x

Lin Dan: Wujud Nyata Timnas Brasil dalam Ranah Bulutangkis

Kamis, 28 Mei 2020 21:16 WIB
Penulis: Petrus Tomy Wijanarko | Editor: Ivan Reinhard Manurung
Lin Dan, sosoknya punya perjalanan karier yang ibarat wujud nyata Timnas sepak bola Brasil dalam ranah bulutangkis.

INDOSPORT. COM - Lin Dan, sosoknya punya perjalanan karier yang ibarat wujud nyata Timnas sepak bola Brasil dalam ranah bulutangkis.

Pecinta olahraga bulutangkis, pasti kenal betul dengan sosok Lin Dan. Atlet asal China ini pada masa jayanya begitu berprestasi di nomor tunggal putra.

Mengawali karier senior sejak tahun 2001, Lin Dan tercatat sudah mengumpulkan 66 gelar juara. Lin Dan sampai sekarang masih aktif berkarier, dengan total catatan 666 kemenangan, dan 128 kali menelan kekalahan.

Baca Juga
Baca Juga

Soal ranking BWF, Lin Dan jelas pernah menjadi raja. 26 Februari 2004, Lin Dan berhasil menduduki ranking satu dunia nomor tunggal putra.

Segala kegemilangan karier Lin Dan, mungkin layak disebut sebagai representasi Timnas sepak bola Brasil dalam ranah bulutangkis. Bagaimana tidak, capaian Lin Dan kurang lebih mirip seperti negara Brasil di sepak bola.

Lin Dan memang sudah lima kali merasakan trofi Kejuaraan Dunia. Kelima gelar tersebut didapatkan Lin Dan pada edisi 2006, 2007, 2009, 2011, dan 2013.

Baca Juga
Baca Juga

Sebenarnya Lin Dan berpeluang meraih lebih banyak gelar Kejuaraan Dunia. Sayang sekali, Lin Dan harus kalah di dua final Kejuaraan Dunia edisi 2005 dan 2017.

Beralih ke Timnas Brasil, capaian mereka sejauh ini juga telah mengoleksi lima gelar juara dunia. Negeri Samba berhasil menjuarai lima edisi Piala Dunia, yakni 1958, 1962, 1970, 1994, dan 2002.

Menariknya, kiprah Timnas Brasil sepanjang sejarah Piala Dunia juga merasakan dua kali kalah di partai final (1950 dan 1998), persis seperti perjalanan Lin Dan dalam Kejuaraan Dunia Bulutangkis. Sebuah kebetulan yang sungguh menakjubkan.

Begitulah kurang lebih penjelasan tentang kehebatan karier bulutangkis Lin Dan. Kiprah Lin Dan ibarat wujud nyata Timnas sepak bola Brasil dalam ranah bulutangkis.

BrasilLin DanBulutangkisBerita Bulutangkis

Berita Terkini

Berita Terpopuler