x

Hasil Piala Thomas 2022: Jonatan Christie Keok 2 Set, India Raih Gelar Perdana Sepanjang Sejarah

Minggu, 15 Mei 2022 16:57 WIB
Penulis: Henrikus Ezra Rahardi | Editor: Prio Hari Kristanto
Berikut merupakan hasil laga final Piala Thomas 2022 antara tunggal putra Indonesia, Jonatan Christie vs tunggal putra India, Kidambi Srikanth. Foto: PBSI

INDOSPORT.COM – Berikut merupakan hasil laga final Piala Thomas 2022 antara tunggal putra Indonesia, Jonatan Christie vs tunggal putra India, Kidambi Srikanth.

Tunggal putra kedua Indonesia, Jonatan Christie harus menghadapi tekanan ketika sudah tertinggal 0-2 dari India di laga final Piala Thomas 2022.

Baca Juga

Tekanan nampak terasa dari sisi Jonatan Christie, karena sejak awal laga sudah tertinggal 2-6 dari Kidambi Srikanth.

Srikanth agaknya kemudian melakukan tekanan terus menerus kepada Jonatan Christie dengan tak memberikan kesempatan untuk mendapat poin.

Namun demikian, Jonatan Christie mampu sedikit memutus aliran poin tunggal putra India ini dengan meraih kedudukan 4-8.

Baca Juga

Lambat laun, Jonatan Christie mampu sedikit keluar dari tekanan dengan meraih angka demi angka sehingga bisa menyamakan kedudukan menjadi 8-8 melalui satu smash keras yang tak mampu dibendung oleh Kidambi Srikanth.

Satu challenge kemudian diminta oleh tunggal putra Indonesia, Jonatan Christie di kedudukan 9-9, tetapi gagal, sehingga Kidambi Srikanth unggul 9-10.

Interval pertama kemudian mampu dikunci oleh tunggal putra India, Kidambi Srikanth dengan kedudukan 11-9 atas tunggal putra Indonesia, Jonatan Christie.

Baca Juga

Selepas interval, Kidambi Srikanth justru langsung melaju dengan meraih kedudukan 13-9 dengan meraih dua angka langsung atas tunggal putra Indonesia, Jonatan Christie.

Lambat laun, Jonatan Christie kemudian mampu mengambil momentum dengan menipiskan ketertinggalan menjadi 14-15 dari tunggal India, Kidambi Srikanth.


1. Gim Kedua

Pebulutangkis tunggal putra Indonesia, Jonatan Christie. Foto: PBSI

Hal ini terjadi usai pukulan drive Jojo yang mengarah ke badan tak mampu dikembalikan oleh Srikanth.

Namun demikian, Jonatan Christie kembali harus tertinggal 15-18 ketika Kidambi Srikanth kembali mampu memberikan bola lob yang dapat dikembalikan dengan baik.

Baca Juga

Pengembalian serve yang buruk oleh Jonatan Christie kemudian membuat Kidambi Srikanth menutup set pertama dengan keunggulan 21-15.

Gim Kedua

Tunggal putra India, Kidambi Srikanth kemudian mengambil kendali permainan atas Jonatan Christie dengan unggul 2-1 di awal gim kedua.

Meskipun demikian, kesalahan yang juga dilakukan oleh Srikanth membuat Jonatan Christie unggul 4-3 beberapa saat berselang.

Baca Juga

Namun demikian, Jonatan Christie dan Kidambi Srikanth agaknya bermain sama kuat di gim kedua kali ini dan sempat mencapai skor imbang 7-7.

Selepas kedudukan imbang, justru Kidambi Srikanth semakin melaju dengan merebut dua angka tambahan atas Jonatan Christie dengan unggul 10-7.

Namun demikian, Kidambi Srikanth pun memberikan respons cepat dan menutup interval pertama gim kedua dengan kedudukan 11-8 atas Jonatan Christie.

Baca Juga

Selepas interval pertama, tunggal putra Indonesia, Jonatan Christie justru semakin tertinggal ketika Kidambi Srikanth mampu mencetak angka pertama dan mengubah kedudukan menjadi 12-8.

Kendati demikian, sambaran dari Jonatan Christie kemudian sedikit memberikan napas dengan meraih dua angka beruntun dan mengubah kedudukan menjadi 10-12 atas Kidambi Srikanth.


2. India Raih Gelar Perdana Sepanjang Sejarah

Pebulutangkis tunggal putra Indonesia, Jonatan Christie. Foto: PBSI

Namun demikian, Jonatan Christie terus berusaha memberikan angka demi angka ketika mampu menipiskan ketertinggalan menjadi 11-13 dengan satu smash keras.

Sejurus kemudian, kedudukan berubah menjadi imbang 13-13 ketika smash Kidambi Srikanth mengenai net.

Baca Juga

Srikanth seolah semakin tertekan ketika pukulannya justru keluar dan membuat kedudukan menjadi 13-15 untuk Jonatan Christie.

Jonatan Christie justru mendapat keberuntungan ketika unggul 17-15 atas Kidambi Srikanth dengan memanfaatkan momen yang ada dari tekanan tunggal India tersebut.

Semakin mendekati akhir gim kedua, Jojo justru semakin menjauh dengan kedudukan 18-15 ketika smash kerasnya tak bisa dibendung Kidambi Srikanth.

Namun demikian, keragu-raguan Jonatan Christie membuat kedudukan menjadi berubah imbang 18-18 selepas pukulannya mengenai net.

Kidambi Srikanth justru berbalik unggul ketika satu bola silang yang tanggung dikembalikan Jojo justru mampu dimanfaatkan menjadi keunggulan 19-18 untuk India.

Memasuki akhir–akhir gim kedua, kedudukan justru harus ditentukan menggunakan setting, dengan Jonatan Christie unggul lebih dulu 21-20.

Namun demikian, Srikanth mampu kembali menyamakan kedudukan menjadi 21-21 dengan cepat dan berbalik unggul 22-21 atas Jonatan Christie.

Pertandingan akhirnya dimenangi oleh Kidambi Srikanth dengan skor 23-21 usai satu pukulan Kidambi Srikanth mampu membuat Jonatan Christie gagal mengembalikan bola.

Dengan hasil ini, India mampu menjuarai Piala Thomas 2022 dan menjadi gelar pertama mereka sepanjang sejarah.

Baca Selengkapnya: Hasil Final Piala Thomas 2022: Tragis! Duo Kevin/Ahsan Kalah, Indonesia Tertinggal 0-2 dari India

Piala ThomasIndiaJonatan ChristieSrikanth KidambiTim Bulutangkis Indonesia

Berita Terkini