x

Catatan Langka Final Piala Thomas Indonesia vs India, Saatnya Tim 'Bau Kencur' Unjuk Gigi

Minggu, 15 Mei 2022 11:23 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Jadwal final Piala Thomas akan tersaji hari ini, Minggu (15/05/22) siang antara tim Indonesia vs India. Foto: Humas PBSI.

INDOSPORT.COM - Jadwal final Piala Thomas akan tersaji hari ini, Minggu (15/05/22) siang antara tim Indonesia vs India.

Perhelatan Piala Thomas-Uber sendiri sudah memasuki partai puncaknya akhir pekan ini. Sebelumnya, para pebulutangkis putri terbaik turnamen sudah memainkan laga mereka pada Sabtu (14/05/22).

Baca Juga

Korea Selatan tampil sebagai juara Piala Uber edisi kali ini setelah menang tipis 3-2 atas lawan super berat, China.

Partai yang berlangsung ketat antara dua tim ini pun harus ditentukan dengan adu nasib wakil yang bermain di urutan terakhir, Sim Yu-jin dan Wang Zhi Yi.

Pada akhirnya, Sim Yu-jin berhasil keluar sebagai pemenang dan menjadi pahlawan Korea Selatan di Piala Uber 2022 setelah memenangkan pertandingan terakhir, 28-26, 18-21, 21-8.

Baca Juga

Kini, turnamen bulutangkis Piala Thomas-Uber 2022 pun sudah beranjak ke final para pebulutangkis putra yang diprediksi akan berlangsung tidak kalah seru.

Seperti diketahui, tim Piala Thomas Indonesia sendiri berhasil melaju ke final setelah menumbangkan Jepang dengan kedudukan tipis 3-2.

Sementara itu, India tampil menggebrak setelah mengalahkan Denmark juga dengan hasil yang sama, 3-2.

Baca Juga

Partai final Piala Thomas 2022 antara Indonesia vs India ini merupakan pertemuan senior vs tim ‘bau kencur’ yang baru pertama kali terjadi sepanjang sejarah.

Pasalnya, Indonesia masih jadi tim yang paling digdaya di turnamen ini dengan raihan 14 gelar, disusul China (10), dan Malaysia (5).


1. Juara Edisi Lalu vs Finalis Baru

Pebulutangkis tunggal putra Indonesia, Anthony Ginting, di Piala Thomas 2022. Foto: PBSI

Indonesia juga berstatus juara Piala Thomas 2020 yang digelar di Aarhaus, Denmark, pada Oktober 2021 lalu.

Saat itu, mereka mengalahkan China di partai puncak dengan skor telak 3-0 berkat kemenangan dari Anthony Ginting, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, dan Jonatan Christie.

Baca Juga

Kini berhasil melaju lagi ke final 2022, tim Piala Thomas Indonesia pun membidik gelar ke-15 untuk mengukuhkan diri sebagai yang terhebat di turnamen bulutangkis putra bergengsi ini.

Apalagi, Indonesia juga sedang dalam tren positif dan semangat yang menggebu-gebu, karena berhasil juara lagi pada edisi 2020 setelah penantian panjang selama 19 tahun.

Jika dulu melawan tim tangguh seperti China yang sudah beberapa kali juara, Indonesia kini kebagian melawan India yang bisa dibilang anak baru di final Piala Thomas.

Baca Juga

Tim Piala Thomas India baru saja mengukir sejarah dengan melangkahkan kaki di final turnamen ini untuk pertama kalinya sepanjang sejarah.

Sebelumnya, belum ada satu pun wakil India yang berhasil meraih final Piala Thomas-Uber sepanjang sejarah bulutangkis mereka berdiri.

Menurut catatan sejarah, India hanya mentok bermain di semifinal Piala Thomas edisi 1952, 1955, dan 1979.

Baca Juga

Apabila para pebulutangkis putra mereka terakhir kali mencatatkan prestasi terbaik di Piala Thomas sampai puluhan tahun lamanya, catatan tim Piala Uber India sedikit lebih memuaskan.

Meski sama mentok di semifinal, Pusarla Venkata Sindhu dan Saina Nehwal dkk sukses mencapainya di gelaran 2016. Sayangnya perjuangan mereka kandas di tangan China dengan kedudukan akhir 3-0. 


2. India Siap Cetak Sejarah Fantastis?

Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty, akan menghadapi Mohammad Ahsan/Kevin Sanjaya di final Piala Thomas 2022. Foto: Shi Tang/Getty Images.

Selain itu, India juga mengirim wakilnya di semifinal Piala Uber 2014. Di edisi kali ini, mereka takluk  oleh Jepang dengan skor tipis 3-2.

Tidak ayal, keberhasilan tim Piala Thomas India di edisi 2022 ini menciptakan sejarah tersendiri di dunia bulutangkis dunia. Terlebih, jika mereka berhasil meraih menghajar Indonesia dan meraih gelar juara.

Baca Juga

Berkekuatan pemain-pemain seperti Lakshya Sen, Srikanth Kidambi, HS Pranoy dkk, India memang tampil impresif di Piala Thomas 2022.

India finis di posisi dua klasemen Grup C menemani Chinese Taipei ke fase gugur, yang ternyata membawa mereka berhadapan dengan lawan kuat di perempat final dan semifinal: Malaysia dan Denmark.

Namun tidak disangka, India sebagai tim kuda hitam berhasil menaklukkan dua kandidat favorit juara tersebut dan melaju ke final.

Baca Juga

Mereka yang akan menghadapi Indonesia di final pun secara otomatis menjadi para pemain ‘bau kencur’ di partai puncak Piala Thomas.

Apalagi, tim Indonesia yang tahun ini kembali jadi finalis, beranggotakan sejumlah pemain yang juga memenangkan gelar pada edisi 2020 kemarin.

Sebagian besar mereka yang bakal turun hari ini adalah pemain-pemain tim Indonesia yang juara di Aarhaus.

Baca Juga

Ada Anthony Sinisuka Ginting, Jonatan Christie, dan Shesar Hiren Rhustavito di nomor tunggal. Lalu Kevin Sanjaya Sukamuljo yang dulu berpasangan dengan Daniel Marthin kini bersama Mohammad Ahsan.

Final Piala Thomas antara Indonesia vs India dijadwalkan bergulir pada Minggu (15/05/22) di Impact Arena, Bangkok, mulai pukul 13.00 WIB.

Piala ThomasIndonesiaBulutangkisBerita Bulutangkis

Berita Terkini