x

3 Pebulutangkis Indonesia yang Alami Cedera di Awal Tahun 2022, Ada Apriyani

Jumat, 6 Mei 2022 11:05 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Indra Citra Sena
Dalam empat bulan terakhir di tahun 2022, sudah ada tiga pebulutangkis Indonesia yang mengalami cedera. Siapa sajakah mereka?

INDOSPORT.COM – Dalam empat bulan terakhir di tahun 2022, sudah ada tiga pebulutangkis Indonesia yang mengalami cedera. Siapa sajakah mereka?

Turnamen bulutangkis dunia sudah mulai berjalan normal di tahun 2022. Dalam empat bulan terakhir hingga April, terdapat sejumlah turnamen yang diikuti sejumlah pebulutangkis Indonesia.

Baca Juga

Diawali dengan Badminton Asia Team Championships 2022 pada bulan Februari. Di ajang ini, Indonesia berhasil mencetak sejarah berkat kemenangan tim bulutangkis putri.

Dikapteni oleh Gregoria Mariska, tim Indonesia berhasil menyabet gelar juara BATC 2022 usai mengalahkan tim Korea dengan skir 3-1 di babak final.

Berlanjut ke Tur Eropa, German Open (8-13 Maret) jadi turnamen Tur BWF pertama yang diikuti pebulutangkis Indonesia. Sayangnya, tak ada satu pun gelar yang berhasil dimenangkan.

Baca Juga

Sementara di All England 2022, Indonesia membuat gebrakan baru. Pasangan muda Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri secara mengejurkan keluar sebagai juara di sektor ganda putra.

Kemudian pada Swiss Open 2022, Indonesia berhasil meraih dua gelar juara lewat tunggal putra Jonatan Christie dan ganda putra Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto.

Di Orleans Masters 2022, Indonesia juga punya wakil juara yang diraih oleh tunggal putri menjanjikan, Putri Kusuma Wardani.

Baca Juga

Di bulan April, Indonesia harus tanpa gelar juara pada dua ajang di Korea Selatan, yakni Korea Open (5-10 April), dan Korea Masters (12-17 April).

Nah, dalam mengikuti turnamen selama empat bulan tersebut, beberapa wakil Indonesia harus menghadapi tantangan berat, yakni cedera.

Setidaknya ada tiga pemain yang mengalami cedera. Dua di antaranya terpaksa absen, sementara satu lainnya masih bisa melanjutkan turnamen. Siapa sajakah mereka?


1. Pebulutangkis Indonesia yang Cedera

Ganda putra bulutangkis Indonesia, Mohammad Ahsan. Foto: PBSI

1. Apriyani Rahayu

Langkah Apriyani yang berpasangan dengan Greysia Polii harus terhenti di babak 16 besar All England 2022, setelah Apriyani tidak kuat lagi melanjutkan pertandingan atau retired pada gim kedua.

PBSI mengonfirmasi bahwa Apriyani mengalami cedera betis kanan. Kondisi itu membuat gerakan Apri terbatas, sehingga ia memilih untuk mundur.

Lebih lanjut, PBSI juga menyatakan bahwa kondisi cedera yang dialami Apriyani tersebut memerlukan waktu satu hingga dua pekan untuk pemulihan.

Sesuai dengan rekomendasi dokter PBSI, Apriyani pun terpaksa melewatkan dua turnamen bulutangkis berikutnya, yakni Swiss Open (22-27 Maret) dan Korea Open (5-10 April).

Namun, Apriyani dipastikan tak akan lama menghilang. Dirinya direncanakan bakal comeback di ajang SEA Games 2022 dengan pasangan barunya, yang kemungkinan Siti Fadia Ramadhanti mengingat Greysia Polii tidak diturunkan di ajang ini.

2. Mohammad Ahsan

Mohammad Ahsan termasuk di antara pebulutangkis Indonesia yang mengalami cedera saat menjalani turnamen. Hal ini dia alami ketika bertanding di ajang All England 2022.

Dalam pernyataannya, Ahsan mengaku diganggu rasa sakit dari cederanya saat melawan pasangan China, He Ji Ting/Tan Qiang di babak semifinal. Namun, Ahsan mampu bertahan agar bisa terus bermain demi menggapai tiket final.

Di babak final, Ahsan terlihat sudah agak mendingan. Dia bersama pasangan mainnya Hendra Setiawan bermain apik menghadapi rekan senegara, Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri meski akhirnya kalah.

Setelah All England, Ahsan/Hendra masih melanjutkan perjalanan mereka ke Swiss Open 2022 dan Korea Open 2022, sebelum kemudian pulang ke tanah air tanpa gelar juara.


2. Marcus Gideon Naik Meja Operasi

Marcus Gideon/Kevin Sanjaya kalah di final BWF World Tour Final 2021.

3. Marcus Gideon

Kabar ini jadi hal yang paling mengejutkan bagi para pecinta BL termasuk pendukung setia The Minions – julukan Marcus Gideon/Kevin Sanjaya.

Marcus Gideon tiba-tiba saja harus naik meja operasi setelah hasil pemeriksaan dokter menemukan tulang yang tak seharusnya tumbuh di kedua perhelangan kaki atau angkel-nya.

Cedera Marcus ini rupanya sudah terjadi cukup lama. Namun, kondisi sebelumnya tidak parah dan masih bisa ditangani lewat metode fisioterapi.

Sayang, selama menjalani tur Eropa tahun lalu, kondisi pergelangan kaki Marcus kian memburuk. Sehingga operasi jadi jalan satu-satunya agar Marcus bisa terus bertanding di masa mendatang.

Akibat cederanya itu, Marcus Gideon absen di ajang Korea Open dan Badminton Asia Championship 2022. Piala Thomas pun jadi ajang berikutnya yang harus dia lewatkan karena dia masih dalam tahap pemulihan.

Meski Marcus Gideon absen, namun pasangan mainnya Kevin Sanjaya Sukamuljo tetap diberangkatkan ke Bangkok untuk memperkuat tim Piala Thomas.

Masih belum diketahui siapa pasangan main Kevin Sanjaya di Piala Thomas ini. Namun demi memperkuat sektor ganda, Indonesia mengirimkan tiga pasangan andalan mereka.

Mohammad AhsanIndonesiaApriyani RahayuMarcus Fernaldi GideonBulutangkisBerita BulutangkisAll England 2022

Berita Terkini