x

Legenda Bulutangkis Malaysia Dukung Lee Chong Wei Berkarier di Luar Negeri

Rabu, 6 April 2022 05:29 WIB
Penulis: Miranti | Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
Legenda bulutangkis Malaysia, Misbun Sidek, dukung mantan anak didiknya, Lee Chong Wei, yang dikabarkan mendapatkan tawaran sebagai pelatih di luar negeri.

INDOSPORT.COM - Legenda bulutangkis Malaysia, Misbun Sidek, dukung mantan anak didiknya, Lee Chong Wei, yang dikabarkan mendapatkan tawaran sebagai pelatih di luar negeri.

Pelatih bulutangkis legendaris Malaysia, Misbun Sidek, adalah sosok yang berhasil menelurkan tunggal putra top dunia, Lee Chong Wei.

Baca Juga

Berkat campur tangannya, Lee Chong Wei pernah menjadi tunggal putra peringkat satu dunia selama 349 hari dengan beragam gelar.

Salah satu keberhasilan Misbun Sidek adalah kala mengantarkan Lee Chong Wei menyabet medali perak di Olimpiade Beijing 2008.

Sayangnya, Lee Chong Wei harus pensiun pada 13 Juni 2019 lalu lantaran menderita kanker hidung. Sejak itu, Lee Chong Wei mengaku telah mendapatkan tawaran melatih.

Baca Juga

Melansir dari New Straits Time, Lee Chong Wei telah mendapatkan tawaran kepelatihan di beberapa negara Asia untuk menjadi pelatih bulutangkis nasional di sana.

Hanya saja, Lee Chong Wei belum memutuskan apapun karena sampai saat ini dia belum berdikusi dengan berbagai pihak, termasuk keluarganya.

Sebagai mantan pelatih Lee Chong Wei, Misbun Sidek mendukung karier Lee Chong Wei di luar negeri. Tetapi dia menyarankan Lee Chong Wei memulai karier kepelatihannya dengan menjadi penasihat.

Baca Juga

“Dia bisa menjadi seorang untuk menganalisis permainan dan membangun portofolio. Dia bisa mengambil alih dari semua sisi," ucap Misbun Sidek melansir Stadium Astro.

"(Semua sisi yang dimaksud adalah) mulai dari teknis, taktis, mental dan fisik, itu semua membutuhkan banyak pengalaman,” sambungnya.  


1. Misbun Sidek Beri Nasihat Untuk Lee Chong Wei

Misbun Sidek usulkan agar Lee Chong Wei memulai karier menjadi seorang penasihat teknis bulutangkis.

Saran yang diusulkan Misbun Sidek untuk Lee Chong Wei bukanlah tanpa alasan. Berkarier di dunia kepelatihan, utamanya bulutangkis, butuh waktu yang tidak instan.

“Untuk mencapai tingkat menengah kepelatihan, tentu juga akan memakan waktu. Untuk saat ini, saya melihatnya sebagai penasihat atau penganalisis,” ucap Misbun Sidek.

Baca Juga

“Dia (Lee Chong Wei) adalah pemain yang hebat dan memiliki analisis yang baik (jadi Lee Chong Wei dirasa cocok jadi penasihat),” sambung Misbun SIdek.

Namun, bisa menjadi kerugian besar bagi Asosiasi Bulutangkis Malaysia (BAM) seandainya Lee Chong Wei benar-benar menerima pinangan negara lain untuk melatih.

Karena tak bisa dihapus dari sejarah, kemampuan dan prestasi Lee Chong Wei, menjadikan sosoknya sebagai panutan para pebulutangkis muda di Malaysia.

Baca Juga

Melihat dari sisi tersebut,  Misbun Sidek memilih sikap bijak dalam menentukan usulan untuk mantan muridnya, Lee Chong Wei.

“Jika di sini (Malaysia), orang akan melihat latar belakangnya dan membandingkannya dengan pelatih lain di sini,” pendapat Misbun Sidek.

“Sedangkan, jika dia pergi ke luar negeri, dia mendapatkan rasa hormat dan kepercayaan diri untuk melakukan pekerjaan itu. Seperti yang dilakukan oleh pelatih-pelatih Indonesia di sini.”

Baca Juga

“Begitu dia bisa mendapatkan rasa hormat, dia bisa maju dari sana (untuk berlanjut menjadi seorang pelatih bulutangkis),” pungkas Misbun Sidek.

Terlepas dari apapun, semua keputusan ada di tangan Lee Chong Wei. Namun saat ini, dilansir New Straits Time,  Singapura menjadi negara yang paling berminat mendatangkan Lee Chong Wei.


2. Singapura Sudah Lama Cari Pelatih Baru

Asosiasi Bulutangkis Singapura (SBA) menjadi salah satu negara yang berminat mendatangkan Lee Chong Wei sebagai pelatih nasional mereka.

Terlepas dari saran Misbun Sidek untuk Lee Chong Wei, ada fakta menarik lainnya. Termasuk soal Singapura yang paling tertarik merekrut Lee Chong Wei,

Asosiasi Bulutangkis Singapura (SBA) telah lama membuka lowongan di media sosial. Lowongan kerja yang dibuka adalah pelatih tunggal putra yang sebelumnya ditempati Mulyo Handoyo.

SBA memberikan kesempatan bagi siapapun yang memenuhi kriteria, untuk bisa bekerjasama melanjutkan program yang sebelumnya telah berjalan di bawah Kepala Pelatih Nasional Lama, Mulyo Handoyo.

Jadi  Siapapun yang terpilih sebagai Pelatih Kepala Tunggal Nasional di Singapura, akan bertanggung jawab atas segala kepemimpinan program sektor tunggal bulutangkis di sana.

Meski tanggung jawabnya terbilang berat, namun SBA menjanjikan gaji yang tak main-main. Pelatih Kepala Tunggal Nasional bakal gaji S$7000-S$12.000 atau sekitar 74 juta sampai 128 juta per bulan.

Baca selengkapnya: Cari Pelatih Baru, Asoasiasi Bultuangkis Singapura Buka Lowongan di Medsos

Lee Chong WeiMisbun SidekBulutangkisBerita Bulutangkis

Berita Terkini