x

Jelang Piala Thomas 2022, Legenda Malaysia Sarankan Sosok Ini Jadi Pengganti Peran Flandy Limpele

Senin, 4 April 2022 18:55 WIB
Penulis: Miranti | Editor: Indra Citra Sena
Jelang Piala Thomas 2022, legenda bulutangkis, Roslin Hashim, sarankan sosok ini untuk sementara jadi pelatih ganda putra Malaysia pengganti Flandy Limpele.

INDOSPORT.COM – Jelang Piala Thomas 2022, legenda bulutangkis, Roslin Hashim, sarankan sosok ini untuk sementara jadi pelatih ganda putra Malaysia pengganti Flandy Limpele.

Perlu diketahui, terhitung sejak Jumat (01/04/22), Flandy Limpele tidak lagi menjadi pelatih ganda putra di pelatnas Asosiasi Bulutangkis Malaysia (BAM) yang diemban sejak Juli 2020.

Baca Juga

Pria kelahiran Manado, 9 Februari 1974 tersebut memutuskan hengkang dari BAM untuk menangani sektor ganda campuran di Pelatnas Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI), di Cipayung.

Tentu saja kemunduran Flandy Limpele dari BAM cukup mengejutkan. Pasalnya, dia memiliki rekam jejak yang cukup bagus dalam membangkitkan level ganda putra Malaysia dalam setahun terakhir.

Bahkan terakhir, Flandy Limpele menjadi salah satu pengantar kesuksesan ganda putra, Aaron Chia/Soh Wooi Yik, untuk menyabet medali perunggu Olimpiade Tokyo 2020.

Baca Juga

Hengkangnya Flandy Limpele tentu meninggalkan sejumlah pekerjaan rumah yang besar bagi BAM untuk mencari penggantinya.

Terlebih bakal ada perhelatan besar yang menjadi salah satu target penting bagi BAM yaitu kejuaraan bereguPiala Thomas-Uber 2022.

Kejuaraan bulutangkis beregu putra dan putri tersebut bakal dihelat sebulan lagi, yaitu pada 8-15 Mei 2022 di Krung Thep Maha Nakhon (Bangkok), Thailand.

Baca Juga

Untuk itulah, legenda bulutangkis Malaysia sekaligus mantan tunggal putra ranking 1 dunia, Roslin Hashim, memiliki saran, terkhusus tim Piala Thomas 2022 memiliki pengganti Flandy Limpele.

 Roslin Hashim menyarankan agar Direktur Kepelatihan Sektor Ganda BAM saat ini, Rexy Mainaky, bisa menggantikan sementara posisi yang ditinggalkan Flandy Limpele. Hal itu karena beberapa alasan.


1. Alasan di Balik Saran Roslin Hashim

Roslin Hashim sarankan agar Rexy Mainaky mengambil alih sementara jabatan yang ditinggalkan Flandy Limpele di BAM.

Melansir laman Sinar Harian, Roslin Hashim mengatakan, akan sulit bagi BAM apabila mencari kandidat pengganti Flandy Limpele untuk posisi kepala pelatih ganda putra BAM.

Hal itu lantaran jarak turnamen Piala Thomas-Uber 2022 tinggal sebentar lagi. Selain itu, Roslin Hashim juga yakin bahwa Rexy Mainaky bisa mengemban tugas tersebut.

Baca Juga

“Dalam waktu kurang dari sebulan (pelaksanaan Piala Thomas –Uber 2022), saya pikir bukan hal yang mudah bagi BAM untuk mencari kandidat yang cocok untuk menggantikan Flandy,” ucap Roslin Hashim.

“Karena banyak aspek yang perlu dicermati, termasuk apakah pelatih benar-benar memahami budaya bulutangkis di negara kita,” sambung Roslin Hashim.

“Jadi saya ingat, BAM harus menunjuk Rexy sebagai pelatih kepala sementara ganda putra untuk persiapan turnamen Piala Thomas 2022,” sambungnya lagi.

Baca Juga

Dalam keterangannya, Roslin Hashim juga yakin bahwa Rexy Mainaky sudah cukup tahu budaya bulutangkis yang ada di Malaysia. Terlebih dengan pengalamannya melatih selama ini.

“Dia (Rexy) bukan individu baru di kancah bulutangkis nasional (Malaysia). Menurut saya, dia sudah cukup memahami budaya bulutangkis yang akan membantu meningkatkan performa ganda nasional jelang turnamen,” jelas Roslin Hashim.

Bersamaan dengan pernyataannya, Roslin Hashim juga memiliki saran agar BAM bisa menarik ganda putra independen, Ong Yew Sin/Teo Ee Yi di dalam skuat nasional Piala Thomas 2022.

Baca Juga

“Kalau demi keamanan divisi ganda putra nasional, saya kira BAM harus memasukkan nama Ong Yew Sin/Teo Ee Yi di tim Piala Thomas 2022,” saran Roslin Hashim.

“Karena saat ini, kita hanya memiliki 3 pasangan senior, yaitu Aaron Chia/Soh Wooi Yik, Goh Sze Fei/Nur Izzuddin, dan Man Wei Chong/Kai Wun Tee yang saya dengar mungkin akan ke Sea Games 2021.”

“Jadi dengan adanya Ong Yew Sin/Teo Ee Yi, saya lihat bisa membantu memperkuat divisi ganda putra tanah air. Lagipula ganda putra kedua adalah poin yang kadang sangat penting dalam turnamen tim,” pungkasnya.


2. Legenda Malaysia Sarankan Kriteria Penting Pengganti Flandy Limpele di BAM

Legenda bulutangkis Malaysia, Razif Sidek, memberikan sekelumit saran dan kriteria penting bagi BAM jika ingin mencari pengganti Flandy Limpele.

Sebelum Roslin Hashim menyarankan agar Rexy Mainaky gantikan sementara posisi Flandy Limpele di BAM jelang Piala Thomas 2022, legenda Razif Sidek pernah menyarankan kriteria penting.

Legenda bulutangkis Malaysia sekaligus mantan ganda putra ranking 1 dunia, Razif Sidek, memberikan sekelumit saran dan kriteria penting bagi BAM jika ingin mencari pengganti Flandy Limpele.

Dilansir dari Sinar Harian, peraih medali perunggu Olimpiade Barcelona 1992 itu menyarankan agar BAM merekrut pelatih yang memiliki kemampuan individu yang baik.

“Menurut saya, tidak masalah jika BAM ingin menunjuk pelatih ganda putra ini dari kalangan lokal atau luar. Yang penting, pelatih harus memahami budaya bulutangkis negara kita,” kata Razif Sidek.

“Tidak masalah, apakah pelatihnya bagus dalam hal apapun, jika dia tidak memahami budaya yang kami mainkan, kualitas pemain yang kami miliki saat ini, saya pikir pada akhirnya kami akan kalah,” sambungnya.

Baca selengkapnya: BAM Cari Pengganti Flandy Limpele, Legenda Malaysia Langsung Sarankan Kriteria Penting

Piala ThomasRexy MainakyFlandy LimpeleBulutangkisAsosiasi Bulutangkis Malaysia (BAM)Berita BulutangkisRoslin Hashim

Berita Terkini