x

Prediksi Ranking BWF Pasca Korea Open 2022: Fajar/Alfian Kudeta Peraih Perunggu Olimpiade

Senin, 11 April 2022 14:51 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Indra Citra Sena
Prediksi Ranking BWF Pasca Korea Open 2022: Fajar/Alfian Kudeta Peraih Perunggu Olimpiade. Foto: PBSI

INDOSPORT.COM – Berikut ini prediksi ranking BWF pasca-turnamen Korea Open 2022, di mana ganda putra Indonesia Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto berhasil menggusur peraih perunggu Olimpiade Tokyo asal Malaysia.

Turnamen Super 500 Korea Open 2022 baru saja selesai dilangsungkan. Partai final digelar pada Minggu (10/04/22) kemarin, dengan Indonesia harus pulang tanpa satu pun gelar.

Baca Juga

Pada ajang ini, Indonesia berhasil meloloskan dua wakilnya ke babak final, yakni tunggal putra Jonatan Christie dan ganda putra Fajar Alfian/Rian Ardianto.

Sayangnya, kedua wakil tersebut gagal memenuhi harapan untuk mendulang trofi menyusul kesuksesan mereka menjuarai Swiss Open 2022 bulan lalu.

Jonatan Christie dikalahkan pebulutangkis muda asal China Weng Hong Yang 21-12, 19-21, 15-21 di partai final kemarin. 

Jojo sejatinya unggul di gim pertama. Namun sayang, sejumlah kesalahan dan strategi Weng Hong Yang yang disebut sebagai titisan Lin Dan itu tak mampu dibendung oleh Jojo di gim kedua dan ketiga.

Baca Juga

Hasil ini juga membuat Jojo gagal mencetak rekor individu, yakni gagal meraih juara di ajang BWF World Tour level Super 500 pertama dalam kariernya.

Sementara, Fajar/Rian kalah di final Korea Open 2022 dari pasangan tuan rumah, Kang Min Hyuk/Seo Seung Jae dengan rubber gim 21-19, 15-21 dan 18-21, Minggu (10/04/22).

Hasil ini membuat Fajar/Rian gagal mempertahankan gelar juara yang mereka raih pada edisi 2019. Edisi 2020 dan 2021 ditiadakan karena pandemi COVID-19.

Selain itu, Korea Open menjadi akhir perjalanan panjang Fajar/Rian di awal tahun 2022. Total sudah empat turnamen beruntun diikuti pasangan ini dalam kurun waktu satu setengah bulan.

Baca Juga

Adapun turnamen yang diikuti tersebut adalah Jerman Open (16 besar), All England (32 besar), Swiss Open (juara), dan Korea Open (runner up). 

Meski gagal membawa pulang gelar juara, namun perjuangan keduanya dan wakil Indonesia lainnya di Korea Open patur diapresiasi. Terlebih, dengan bertambahnya poin mereka di daftar ranking dunia versi BWF.


1. Prediksi Rankig BWF

Pebulutangkis tunggal putra Indonesia, Jonatan Christie di Korea Open 2022. Foto: PBSI

Berdasarkan informasi dari @badmintalk_com, ranking di sektor tunggal putra tak banyak perubahan. Jonatan diprediksi masih menempati peringkat 8 dunia. Akan tetapi berkat keberhasilannya mencapai final Korea Open, total poinnya bertambah menjadi  79.247 poin.

Pundi-pundi poinnya tersebut semakin mendekati raihan Lee Zii Jia. Tunggal putra nomor 1 Malaysia tersebut unggul satu peringkat dari Jonatan dengan tabungan 81.164 atau selisih 1.917 angka saja.

Baca Juga

Jonatan pun diharapkan bisa memperbaiki kesalahan-kesalahannya saat tampil di final Korea Open untuk bisa bangkit lagi di turnamen berikutnya.

Jika Jonatan mampu tampil kembali konsisten, bukan tidak mungkin dirinya bisa mendepak jawara All England 2021 itu dari posisi tujuh di ranking BWF.

Sementara pada sektor ganda putra, posisi lima besar juga tidak mengalami perubahan apa pun.

Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan yang terhenti di babak semifinal Korea Open 2022 masih menempati posisi kedua, di belakang rekan senegaranya Kevin Sanjaya/Marcus Gideon.

Baca Juga

Hanya saja, The Daddies mendapatkan tambahan poin menjadi 104.130, sehingga mereka kini hanya berjarak 7,697 dari The Minions yang mengoleksi 111.827 poin.

Sedangkan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto justru mendapatkan berkah dengan berhasil menggusur ganda putra no.1 Malaysia, Aaron Chia/Soh Wooi Yik, di posisi kedelapan.

Fajar/Rian yang menjadi runner-up di Korea Open 2022 naik satu tangga dengan raihan poin 78.064, unggul 833 angka saja dari Aaron/Soh.

Semifinalis Korea Open 2022 lainnya dari Indonesia, Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri sukses menggurus rekannya Pramudya Kusuma Wardana/Yeremia Erich Rambitan di posisi ke-20.

Baca Juga

Bagas/Fikri yang menjadi juara di All England Maret lalu kini mengoleksi 56.702 poin, unggul 2.305 angka dari Pram/Yere. Sementara Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin naik satu tangga di peringkat ke24 dengan raihan 50.267.

Sekedar informasi, poin turnamen-turnamen yang lama masih dibekukan saat ini dan belum kadaluwarsa. BWF sendiri telah mengumumkan akan mulai mencairkan poin ranking pada bulan Agustus 2022.

Sebelumnya, setelah All England 2020, BWF sepakat membekukan ranking para atlet yang mengakibatkan poin ranking sejak Maret 2019 masih belum hilang hingga saat ini.

Berikut ini prediksi lengkap ranking BWF Pasca-Korea Open 2022:


2. Fajar/Rian Ungkap Penyebab Gagal Juara di Korea Open 2022

Fajar Alfian dan Muhammad Rian Ardianto runner up Korea Open 2022. Foto: PBSI

Ganda putra Indonesia, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, raih posisi runner-up di ajang bulutangkis Korea Open 2022. Keduanya gagal mempertahankan gelar juara yang diraih pada 2019 lalu.

Rian mengatakan mereka kalah strategi bola depan. Stamina dan ketenangan juga jadi kekurangan yang harus diperbaiki. 

"Kami akan terus memperbaiki apa yang kurang dan pastinya semangat terus. Terutama di stamina, fisik dan ketenangan," ungkap Rian.

"Di pertandingan hari ini kami bola depannya kalah ya, itu salah satu yang harus diperbaiki kalau ketemu mereka lagi," imbuh Rian.

Baca selengkapnya: Gagal Pertahankan Gelar Korea Open 2022, Fajar/Rian Ungkap Penyebab Kekalahan

BWFIndonesiaJonatan ChristieFajar Alfian/Muhammad Rian ArdiantoBulutangkisBerita BulutangkisKorea Open 2022

Berita Terkini