x

3 Catatan Manis yang Berhasil Diciptakan Kevin/Marcus Sepanjang 2018

Selasa, 20 November 2018 19:34 WIB
Editor: Arum Kusuma Dewi
Marcus Gideon/Kevin Sanjaya di babak kedua French Open 2018.

INDOSPORT.COM - Kiprah pasangan ganda putra Indonesia Kevin Sanjaya/Marcus Gideon di tahun ini, memang tidak bisa dikesampingkan. Rentetan gelar juara, berhasil disapu bersih oleh pasangan berjuluk The Minions ini.

Total sudah delapan gelar juara BWF diraih oleh Kevin/Marcus pada tahun ini. Menariknya, bila Asian Games 2018 bisa dimasukkan, artinya Minions telah meraih sembilan gelar sepanjang 2018 berlangsung.

Tak cukup sampai di situ, Minions pun turut menorehkan catatan positif lainnya, setelah hanya mengalami lima kekalahan dari 62 pertandingan. 

Baca Juga

Tak ayal, banyak yang memuja-muji penampilan keduanya selama 2018 berlangsung. Salah satunya, ialah BWF sendiri. Melalui akun resmi Twitternya, BWF mengunggah sebuah video pendek berisikan rekor-rekor yang diciptakan oleh Minions pada tahun ini.

"Mini-8ns," tulis BWF pada unggahannya.

Setidaknya, ada 3 rekor yang telah diciptakan oleh Kevin/Marcus sepanjang keikusertaannya di seluruh turnamen-turnamen bergensi badminton. Apa saja rekor tersebut? Berikut INDOSPORT telah merangkumnya.


1. Samai Rekor Wang Xiaoli/Yu Yang pada 2011

Kevin Sanjaya/Marcus Gideon tampil sebagai juara ganda putra di Denmark Open 2018.

Ya, sejauh ini Kevin/Marcus telah menyabet delapan gelar dari delapan ajang BWF berbeda. Diawali dari kompetisi Daihatsu Indonesia Masters 2018 pada bulan Januari, Minions menggenapi trofi mereka dengan gelar Hong Kong Open 2018 di pertengahan bulan November.

Pencapaian ini bisa dibilang cukup fantastis, mengingat hanya baru ada satu pasangan yang pernah menorehkan catatan serupa, yakni pasangan ganda putri asal China, Wang Xiaoli/Yu Yang pada tahun 2011.

Menariknya, keduanya mampu menorehkan catatan manis di dunia perbulutangkisan dunia, kala baru dipasangkan dalam hitungan bulan saja.

Prensentase Kemenangan Tertinggi di BWF

Ya, seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, Minion sejatinya telah bermain sebanyak 62 pertandingan di semua ajang, baik itu internasional maupun non internasional.

Dari 62 laga tersebut, Kevin/Marcus nyatanya berhasil menyapu bersih hampir 95 persen kemenangan, atau lebih tepatnya 94,23 persen.

Baca Juga

Artinya, Kevin/Marcus hanya mengalami lima kekalahan di tahun 2018 ini. Bila menilik lebih jauh, Minions terakhir kali dikalahkan pada turnamen French Open 2018 saat berhadapan Han Chengkai/Zhou Haodong di babak final.

Di Kompetisi Dunia, Minions Hanya Kalah 3 Kali

Bila menghitung kompetisi-kompetisi yang bernaung di bawah BWF, maka Kevin/Marcus hanya memainkan 52 laga di semua ajang.

Artinya, bila dihitung lebih dalam, Minions hanya mengalami tiga kekalahan di semua ajang. Ini merupakan sebuah pencapaian yang membanggakan untuk Kevin/Marcus, sekaligus melengkapi catatan manis mereka pada tahun 2018.

Penulis: Ridi Fadhilah Khan

Ikuti Terus Berita Sepak Bola Lainnya Hanya di INDOSPORT.COM

Kevin SanjayaMarcus Fernaldi Gideon dan Kevin Sanjaya SukamuljoKevin Sanjaya/Marcus GideonMarcus Fernaldi Gideon

Berita Terkini