x

BAM Cari Pengganti Flandy Limpele, Legenda Malaysia Langsung Sarankan Kriteria Penting

Kamis, 31 Maret 2022 20:25 WIB
Penulis: Miranti | Editor: Indra Citra Sena
Legenda Razif Sidek langsung sarankan kriteria penting jika Asosiasi Bulutangkis Malaysia (BAM) akan mencari pelatih baru pengganti Flandy Limpele yang mundur.

INDOSPORT.COM – Legenda Razif Sidek langsung sarankan kriteria penting jika Asosiasi Bulutangkis Malaysia (BAM) akan mencari pelatih baru pengganti Flandy Limpele yang mundur.

Perlu diketahui, terhitung sejak 1 April mendatang, Flandy Limpele tidak lagi menjadi pelatih bulutangkis ganda putra Malaysia yang diembannya sejak Juli 2020.

Baca Juga

Pria kelahiran 9 Februari 1974 itu bergabung dalam jajaran pelatih, dan akan menangani sektor ganda campuran di Pelatnas Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI), di Cipayung.

Tentu saja kemunduran Flandy Limpele dari BAM cukup mengejutkan. Pasalnya, dia memiliki rekam jejak yang cukup bagus dalam membangkitkan level ganda putra Malaysia dalam setahun terakhir.

Bahkan terakhir, Flandy Limpele menjadi salah satu pengantar kesuksesan ganda putra, Aaron Chia/Soh Wooi Yik, untuk menyabet medali perunggu Olimpiade Tokyo 2020.

Baca Juga

Hengkangnya Flandy Limpele tentu meninggalkan sejumlah pekerjaan rumah yang besar bagi BAM untuk mencari penggantinya.

Legenda bulutangkis Malaysia sekaligus mantan ganda putra ranking 1 dunia, Razif Sidek, memberikan sekelumit saran dan kriteria penting bagi BAM jika ingin mencari pengganti Flandy Limpele.

Peraih medali perunggu Olimpiade Barcelona 1992 itu menyarankan agar BAM merekrut pelatih yang memiliki kemampuan individu yang baik.

Baca Juga

Selain itu, menurut Razif Sidek, sosok pelatih baru pengganti Flandy Limpele, diharapkan bisa mengenali budaya bulutangkis di Malaysia dengan baik.

Menurut penuturan Razif Sidek yang dilansir dari laman Sinar Harian, dua kriteria itu sangat penting, agar ganda putra Malaysia bisa mengikuti teknik latihan yang diterapkan oleh Direktur Teknik.


1. Saran Penting Razif Sidek

Razif Sidek mengharapkan bahwa pelatih lokal Malaysia diberikan kesempatan besar untuk mengabdikan ilmunya di pelatnas BAM.

Catatan penting lainnya, Razif Sidek tidak mempermasalahkan, apakah pengganti Flandy Limpele nantinya berasal dari Malaysia ataupun dari luar negeri.

“Menurut saya, tidak masalah jika BAM ingin menunjuk pelatih ganda putra ini dari kalangan lokal atau luar. Yang penting, pelatih harus memahami budaya bulutangkis negara kita,” kata Razif Sidek melansir Sinar Harian.

Baca Juga

“Tidak masalah, apakah pelatihnya bagus dalam hal apapun, jika dia tidak memahami budaya yang kami mainkan, kualitas pemain yang kami miliki saat ini, saya pikir pada akhirnya kami akan kalah,” sambungnya.

Sementara itu, Razif Sidek juga menyarankan agar BAM menunjuk asisten pelatih dari kalangan lokal seandainya masih ingin mendatangkan pelatih dari luar negeri.

Dalam penjelasannya, aksi tersebut dipandang dapat membantu lebih banyak lagi lahirnya talenta-talenta baru di bidang kepelatihan, sehingga mampu membantu perkembangan bulutangkis Malaysia.

Baca Juga

“Karena dari apa yang saya lihat saat ini, kami sebenarnya tidak kekurangan pelatih lokal, hanya saja mereka tidak diberi banyak ekposur,” ungkap Razif Sidek.

“Jadi saya sarankan, jika BAM ingin merekrut pelatih kepala dari luar, mereka harus memastikan bahwa asisten itu dibutuhkan di antara penduduk setempat.”

“Sehingga mereka bisa belajar dan mendapatkan lebih banyak pengetahuan (tentang pelatihan bulutangkis),” sambung Razif Sidek.

Baca Juga

Lebih lanjut, dengan hengkangnya Flandy Limpele, Razif Sidek mengharapkan jika itu bisa menjadi peluang bagi pelatih lokal Malaysia untuk mengabdikan ilmunya di pelatnas BAM.

“Karena jika (pelatih lokal) tidak diberi ekspos, kami akan selalu bergantung pada energy luar, padahal kami memiliki mantan pemain yang mampu bersinar di bidang pelatihan,” pungkasnya.


2. Flandy Limpele Tinggalkan Skuat Emas untuk Malaysia

Flandy Limpele meninggalkan sektor ganda putra Malaysia yang sedang membuat kemajuan.

Terlepas dari saran Razif Sidek jika BAM ingin mencari pengganti Flandy Limpele, ada fakta menarik lainnya ketika pelatih asal Indonesia itu meninggalkan warisan skuat emas di Malaysia.

Media Malaysia, The Star, mengklaim bahwa keputusan Flandy Limpele hengkang dari BAM sangat tidak masuk akal. Pasalnya, dia meninggalkan sektor ganda putra Malaysia yang sedang membuat kemajuan.

“Ini mungkin tidak masuk akal, tetapi pelatih ganda putra Flandi Limpele percaya waktu keputusannya untuk pergi ketika ganda putra sedang membuat kemajuan, adalah hal yang tepat untuk dilakukan,” demikian tulis The Star dalam berita yang dirilis hari ini, Selasa (29/03/22).

Flandy Limpele mundur memang hanya berselang satu hari setelah anak didiknya, Goh Sze Fei/Nur Izzuddin Rumsani, mencapai babak final Swiss Open 2022.

Baca selengkapnya: Media Malaysia: Flandy Limpele Tinggalkan Warisan ‘Emas’ untuk Bulutangkis Negeri Jiran

 

Flandy LimpeleBulutangkisAsosiasi Bulutangkis Malaysia (BAM)Berita BulutangkisRazif Sidek

Berita Terkini