiaPBSIAnthony Sinisuka GintingJonatan ChristieAll EnglandTontowi Ahmad/Liliyana NatsirKevin Sanjaya/Marcus GideonGreysia Polii/Apriyani RahayuAll England 2018

Berita Terkini