x

Kevin/Ahsan Pecah Telur di Piala Thomas 2022, Coach Naga Api: Mental Berbicara

Jumat, 13 Mei 2022 13:23 WIB
Penulis: Martini | Editor: Indra Citra Sena
Mohammad Ahsan/Kevin Sanjaya Sukamuljo saat kalah dari Kang Minhyuk/Seo Seungjae dalam laga Thomas Cup 2022.

INDOSPORT.COM - Pasangan gado-gado, Kevin Sanjaya Sukamuljo/Mohammad Ahsan, akhirnya pecah telur dan mendapatkan poin kemenangan di ajang Piala Thomas 2022.

Sebelumnya, pasangan Kevin Sanjaya Sukamuljo/Mohammad Ahsan harus kalah di laga debut mereka saat menghadapi wakil Korea, Kang Minhyuk/Seo Seungjae. Mereka sempat membawa ke rubber game, tapi kalah 18-21, 21-13, 12-22.

Baca Juga

Meski begitu, pelatih ganda putra Indonesia, Herry Iman Pierngadi tetap menduetkan Kevin/Ahsan dan menempatkan mereka di ganda pertama untuk Piala Thomas 2022.

Alhasil, Kevin/Ahsan pun bisa menjawab kepercayaan itu dan menang atas ganda China, Liu Yu Chen/Ou Xuan Yi, skor 21-17, 21-16, sehingga Indonesia menang 3-0.

Baca Juga

Herry IP pun mengaku puas. Dia mengatakan bahwa inilah kualitas Kevin Sanjaya Sukamuljo/Mohammad Ahsan yang sesungguhnya.

"Permainan Kevin/Ahsan jauh lebih baik dibanding kemarin. Tidak grusa-grusu. Lebih tenang dan nyaman bermainnya," Kata Herry IP.

"Mentalitas dan kematangan Kevin/Ahsan begitu terasa, sementara lawan malah kurang lepas dan tertekan. Beberapa kali salah sendiri dan mainnya pun tidak lepas," cetusnya.

Baca Juga

Andai Kevin/Ahsan kalah saat menghadapi China, Kamis (12/5/22), Herry IP juga telah menyiapkan siasat terbaik dengan duet Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto.

"Kans Fajar/Rian justru akan lebih besar prosentase menang kalau tetap jadi ganda kedua. Makanya diputuskan Kevin/Ahsan pertama dan Fajar/Rian kedua," jelasnya.


1. Menang Perdana, Kevin/Ahsan Terharu

Mohammad Ahsan/Kevin Sanjaya Sukamuljo kalah dari Kang Minhyuk/Seo Seungjae dalam laga Thomas Cup 2022

Pebulutangkis ganda putra Indonesia, Kevin Sanjaya juga mengaku tak kuasa menahan haru, saat berhasil menang atas China di babak perempat final Piala Thomas 2022.

Kekalahan atas Korea di partai sebelumnya, membuat Kevin bisa mengevaluasi di mana kekurangannya, lalu ia memperbaikinya.

"Saya bersyukur bisa menyumbang poin kemenangan bagi tim Indonesia. Kemarin kita masih belum bisa sumbang poin, tentunya kini merasa happy banget karena bisa menang dan sumbang poin," ucapnya.

Baca Juga

"Dibanding kemarin, penampilan kami hari ini jauh lebih baik. Kami belajar banyak dari kesalahan dan kekalahan kemarin. Kini kami lebih kompak dan solid, bermain lebih baik."

Hal serupa juga diungkapkan oleh sang partner, Mohammad Ahsan. Menurutnya, pengalaman yang berbicara untuk bisa menaklukkan ganda terbaik China itu.

"Alhamdulillah kami hari ini bisa melewati pertandingan dengan kemenangan. Bisa membawa Indonesia unggul 2-0. Kita akui, lawan juga bermain baik," ungkap Ahsan.

Baca Juga

"Makanya, strategi atau kunci kemenangan adalah dari awal kami harus lebih siap dan menekan terus, kami bermain menyerang dari awal," tuntas ayah tiga anak tersebut.

Setelah ini, Indonesia akan menghadapi Jepang di semifinal Piala Thomas 2022. Tim yang bisa menang tiga pertandingan akan melaju ke final, selangkah menuju juara.


2. Hasil Piala Thomas Indonesia vs China (3-0)

Tim Indonesia menjajal lapangan Impact Arena jelang Piala Thomas dan Uber 2022.

Anthony Sinisuka Ginting vs Zhao Jun Peng, 21-12, 25-27, 21-17.

Kevin Sanjaya/Mohammad Ahsan vs Liu Yu Chen/Ou Xuan Yi, 21-17,  21-16.

Jonatan Christie vs Li Shi Feng, 21-13, 21-18

Fajar Alfian/Moh. Rian Ardianto vs Ren Xiang Yu/Tan Qiang dan Shesar Hiren Rhustavito vs Weng Hong Yang (tidak dimainkan).

Mohammad AhsanPiala ThomasKevin SanjayaHerry IPHerry Iman PierngadiBulutangkisBerita BulutangkisMohammad Ahsan/Kevin Sanjaya

Berita Terkini