x

Tak Gentar dengan Sinar Wakil Indonesia, 2 Pebulutangkis Filipina Punya Misi Tersembunyi di BAC

Senin, 25 April 2022 14:45 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Isman Fadil
Dua pebulutangkis muda Filipina mengungkapkan misi tersembunyi selama bertanding di Badminton Asia Championships 2022.

INDOSPORT.COM – Dua pebulutangkis muda Filipina mengungkapkan misi tersembunyi selama bertanding di Badminton Asia Championships yang juga diikuti pemain papan atas dunia, termasuk dari Indonesia.

Badminton Asia Championships 2022 akan dimulai besok Selasa, 26 April sampai 1 Mei 2022 mendatang. Ajang ini akan dilangsungkan di Muntinglupa Sports Center di Muntinglupa.

Baca Juga

Filipina yang bertindak sebagai tuan rumah mengandalkan dua pemain mudanya yang akan turun di nomor tunggal putra dan putri, yakni Jewel Angelo Albo dan De Guzman Mikaela Joy.

Ini akan menjadi turnamen perdana Jewel Albo dan Mika de Guzman setelah lebih dari dua tahun tanpa kompetisi. Tentunya, mereka memanfaatkan peluang mereka sebaik mungkin di ajang ini.

“Kami juga sudah lama tidak bermain. Dua tahun, jadi kami ingin berlama-lama di kompetisi ini,” Albo, dilansir dari Malaya.com.ph.

Baca Juga

De Guzman menggemakan pernyataan Albo dengan mengatakan, “Kami sudah lama tidak bermain jadi kami ingin memanfaatkan peluang kami sebaik mungkin di turnamen ini.”

Meski demikian, Jewel Albo dan De Guzman lebih dulu memainkan babak kualifikasi di nomor tunggal putra dan putri. Mereka harus memenangkan dua pertandingan untuk bisa menembus babak utama.

Secara terpisah, pelatih bulutangkis Filipina dari Malaysia Rozman Razak mengaku hanya ingin bersikap realistis terkait peluang anak didiknya meraih gelar juara di rumah sendiri.

Baca Juga

Pasalnya, 12 dari 20 pemain teratas di dunia bersaing di sektor tunggal putra, sementara 11 dari pemain wanita teratas dunia.

Salah satu pemain tunggal putra yang bakal mencuri perhatian di Badminton Asia Championships yakni andalan Indonesia, Anthony Sinisuka Ginting.


1. Indonesia, Saingan Berat Filipina di BAC 2022

Penyerahan medali emas kepada kontingen bulutangkis Indonesia pada Final SEA Games Filipina 2019, Rabu (04/12/19).

Dipahami, Ginting memang pernah menunjukkan sinarnya di Muntinglupa saat meraih medali emas dalam dua ajang berbeda.

Tunggal putra nomor lima dunia tersebut berhasil membawa Indonesia meraih podium tertinggi di ajang nomor SEA Games 2019 dan Badminton Asia Team Championships 2020.

Baca Juga

Tak hanya Anthony Ginting, tiga rekan senegaranya juga punya peluang yang sama untuk meraih gelar pekan ini. Yakni, Chico Aura Dwi Wardoyo, Jonatan Christie, dan Shesar Hiren Rhustavito.

“Secara realistis, pemain bulu tangkis kami memulai dari nol tetapi mereka membutuhkan eksposur seperti ini; ini penting bagi mereka karena potensi mereka yang besar untuk berkembang,” kata Razak.

Baca Juga

Dengan anak didiknya mengikuti Badminton Asia Champioships, ini juga jadi bahan mematangkan skuat timnas yang akan bertanding di SEA Games di Hanoi, Vietna, pada 12 Mei mendatang.

Hal serupa juga diungkapkan oleh wakil presiden Asosiasi Bulutangkis Filipina, Jude Torquato, di mana ini jadi alasan mereka setuju menjadi tuan rummah BAC 2022 yang diikuti 276 pemain dari 18 negara se-Asia itu.

Baca Juga

“Kami ingin para pemain kami bersaing dengan yang terbaik dan ini adalah awal dari perjalanan mereka naik peringkat bulu tangkis dunia,” kata Torquato.


2. Anthony Ginting Mau Bangkit di BAC 2022

Anthony Ginting kalah dari Chen Long

Anthony Sinisuka Ginting berusaha memperbaiki perfomanya yang merosot tajam dalam beberapa bulan terakhir saat mentas di ajang Badminton Asia Championships 2022.

Penampilan Anthony Sinisuka Ginting dalam beberapa turnamen terakhir terbilang jeblok. Di turnamen terakhir pada ajang Korea Open 2022, dia bahkan langsung tersingkir di babak 32 besar.

Anthony Ginting saat itu dikalahkan oleh pemain yang sama sekali tidak diunggulkan yaitu Lucas Claerbout dari Prancis. Tak ayal, sorotan hingga kritikan pun santer ditujukan padanya.

“Semua pemain pastinya mau juara di sini (Badminton Asia Championships), apalagi poinnya besar setara Super 1000,” ujar Anthony Ginting dalam Konferensi Pers Kejuaraan Asia 2022 di Hotel Crimson, Manila, Filipina, Minggu (24/04/22), yang dinukil dari rilis PBSI.

“Saya ingin menampilkan permainan terbaik dari pertandingan pertama, kedua dan seterusnya.”

“Saya mau cari momentum untuk bangkit, cari percaya dirinya lagi setelah performa yang kurang bagus di beberapa turnamen terakhir,” katanya.

Baca Selengkapnya: Siap Tempur di Badminton Asia Championships, Anthony Ginting: Misi untuk Bangkit

IndonesiaAnthony Sinisuka GintingFilipinaBulutangkisBerita BulutangkisBadminton Asia Championships 2022

Berita Terkini