x

Indonesia Andalkan Darah Muda dan Debutan di BATC 2022, Begini Dalih PBSI

Minggu, 30 Januari 2022 11:06 WIB
Penulis: Martini | Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Putri Kusuma Wardani (Putri KW), pebulutangkis muda dari sektor tunggal putri Indonesia.

INDOSPORT.COM - Indonesia menurunkan darah muda dan pemain debutan di ajang Badminton Asia Team Championship (BATC) 2022, Februari nanti. Begini dalih PBSI.

Tim bulutangkis Indonesia memastikan diri ikut ambil bagian di Kejuaraan Asia Beregu (BATC) 2022 yang akan berlangsung pada tanggal 15-20 Februari di Malaysia.

Dalam ajang yang biasa disebut sebagai kualifikasi Piala Thomas dan Uber ini, PBSI justru menurunkan pemain-pemain muda.

Chico Aura Dwi Wardoyo (23 tahun) jadi pemain tertua di skuat putra, sementara Gregoria Mariska Tunjung (22 tahun) jadi srikandi paling senior yang ada di tim putri.

Baca Juga
Baca Juga

Kepala Bidang dan Prestasi PP PBSI, Rionny Mainaky, membeberkan alasan di balik penunjukan pemain muda dan debutan.

"Di ajang ini, kami memang memberikan kesempatan kepada pemain muda untuk merasakan atmosfer kejuaraan beregu," ungkap Rionny Mainaky kepada media.

"Ini merupakan kebijakan PBSI yang ingin mengorbitkan pemain-pemain muda. Salah satunya dengan menguji kesiapan mereka di turnamen ini," lanjut Rionny Mainaky.

"Turnamen ini sebagai ajang penilaian dan evaluasi untuk persiapan menuju putaran final Piala Thomas dan Uber nanti," ujarnya.

Rionny mengatakan, Garuda Muda sudah melakukan persiapan selama dua minggu. Ia optimis para pemain mampu bicara banyak di ajang beregu dua tahunan tersebut.

Baca Juga
Baca Juga

"Kami menurunkan pemain-pemain muda, persiapannya sudah kami lakukan sebelum SK pemanggilan. Pemain yang dipilih adalah pemain-pemain yang dinilai siap dan dalam performa yang bagus," ucap Rionny lagi.

"Terutama di tim putra, kemampuan mereka sudah mendekati kakak-kakaknya. Mereka hanya kalah pengalaman dan jam terbang saja. Ini menjadi kesempatan mereka untuk lebih berkembang lagi," ungkap Rionny.


1. Daftar Lengkap Pemain Indonesia di BATC 2022

Tim bulutangkis Indonesia melakukan selebrasi sebagai juara Piala Thomas 2020

Sebagai catatan, tim putra Indonesia datang ke Malaysia dengan status juara bertahan tiga kali usai juara di edisi tahun 2016 (Hyderbad, India), 2018 (Alor Setar, Malaysia), dan 2020 (Manila, Filipina).

Tim putra juga sudah mengantongi tiket menuju putaran final Piala Thomas, dengan statusnya sebagai juara bertahan, berkat kerja keras Jonatan Christie dkk, tahun lalu.

Berbeda cerita dengan tim putri yang harus bekerja keras untuk dapat lolos ke putaran final. Walau begitu, Rionny Mainaky yakin anak asuhnya bisa menembus babak final.

"Saya berharap mereka nanti bisa tampil lepas, tanpa beban, dan memberikan yang terbaik untuk Indonesia. Target kami tim ini bisa masuk final, baik putra maupun putri."

Baca Juga
Baca Juga

Berikut skuad Indonesia di Kejuaraan Beregu Asia 2022:

Tim Putra:
1. Chico Aura Dwi Wardoyo
2. Ikhsan Leonardo Imanuel Rumbay
3. Christian Adinata
4. Yonathan Ramlie
5. Leo Rolly Carnando
6. Daniel Marthin
7. Pramudya Kusumawardana
8. Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan
9. Bagas Maulana
10. Muhammad Shohibul Fikri

Tim Putri:
1. Gregoria Mariska Tunjung
2. Putri Kusuma Wardani
3. Saifi Rizka Nurhidayah
4. Bilqis Prasista
5. Stephanie Widjaja
6. Nita Violina Marwah
7. Febriana Dwipuji Kusuma
8. Amallia Cahaya Pratiwi
9. Lanny Tria Mayasari
10. Jesita Putri Miantoro

PBSIBulutangkisBerita BulutangkisRionny MainakyBadminton Asia Team Championships (BATC)

Berita Terkini