x

Hasil Korea Open 2022: Dibungkam Pasangan Malaysia, Rinov/Pitha Gagal Melaju ke Final

Sabtu, 9 April 2022 10:12 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Isman Fadil
Hasil pertandingan babak semifinal Korea Open 2022 antara Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari melawan wakil Malaysia, Tan Kian Meing/Lai Pei Jing. Foto: PBSI

INDOSPORT.COM – Berikut ini hasil pertandingan babak semifinal Korea Open 2022 antara Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari melawan wakil Malaysia, Tan Kian Meing/Lai Pei Jing, Sabtu  (09/04/22).

Bertanding di Palma Indoor Stadium, Suncheon, Korea Selatan, unggulan keenam, Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari sukses menang comeback atas pasangan Malaysia, Tan Kian Meing/Lai Pei Jing.

Rinov/Pitha  gagal melaju ke babak final usai dikalahkan Kian Meng/Pei Jing lewat permainan straight gim yang cukup alot dengan skor akhir 13-21, 20-22 dengan durasi 47menit.

Baca Juga

Rinov/Pitha terlihat sedikit terkejut dengan permainan lawan yang mulai menekan sejak menit awal. Mereka pun langsng kecolongan lima angka beruntun membuat kedudukan jadi 1-6.

Reli panjang terjadi dengan Rinov beberapa kali melakukan smash keras untuk menggempur pertahanan Tan/Lai. Satu poin berhasil mereka raih untuk memperkecil kedudukan jadi 3-6.

Hanya saja Tan/Lai kembali merebut kendali permainan di laga tersebut. Komunikasi yang kurang antara Rinov/Pitha juga berkontribusi pada ketertinggalan mereka dari Malaysia.

Baca Juga

Perlahan-lahan, permainan Rinov/Pitha mulai in. Reli panjang 25 pukulan berakhir dengan satu poin tambahan untuk Rinov/Pitha menjadi 7-8.

Tan/Lai melakukan smash keras untuk membalikkan kedudukan jadi 9-10 setelah sempat diimbangi Rinov/Pitha.

Sebuah pukulan menukik Pitha yang gagal menyebrang membaut Tan Kian Meng/Lai Pei Jing mengunci interval gim pertama dengan keunggulan 9-11.

Setelah jeda, Rinov/Pitha masih berusaha mengejar ketinggalan. Serangan-serangan agresif mampu mereka ciptakan meski belum mampu mendulang poin.

Baca Juga

Pukulan smash Rinov yang melebar memberi keuntungan untuk Tan/Lai, menjadi 13-15. Pukulan Mentari mampu diantisipasi lawan membuat jarak skor kian melebar.

Rinov/Pitha tampak mulai tertekan dengan perlawanan lawan yang memang punya postur tubuh lebih tinggi. Rinov melakukan kesalahan lagi membuat Tan/Lai mencapai gimpoin dengan mudah 13-20.


1. Pertarungan Mulai Sengit

Tan Kian Meng/Lai Pei jing lolos ke final Korea Open 2022 usai mengalahkan Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari

Smash keras Tan Kian Meng yang sulit dikembalikan Pitha membuat pasangan Malaysia itu mengunci set pertama dengan kemenangan 13-21.

Berlanjut di gim kedua, Rinov/Pitha tampak tertekan dengan permainan pasangan Malaysia. Mereka melakukan kesalahan-kesalahan yang membuat kecolongan lima angka beruntun.

Baca Juga

Kedudukan Rinov/Pitha tertinggal 1-6, dan sebuah pukulan menyilang membuat mereka berhasil menambah angka. Perlahan, permainan Rinov/Pitha mulai membalik.

Kini mereka mampu mempersempit jarak skor menjadi 6-8. Rinov/Pitha terlihat mengendalikan permainan dan sebuah pukulan keras Rinov membuat kedudukan kini sama kuat 9-9.

Pada kedudukan 10-10, pukulan Pitha melebar cukup jauh dari lapangan. Alhasil, keunggulan di interval kedua kembali direbut oleh pasangan Malaysia.

Baca Juga

Usai jeda, Rinov/Pitha berusaha mengejar ketinggalan. Mereka kembali mampu menyamakan keduudkan menjadi 13-13 berkat kombinasi smash dan dropshot Rinov yang gagal dikembalikan Pei Jing.

Di angka 13-14, Pitha meminta break sejenak untuk perawatan medis karena merasa ada masalah pada bagian paha kirinya. Untungnya, masalah pahanya itu tak membuat permainan Pitha  mengendor.

Mereka kembali mampu mengimbangi permainan pasangan Malaysia dan membalikkan kedudukan jadi 16-14 berkat antisipasi yang baik dari Pitha.

Baca Juga

Kejar-kejaran skor terjadi dengan ketat. Rinov/Pitha memanfaatkan momen lengah pasangan Malaysia yang mulai kerap melakukan kesalahan sendiri.

Rinov/Pitha yang masih mempertahankan keunggulan 19-17 dibuat kesulitan untuk bisa mencapai gamepoint. Reli panjang dengan 62 pukulan terjadi, yang akhirnya berbuah poin untuk pasangan Malaysia.


2. Rinov/Pitha Tersingkir dari Korea Open

Pasangan ganda campuran Indonesia, Rinov Rivaldy dan Pitha Haningtyas Mentari di Korea Open 2022. Foto: PBSI

Pitha mencegat pukulan Malaysia di depan net dan mengembalikannya dengan cepat untuk memastikan tiba di game poin. Sayangnya, Malaysia dengan cepat menyamakan kedudukan.

Deuce 20-20 pun terjadi, Rinov/Pitha sejatinya mampu bertahan dengan baik untuk mencoba mengejar Namun Rinov tampaknya hilang kesabaran di detik-detik akhir.

Pukulan smash Rinov yang melebar memastikan kemenangan Tan Kian Meng/Lai Pei Jing di set kedua dengan skor 20-22.

Hasil ini membuat perjuangan Rinov/Pitha harus terhenti di babak semifinal, sedangkan Tan Kian Meng/Lai Pei Jing memastikan tiket ke babak final Korea Open.

Pasangan Malaysia tersebut harus menunggu lawan berikutnya, yakni pemenang antara sesama wakil tuan rumah Kim Won Ho/Jong Na-eun atau Kim Sung-hyun/Eom Hye-won, untuk berjumpa di partai final Korea Open 2022 yang akan berlangsung Minggu (10/04/22) besok.

MalaysiaHasil PertandinganBulutangkisRinov Rivaldy/Pitha HaningtyasBerita BulutangkisTan Kian Meng/Lai Pei JingKorea Open 2022

Berita Terkini