x

Berangkat ke Thailand, Tim Thomas-Uber Indonesia Bertekad Pertahankan Gelar dan Uji Kekuatan

Selasa, 3 Mei 2022 18:00 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Prio Hari Kristanto
Tim bulutangkis Indonesia telah berangkat ke Thailand, Senin (02/05/22) malam untuk berpartisipasi di Piala Thomas-Uber 2022, dan ini target mereka.

INDOSPORT.COM - Tim bulutangkis Indonesia telah berangkat ke Thailand, Senin (02/05/22) malam untuk berpartisipasi di Piala Thomas-Uber 2022. Kejuaraan beregu itu berlangsung dari tanggal 8-15 Mei mendatang.

Skuad Merah Putih punya misi besar yaitu mempertahankan Piala Thomas dan menguji kemampuan di Piala Uber.

Baca Juga

Manajer tim Thomas-Uber, Hendro Santoso, menyampaikan, tim Indonesia sempat transit di Manila, Filipina lalu bertolak menuju Bangkok pada Selasa pagi pukul 08.55 waktu setempat.

Tim memilih transit di Manila untuk menjemput sejumlah atlet yang sebelumnya bertanding di Kejuaraan Asia.

"Kami memilih terbang ke Manila dulu semata-mata untuk menjemput para pemain Indonesia yang sebelumnya tampil di Kejuaraan Asia. Jadi, nanti tim dari Jakarta akan bergabung dengan pemain yang tampil di Kejuaraan Asia," kata Hendro Santoso.

Baca Juga

"Dengan begitu, tim Thomas dan Uber Indonesia datang ke Thailand secara bersama-sama dalam satu rombongan besar. Hal ini kami pilih demi tetap menjaga kebersamaan dan kekompakan tim Thomas dan Uber," imbuhnya.

Atlet andalan tim Thomas di antaranya Anthony Sinisuka Ginting, Jonatan Christie, Shesar Hiren Rhustavito, Hendra Setiawan, Mohammad Ahsan, Fajar Alfian, M. Rian Ardianto, Bagas Maulana, hingga M. Shohibul Fikri.

Hendro Santoso mengatakan, kekuatan utama tim Indonesia di Piala Thomas-Uber adalah kekompakan. Diharapkan hal itu bisa membuat tim Merah Putih pertahankan gelar Piala Thomas dan berbicara banyak di Piala Uber.

Baca Juga

"Kita tahu faktor kebersamaan dan kekompakan selama ini selalu menjadi keunggulan Indonesia di ajang beregu," tutur Hendro.


1. Pemain Bersemangat

Pelepasan Timnas U-23 ke SEA Games 2021 oleh NOC Indonesia

Kendati beberapa atlet masih dalam suasana Hari Raya Idulfitri 1 Syawal 1443 Hijriah, hal itu tak pengaruhi semangat mereka.

"Saya lihat semua pemain bersemangat untuk berangkat. Kondisi ini tentu sangat positif untuk menghadapi kejuaraan Thomas-Uber nanti," jelas Hendro.

Baca Juga

"Ya tadi pagi saya sempat berlebaran di rumah di Tangerang. Sekarang saya siap mengemban tugas pada Piala Uber. Semoga ada berkah di Hari Lebaran ini," imbuh Nita Violina Marwah, pemain ganda putri.

Hasil undian Piala Thomas, Indonesia bergabung di grup A bersama dengan tim dari Korea Selatan, Thailand dan Singapura. Sementara tim Uber akan bergabung di grup A bersama Jepang, Indonesia, Perancis, Jerman.

Tim Thomas Indonesia di babak penyisihan grup akan memulai pertarungan melawan Singapura pada 8 Mei, kemudian lawan Thailand pada 9 Mei dan terakhir hadapi Korea Selatan pada tanggal 11 Mei.

Baca Juga

Sedangkan tim putri Indonesia, di laga perdana akan bertemu dengan Prancis pada 8 Mei, berikutnya hadapi Jerman pada 20 Mei dan terakhir menantang tim unggulan Jepang 11 Mei.

Pada edisi terakhir, tim putra Indonesia sendiri berhasil meraih prestasi apik usai memboyong trofi Piala Thomas 2020. Tim Garuda sukses membantai skuat China dengan skor telak 3-0 pada babak final.

Sedangkan tim Piala Uber Indonesia harus terhenti pada babak perempatfinal usai kalah tipis dari tim putri Thailand dengan skor tipis 3-2. 


2. Penyesalan Mendalam Marcus Gideon

Marcus Gideon/Kevin Sanjaya kalah di final BWF World Tour Final 2021.

Pascaoperasi, pebulu tangkis Marcus Gideon ungkap penyesalan karena tidak bisa memperkuat Indonesia dalam upaya mempertahankan gelar Piala Thomas pada 2022.

Sebelumnya, perlu diketahui, ajang kejuaraan bulutangkis beregu putra dan putri, Piala Thomas dan Uber 2022, akan berlangsung di Krung Thep Maha Nakhon (Bangkok), Thailand, pada 8-15 Mei 2022.

Pada rangkaian Piala Thomas dan Uber 2022, Indonesia membidik hasil maksimal pada perhelatan tersebut. Secara khusus, tentunya ingin mempertahankan trofi Piala Thomas.

Untuk itulah, Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI) sudah merilis skuat terbaik yang bakal mengisi line up Piala Thomas dan Uber 2022.

Banyak kejutan yang hadir dari skuat yang dirilis. Seperti Piala Uber 2022 yang didominasi pebulu tangkis muda, serta Kevin Sanjaya yang tampil tanpa partner-nya, Marcus Gideon, di skuat bulutangkis Piala Thomas 2022.

Baca Selengkapnya: Penyesalan Mendalam Marcus Gideon Tidak Bisa Bermain di Piala Thomas 2022

Piala ThomasPiala UberBulutangkisBerita Bulutangkis

Berita Terkini