x

Bagas/Fikri Juara All England, Regenerasi Ganda Putra Indonesia Bikin Iri Legenda Bulutangkis China

Kamis, 24 Maret 2022 03:21 WIB
Penulis: Miranti | Editor: Yosef Bayu Anangga
Usai Bagas/Fikri menjuarai All England 2022, legenda bulutangkis China, Cai Yun, bilang bahwa regenerasi ganda putra Indonesia sukses membuatnya iri.

INDOSPORT.COM –  Usai Bagas/ Fikri menjuarai All England 2022, legenda bulutangkis China, Cai Yun, bilang bahwa regenerasi ganda putra Indonesia, sukses membuatnya iri.

Baru saja selesai perhelatan ajang bulutangkis tertua dunia, All England, yang telah mencapai edisi ke-114. Turnamen berlangsung pada 16-20 Maret 2022 di Ulitina Arena, Birmingham, Inggris.

Baca Juga

Pada ajang BWF World Tour Super 1000 itu, banyak unggulan gugur di awal turnamen. Sedangkan para pemain non unggulan mampu tampil sebagai ‘pembunuh berdarah dingin.’

Salah satu yang sensasional adalah Bagas/Fikri. Debut di ajang All England dengan status non unggulan, Bagas/Fikri justru tampil perkasa sebagai juara.

Namun, perjalanan mereka dilewati dengan tidak mudah. Bagas/Fikri harus menyingkirkan Pramudya Kusumawardana/Yeremia Rambitan, Ong Yew Sin/Teo Ee Yi, dan Takuro Hoki/Yugo Kobayashi.

Baca Juga

Sedangkan di babak semifinal, Bagas/Fikri sukses mengandaskan juara All England 2 kali, Kevin Sanjaya/Marcus Gideon.

Puncaknya, Bagas/Fikri masih tampil konsisten dengan mengandaskan pebulutangkis senior Indonesia dengan sarat pengalaman, Ahsan/Hendra, 21-19, 21-13.

Fakta penting lainnya, ini pencapaian terbesar dalam karier Bagas/Fikri sekaligus menandai regenerasi ganda putra Indonesia berjalan dengan baik.

Baca Juga

Karena selain Bagas/Fikri, Indonesia memiiki banyak ganda putra junior dengan penampilan mentereng seperti Leo/Daniel, Pramudya/Yeremia. Ada pula senior Kevin/Marcus, Hendra/Ahsan, dan Fajar/Rian.

Regenerasi ganda putra Indonesia itu, mampu membuat iri legenda bulutangkis China yang pernah menyabet Juara Dunia empat kali, yaitu Cai Yun.


1. Cai Yun Iri dengan Regenerasi Ganda Putra

Cai Yun juga memuji penampilan Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri yang tampil mengejutkan dengan menjuarai All England 2022.

Melansir laman Aiyuke, Cai Yun mengatakan berulang kali, bahwa dia sangat iri dominasi ganda putra Indonesia yang telah menunjukkan taringnya satu demi satu.

“Seperti yang saya katakan sebelumnya di Weibo (media sosial), saya sangat iri dengan ganda putra Indonesia yang telah keluar satu demi satu,” ucap Cai Yun.

Baca Juga

“Secara umum, mereka memiliki gaya permainan yang komprehensif dan tahu bagaimana menggunakan teknik dan taktik secara wajar dalam pertandingan,” sambungnya.

Lebih lanjut, Cai Yun juga memuji penampilan Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri yang tampil mengejutkan dengan menjuarai All England 2022.

Baginya, Bagas/Fikri memiliki postur tubuh ideal serta gaya bermain bertahan serta menyerang yang sama-sama bagus. Hal itu menimbulkan kesan bagi Cai Yun.

Baca Juga

“Ganda putra Bagas/Fikri menang, kesan pertama saya adalah ganda putra muda itu bagus. Pasangan ini memiliki keunikan yang jarang ditemui di ganda putra Indonesia lainnya,” ucap Cai Yun.

“Keduanya bertubuh tinggi dan memiliki keunggulan yang melekat dalam penguasaan area dan ancaman serangan. Mereka juga berani bertaruh kecepatan dan memainkan tempo,” sambungnya.

“Mereka bisa bermain dengan kecepatan tunggi, ditambah dengan pertahanan yang bagus, sangat komprehensif sesuai dengan gaya permainan ganda putra Indonesia,” pungkas Cai Yun.

Baca Juga

Cai Yun memang menjadi salah satu legenda bulutangkis China yang cukup vokal untuk mengikuti segala perkembangannya.Terakhir, Cai Yun juga menyoroti performa pebulutangkis China yang gagal juara di All England 2022.

Karena China hanya mampu meraih 2 gelar runner up All England 2022, melalui Zhang Shu Xian/Zheng Yu (ganda putri), dan Wang Yilyu/Huang Dong Ping (ganda campuran).


2. Pesona Cai Yun

Cai Yun disebut memiliki pesona yang kian menawan seiring bertambahnya usia.

Terlepas dari kekaguman Cai Yun terhadap Bagas/Fikri yang juara All England 2022, serta regenerasi ganda putra Indonesia, ada fakta menarik lainnya. Melansir media lokal China, Sohu, Cai Yun disebut kian tampak kian menawan.

Tepatnya pada 16 Juni 2021 lalu, di mana Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF) memilih  tiga legenda bulutangkis China untuk mengisi BWF Hall of Fame 2021.

Mereka adalah Zhang Ning, Cai Yun, dan Fu Haifeng. Presiden BWF, Poul-Erik Hoyer Larsen menilai jika ketiga legenda bulutangkis China itu telah berjasa luar biasa dalam perkembangan bulutangkis dunia.

Awalnya Cai Yun sebenarnya berencana untuk menghadiri pelatihan resmi dari BWF. Namun karena dampak pandemi Covid-19, pebulutangkis kelahiran Suzhou itu hanya bisa berpartisipasi secara online.

Menariknya, saat berpartisipasi online tersebut, Cai Yun tetap gagah dengan setelan jas hitam dan kemeja putih. Penampilannya seolah menjelma jadi aktor ternama.

Baca selengkapnya: Pesona Eks Pebulutangkis Cai Yun, Makin Tua Makin Menawan

PBSIAll EnglandBulutangkisBerita BulutangkisCai YunBagas Maulana/Muhammad Shohibul FikriAll England 2022

Berita Terkini