x

Profil Tim Piala Thomas dan Uber 2022: Jepang, Punya Kekuatan Paling Komplet

Selasa, 3 Mei 2022 13:20 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
Jelang gelaran Piala Thomas dan Uber 2022 di Bangkok, Thailand, tanggal 8-15 Mei 2022, berikut kami ulas profil dari salah satu tim kuat, Jepang.

INDOSPORT.COM - Jelang gelaran Piala Thomas dan Uber 2022 di Bangkok, Thailand, tanggal 8-15 Mei 2022, berikut kami ulas profil dari salah satu tim kuat, Jepang. 

Baru tujuh bulan usai berakhirnya Piala Thomas dan Uber 2020, ajang bulutangkis beregu putra dan putri dunia itu sudah kembali bergulir pada Mei 2022 ini. 

Baca Juga

Seperti diketahui, Piala Thomas dan Uber 2022 memang akan digelar pada 8-15 Mei 2022 di Bangkok, Thailand.

Piala Thomas dan Uber 2022 sendiri akan diikuti oleh 16 tim putra dan 16 tim putri. Beberapa negara dengan kekuatan bulutangkis terbesar mengirimkan tim putra dan putri sekaligus, salah satunya Jepang. 

Di Piala Thomas, Jepang tergabung di Grup D bersama Malaysia, Inggris, dan Selandia Baru. Sementar itu di Piala Uber, Negeri Sakura tergabung di Grup A bersama Indonesia, Prancis, dan Jerman. 

Berikut profil tim Piala Thomas dan Uber 2022 dari tim Jepang selengkapnya.

Rekam Jejak

Kekuatan bulutangkis Jepang sudah tak perlu diragukan lagi. Mereka bersama dengan Indonesia, China, dan Denmark disebut sebagai The Big 4 kekuatan bulutangkis dunia.

Bahkan, satu dekade terakhir ini merupakan masa-masa kejayaan tim bulutangkis putra Jepang di mana mereka memiliki pemain-pemain elite dunia. 

Baca Juga

Di Piala Thomas sendiri kekuatan Jepang mulai benar-benar diperhitungkan pada satu dekade terakhir. Pada 2018, mereka dengan gemilang berhasil menjuarai Piala Thomas untuk pertama kalinya sekaligus mematahkan dominasi China.

Sejak itu, Jepang selalu berada di Top 3 dalam klasemen Gelar BWF World Tour. Sektor tunggal dan ganda putra menjadi andalan utama mereka. Pada edisi 2020, Jepang juga menembus babak semifinal sebelum dihentikan China. 

Sementara itu, prestasi jauh lebih gemilang dimiliki oleh tim putri mereka. Jepang adalah pemain utama dalam perbulutangkisan wanita dunia. Mereka pernah lima kali memenangi gelar ini, yakni pada 1966, 1969, 1972, 1978, dan 1981. 

Namun, kekuatan bulutangkis putri Jepang sempat mati suri setelah Indonesia dan China mulai menggeliat. Beruntung, dalam satu dekade terakhir, kekuatan bulutangkis putri Jepang kembali bangkit. 

Baca Juga

Bahkan, mereka menjadi finalis di edisi terakhir sebelum dihabisi China 1-3 di partai final. Bisa dibilang, Jepang adalah tim dengan kekuatan sektor putra dan putri paling merata saat ini, 

Baik Piala Thomas maupun Uber, Jepang menjadi unggulan untuk merebut gelar juara. 


1. Skuad dan Sektor Unggulan

Pasangan ganda putri asal Jepang, Chiharu Shida dan Nami Matsuyama merayakan dengan trofi usai memenangkan final ganda putri di All England Open 2022. Foto: Reuters/Ed Sykes

Pada gelaran Piala Thomas 2022 ini Jepang dipastikan menurunkan skuad terbaik mereka. Tak begitu berbeda dengan edisi tahun lalu, nama-nama unggulan pun tetap dimasukkan. 

Di sektor tunggal, pebulu tangkis elite peringkat dua dunia, Kento Momota, menjadi ujung timbak. Momota akan ditemani oleh Kanta Tsuneyama, Kenta Nishimoto, dan Kodai Naraoka. 

Baca Juga

Sektor tunggal menjadi unggulan utama mereka. Sebab, Jepang memiliki Kento Momota. Sayangnya, gap antara Momota dan tunggal lain di bawahnya cukup jauh. Maka dari itu, poin dari Momota sangat diandalkan. 

Untung saja, Jepang juga sudah berbenah di sektor ganda putra. Pasangan Takuro Hoki/Yugo Kobayasih tengah on fire tahun ini. 

Mereka sudah menggondol gelar Juara Dunia dan Indonesia Masters 2022 di Bali. Hoki/Kobayashi terbukti sanggup menyaingi ganda top dunia lainnya seperti Kevin/Marcus, Lee/Wang, dan Ahsan/Hendra. 

Lalu, bergeser ke sektor putri, tim Jepang menurunkan skuad yang sangat kuat di Piala Uber 2022

Kembalinya pasangan maut Yuki Fukushima/Sayaka Hirota memberikan suntikan kekuatan besar untuk Jepang. Sebelum Hirota cedera, pasangan ini tak tergoyahkan di ranking satu dunia. 

Baca Juga

Selain Yuki/Sayaka, Jepang kini juga punya ganda putri muda baru yang tengah naik daun, yakni Chiharu Shida/Namu Matsuyama.

Cukup dengan menurunkan dua ganda putri ini, Jepang bisa dibilang hampir pasti mengunci dua poin skor dari lawannya. 

Sementara di sektor tunggal putri, mereka juga memiliki Akane Yamaguchi yang dikenal tangguh dan bermental juara. Jepang juga menyambut kembali kembalinya Nozomi Okuhara ke dalam skuad mereka. 

Dengan komposisi tim seperti ini, Jepang bisa dibilang adalah yang terkuat di dunia saat ini dan paling berpeluang juara melebihi China sekali pun. 

Baca Juga

Sudah barang tentu, babak grup bukan halangan terbesar mereka. Meski ada Indonesia di situ, Jepang diyakini bakal mulus keluar sebagai juara grup dan tembus ke final. 


2. Daftar Lengkap Skuad

Pebulutangkis asal Jepang, Kento Momota.

Piala Thomas

Kento Momota (Kapten)
Kanta Tsuneyama.
Kenta Nishimoto.
Kodai Naraoka.

Takuro Hoki
Yugo Kobayashi
Akira Koga
Taichi Saito
Yoshinori Takeuchi
Keiichiro Matsui
Yuta Watanabe

Piala Uber

Akane Yamaguchi
Nozomi Okuhara
Riko Gunji
Sayaka Takahashi (Kapten)

Yuki Fukushima
Sayaka Hirota
Mayu Matsumoto
Wakana Nagahara
Chiharu Shida
Nami Matsuyama
Misaki Matsutomo

JepangPiala ThomasPiala UberKento MomotaPiala Thomas 2020Nami Matsuyama/Chiharu Shida

Berita Terkini